Arti Owner dalam Dunia Bisnis, Ketahui Tugas dan Perbedaan dengan Founder

Jum'at, 14 Januari 2022 16:22
Arti Owner dalam Dunia Bisnis, Ketahui Tugas dan Perbedaan dengan Founder
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Istilah owner seringkali digunakan dalam dunia bisnis. Meski begitu, kini kata owner juga cukup populer di sosial media. Karena itulah, buat kalian yang baru saja terjun ke dunia bisnis, perlu tahu lebih dahulu apa arti owner.

Arti owner sebenarnya termasuk ke dalam jabatan dalam perusahaan. Sebab, seorang owner memiliki tugas dan fungsi tertentu di perusahaan. Arti owner berasal dari bahasa Inggris. Di mana istilah ini merujuk pada seseorang yang berperan sebagai orang yang menanamkan modal mereka untuk jalannya operasional perusahaan.

Meski begitu tak jarang sejumlah orang dibuat bingung dengan penggunaan istilah owner dan founder. Pasalnya keduanya terlihat memiliki makna yang hampir serupa.

Namun berdasarkan pengertiannya, arti owner dan founder berbeda. Untuk tahu apa arti owner, ulasan di bawah ini dapat menjawab rasa penasaranmu. Langsung saja simak referensi arti owner yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

 

1. Arti Owner di Kamus

Ada beragam istilah memiliki asal kata dari bahasa Inggris. Seperti kata owner, sudah cukup familiar kita dengarkan. Kata owner memang berasal dari bahasa Inggris, di mana kata ini termasuk istilah dalam dunia bisnis. Namun sudah tahukah apa arti owner sebenarnya?

Memahami arti owner tentunya dapat memudahkan kalian tahu makna kata tersebut. Apalagi arti owner kini termasuk bahasa populer di dunia bisnis ataupun sosial media. Karena itulah tidak ada salahnya untuk mengulik pengertian tentang owner di kamus bahasa Inggris terjemahan Indonesia.

Merujuk pada kamus, arti owner berasal dari kata own. Kata own di sini memiliki arti sendiri atau pemilik. Sehingga arti owner adalah pemilik, tuan, ataupun empunya. Itulah arti owner di kamus yang perlu diketahui.

 

 

2. Arti Owner dalam Dunia Bisnis

Setelah memahami apa arti owner di kamus, istilah ini umum digunakan dalam dunia bisnis. Namun sudah tahukah apa arti owner dalam dunia bisnis? Arti owner di dunia bisnis sebenarnya tak berbeda jauh dari makna di kamus.

Hanya saja, apa arti owner dalam dunia bisnis diartikan dengan pemilik usaha, pemilik bisnis, atau orang yang memiliki usaha tersebut. Arti owner dalam dunia bisnis yang bermakna pemilik usaha ini dapat merujuk pada perseorangan ataupun pemilik kelompok.

Pada dasarnya arti owner dalam dunia bisnis dapat didefinisikan dengan orang yang berinvestasi, menanam saham, ataupun memberikan modal sehingga bisnis tersebut dapat beroperasi. Selain itu, arti owner ini juga bermakna ikut mengelola bisnis namun tidak terjun langsung pada kegiatan pokoknya. Akan tetapi, seorang owner punya kapasitas atau kekuasaan untuk memutuskan sesuatu terkait dengan kepentingan bisnisnya. Itulah arti owner dalam dunia bisnis yang perlu dipahami.

 

 

3. Perbedaan Owner dan Founder

Arti owner dalam dunia bisnis adalah pemilik dari perusahaan. Namun kalian mungkin saja juga pernah mendengar istilah founder. Di mana arti founder juga memiliki makna hampir serupa dengan owner. Inilah yang membuat kebanyakan orang mungkin saja masih bingung membedakan arti owner dan founder.

Sebab itu, dalam artikel ini akan diulas juga mengenai perbedaan dari owner dan founder. Perbedaan owner dan founder sebenarnya sama-sama memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan. Ya, keduanya termasuk memiliki posisi cukup strategis dalam sebuah bisnis.

Berbicara tentang perbedaan owner dan founder bisa kalian lihat dari definisi keduanya. Jika owner berarti pemilik usaha atau bisnis yang mana juga bermakna orang penanam modal serta berinvestasi. Maka arti founder adalah pendiri utama dari bisnis tersebut. Pendiri yang dimaksudkan adalah seseorang yang pertama kali memulai bisnis.

Itulah perbedaan antara arti owner dan founder. Selanjutnya muncul juga istilah co-founder yang biasanya digunakan ketika sebuah perusahaan memiliki lebih dari satu orang pendiri atau rekan pendiri.

 

 

4. Tugas Seorang Owner

Membahas mengenai arti owner, tak lengkap rasanya kalau tak mengetahui apa sebenarnya tugas seorang pemilik perusahaan atau owner. Berbicara mengenai tugas owner, dapat diketahui dari fungsi dan tanggung jawab mereka. Pasalnya seperti jabatan dalam perusahaan pada umumnya di mana setiap bagian punya fungsi dan tanggung jawab tersendiri. Nah, seorang owner juga memiliki tugas, fungsi serta tanggung jawab. Berikut ini beberapa tugas seorang owner berdasarkan fungsi dan tanggung jawabnya dilansir dari liputan6.com.

- Seorang owner memiliki fungsi untuk menanamkan modalnya agar perusahaan dapat beroperasi secara keseluruhan. Misalnya saja tugasnya adalah membiayai produksi, memberi bayaran kepada karyawan, dan kepentingan lainnya terkait dengan pembiayaan.

- Seorang owner biasanya berfungsi dalam kegiatan perizinan, keuangan, laporan perusahaan, dan meninjau kegiatan keberlangsungan perusahaannya.

- Seorang owner juga berfungsi memberi tugas kepada bawahan seperti proses recruitment.

- Seorang owner juga bertanggung jawab untuk memimpin perusahaan atau bisnis.

- Menentukan visi misi, serta peraturan perusahaan.

- Seorang owner juga bertanggung jawab atas berbagai risiko yang terjadi di perusahaannya.

- Seorang owner juga bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi bisnisnya agar sesuai dengan tujuan yakni visi dan misi.

Itulah beberapa tugas, fungsi dan tanggung jawab seorang owner. Sehingga dapat memudahkan kalian mengetahui apa saja tugas seorang owner.

 

 

5. Istilah-Istilah dalam Dunia Bisnis

Arti owner memang begitu populer dalam dunia bisnis. Namun ada juga beberapa istilah lainnya dalam dunia bisnis yang juga perlu diketahui. Adapun referensi istilah-istilah dalam dunia bisnis dapat kalian simak sebagai berikut. Ini istilah dalam dunia bisnis yang perlu dipahami.

- CEO: Chief Executive Office disebut juga dengan direktur. Ini merupakan jabatan tertinggi dalam sebuah perusahaan atau bisnis.

- COO: Chief operating officer adalah seseorang yang disebut dengan wakil direktur. COO memiliki tugas atas jalannya operasional perusahaan.

- Founder: Seorang pendiri perusahaan atau bisnis.

- Co-Founder: Rekan yang juga memiliki peran dalam berdirinya sebuah perusahaan atau bisnis.

- Sekretaris: Artinya adalah asisten ataupun berkaitan dengan administrasi ataupun bertugas secara pribadi membantu atasan.

- Manager: Seseorang yang mengatur, menentukan, dan mengarahkan rencana pekerjaan atau kegiatan.

- Cash flow: Artinya pergerakan uang masuk dan keluar.

- Starup: Artinya perusahaan rintisan.

- Franchise: Artinya waralaba.

- Profit: Artinya keuntungan atau laba.

- Payment gateway: Artinya pembayaran secara online.

- Omzet: Artinya pendapatan kotor dari perusahaan atau bisnis.

Itulah arti owner dan penjelasan lainnya seputar dunia bisnis. Sehingga setelah memahami apa arti owner dapat memudahkan kalian tahu fungsi dan tugasnya.

 

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI