Cara Jualan di Instagram Agar Laku dan Untung Maksimal, Manfaatkan Berbagai Fitur

Jum'at, 14 Januari 2022 14:55
Cara Jualan di Instagram Agar Laku dan Untung Maksimal, Manfaatkan Berbagai Fitur
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Instagram kini jadi salah satu media sosial yang paling populer dan banyak digunakan. Tak saja dipakai untuk keperluan pribadi seperti membuat postingan atau cari informasi, instagram juga bisa dipakai untuk berjualan. Bahkan bisa dibilang, bahwa prospek berjualan via instagram cukup menjanjikan. Tak heran, apabila kini mulai banyak yang tertarik dan belajar cara jualan di instagram.

Keuntungan berjualan di instagram memang cukup menggiurkan. Namun untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal tersebut, tentu kalian tak bisa dengan asal memposting barang dagangan. Sebab, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Terlebih, di instagram juga terdapat beberapa fitur khusus yang bisa kalian manfaatkan untuk dalam cara jualan di instagram.

Lantas, bagaimana cara jualan di instagram agar untuk maksimal? Dirangkum dari berbagai sumber, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Buat Akun Khusus

Untuk memulai bisnis di instagram, pertama kalian perlu membuat akun instagram khusus. Ya, hindari menggunakan akun pribadi untuk berjualan. Sebab, hal ini justru bisa membuat pengikut di akun kalian terganggu, kemudian melakukan unfollow. Agar semakin terlihat profesional, di akun khusus binsikalian

Agar memudahkan kelangsungan bisnis dan usaha, kalian bisa menuliskan berbagai informasi. Misalnya, jam operasional, nomor telepon. Jika kalian menggunakan website, kalian juga bis menyertakan link website tersebut di bagian biodata profil.

Selain itu, akun khusus instagram untuk berjualan sebaiknya juga di-setting sebagai akun bisnis. Cara untuk mengubah settingan akun instagram pribadi jadi akun bisnis juga sangat mudah. Untuk melakukannya, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

- Pertama buka profil Instagram kalian.

- Kemudian, tekan tombol "Edit Profil"

- Selanjutnya, tekan ikon garis tiga untuk masuk ke menu pengaturan.

- Berikutnya, tekan opsi Akun.

- Setelah itu, pilih opsi Beralih ke akun profesional.

- Jika sudah, akan muncul notifikasi berisi syarat dan ketentuan. Geser, untuk melanjutkan. Kalian kemudian akan diarahkan untuk memilih profil yang sesuai. Pilih profil yang sesuai dengan bisnis kalian. Kemudian tekan Ok.

- Selesai, dengan begitu akun khusus bisnis kalian sudah jadi dan siap digunakan.

2. Hubungkan dengan Facebook

Setelah membuat akun bisnis, cara jualan di instagram berikutnya adalah menghubungkan akun kalian dengan facebook. Hal ini akan berguna untuk keperluan promosi. Dengan melakukannya, apa yang kalian posting di instagram akan otomatis muncul di facebook. Cara untuk menghubungkan instagram dan facebook juga sangatlah mudah, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

- Pertama buka profil akun instagram bisnis kalian.

- Setelah itu, tekan menu edit profil.

- Kemudian, pada bagian Informasi Bisnis Publik, kalian pilih halaman.-

- Selanjutnya, pilih halaman yang ingin dihubungkan atau kalian juga bisa memilih Buat Halaman Facebook Baru.

- Masukkan akun facebook kalian, ikuti setiap perintahnya hingga selesai dan dinyatakan berhasil.

3. Posting Katalog Produk

Memposting katalog produk dagangan jadi bagian penting dari cara jualan di instagram. Namun, kalian tak bisa sembarang memposting katalog produk. Ada beberapa hal penting yang perlu kalian perhatikan saat akan memposting katalog produk.

Posting produk di jam-jam tertentu, saat banyak orang yang aktif menggunakan instagram. Selain itu, tentu kalian juga harus membuat postingan yang menarik, dan memuat informasi yang jelas terkait produk yang dijual. Perhatikan pula penggunaan bahasa yang interaktif di kolom caption agar orang yang melihat tertarik untuk membeli.

4. Manfaatkan Berbagai Fitur dan Tagar

Agar cara jualan di instagram berhasil, kalian perlu memanfaatkan berbagai fitur yang ada di instagram. Saat ini, instagram telah menyediakan berbagai fitur khusus yang memudahkan kita untuk berbisnis. Salah satunya fitur belanja. Fitur ini bisa diaktifkan melalui langkah-langkah berikut ini.

- Pertama buka profil Instagram bisnis kalian

- Jika sudah, klik ikon yang berbentuk garis tiga.

- Kemudian, pilih Pengaturan.

- Lalu, pilih opsi Bisnis, lalu ketuk opsi Belanja.

- Jika sudah, pilih Katalog Produk yang ingin dihubungkan ke akun.

- Kemudian, tekan tombol Selesai.

Selain memanfaatkan fitur belanja, kalian juga bisa memaksimalkan performa postingan dengan menggunakan berbagai hastag atau tagar. Penggunaan tagar terbukti efektif meningkatkan performa postingan di instagram. Untuk berjualan, sebaiknya gunakan tagar-tagar yang berpotensi dicari pengguna instagram. Biasanya, tagar tersebut bisa berkaitan dengan jenis produk dan kualitasnya.

5. Evaluasi Insight

Cara jualan di instagram yang terakhir dan tak kalah penting adalah melakukan evaluasi setiap performa postingan atau insight. Akun instagram mode bisnis dibekali fitur khusus yang membuat pemilik akun bisa mengevaluasi performa setiap postingannya.

Dari evaluasi insight ini, kalian bisa menentukan waktu tepat untuk mengunggah konten serta jumlahnya dalam satu hari. Selain itu, dari evaluasi insight, kalian juga bisa membaca karakteristik audiens atau pengikut kalian di instagram. Sehingga, evaluasi insight sangat penting untuk mengembangkan bisnis di instagram ke depannya.

Itulah di antaranya ulasan tentang cara jualan di instagram agar laku dan dapat hasil maksimal. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI