Arti Mutasi Kerja dan Faktor Penyebabnya, Ketahui Tips Menjalaninya

Sabtu, 03 Desember 2022 12:33
Arti Mutasi Kerja dan Faktor Penyebabnya, Ketahui Tips Menjalaninya
Arti Mutasi Kerja (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Kata mutasi digunakan dalam sejumlah lingkup. Mulai dari dunia kerja hingga ilmu biologi, arti mutasi memiliki makna yang berbeda-beda.

Arti mutasi secara umum dapat dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang punya beberapa makna. Terdapat tiga poin arti mutasi di KBBI mulai dari lingkup administrasi, kedokteran serta biologi.

Di antara arti mutasi tersebut, dalam artikel ini akan dibahas tentang arti mutasi kerja. Karena istilah ini sudah sangat familiar diketahui masyarakat. Namun, tidak sedikit belum memahami makna dari arti mutasi kerja.

Arti mutasi dapat bermakna pemindahan. Jika berkaitan dengan dunia kerja atau administrasi, arti mutasi bermakna pemindahan posisi, jabatan, ataupun lokasi kerja ke cabang tertentu. Namun apa sebenarnya arti mutasi kerja? Yuk cek langsung ulasannya di bawah ini tentang arti mutasi kerja.

 

1. Arti Mutasi Secara Umum

Pernah mendengar istilah mutasi kerja? Bagi sebagian orang terutama para pekerja tidak asing lagi dengan kata tersebut. Karena, sebelum tahu apa arti mutasi kerja, pahami dulu maknanya secara umum. Karena, kata mutasi ini banyak digunakan di sejumlah bidang tertentu baik kaitannya dengan administrasi, kedokteran hingga biologi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti mutasi dalam hal administrasi kepegawaian adalah pemindahan pegawai dari satu jabatan ke jabatan lain. Ada pula, arti mutasi terkait dengan biologi di KBBI adalah perubahan yang terjadi mendadak dalam kromosom. Serta, arti mutasi dalam dunia kedokteran adalah perubahan dalam bentuk, kualitas, atau sifat lain.

Tidak heran apabila, kata mutasi sering digunakan dalam beberapa bidang yang punya makna tersendiri. Itulah arti mutasi secara umum yang perlu kalian ketahui. Sehingga dapat memudahkanmu memahami arti mutasi yang punya penjelasan berbeda di setiap lingkupnya.

 

2. Arti Mutasi Kerja

Penggunaan kata mutasi yang cukup familiar adalah dalam lingkup dunia kerja. Karena arti mutasi tersebut berkaitan dengan administrasi kepegawaian. Meski telah disinggung pada ulasan sebelumnya, kembali mengingat lagi kalau arti mutasi kerja adalah pemindahan pegawai dari suatu jabatan ke jabatan lainnya.

Perlu dipahami juga kalau arti mutasi kerja berbeda dengan PHK. Karena, arti mutasi kerja adalah situasi saat seorang pegawai di pindahkan kerja ke jabatan lain tanpa memutus hubungan kerja. Sedangkan, kalau PHK artinya adalah pemutusan hubungan kerja. Artinya, seorang pegawai bukan lagi berstatus sebagai karyawan di perusahaan tersebut.

Arti mutasi kerja ini bisa berlaku untuk pegawai yang dipindahkan jabatan dari satu posisi ke posisi lain. Ataupun arti mutasi kerja ketika pegawai dipindahkan jabatannya ke lokasi cabang perusahaan. Namun untuk melakukan mutasi kerja juga memerlukan sejumlah pertimbangan baik itu berkaitan dengan kemampuan, prestasi, dan lain sebagainya.

Contoh dari mutasi kerja misalnya saja seorang pegawai perusahaan A memiliki posisi sebagai manager cabang di Jakarta. Kemudian ia dimutasi untuk pindah lokasi kerja ke kantor cabang di Yogyakarta. Atau dapat juga contoh mutasi kerja lainnya yang pindah posisi dari divisi tertentu ke divisi lain. Itulah arti mutasi kerja yang perlu diketahui. Sehingga membantumu memahami makna dari arti mutasi kerja.

 

3. Faktor Penyebab Mutasi

Setelah tahu arti mutasi kerja, ada beberapa faktor penyebab mengapa seorang pegawai dimutasi kerja. Di mana, arti mutasi kerja ini bisa saja dilakukan karena beberapa alasan. Yuk cek apa saja faktor dilakukannya mutasi kerja di bawah ini.

- Mutasi kerja karena kenaikan jabatan.

- Mutasi kerja karena penurunan jabatan.

- Mutasi kerja karena pemindahan lokasi kerja.

- Mutasi kerja karena mengisi formasi yang kosong di perusahaan.

- Mutasi kerja karena keinginan pegawai.

Itulah beberapa faktor penyebab mengapa mutasi kerja bisa terjadi. Sehingga dapat menambah wawasan kalian mengetahui arti mutasi kerja beserta faktor penyebabnya.

 

4. Tips Saat Terjadi Mutasi Kerja

Mutasi kerja membuat seorang pegawai harus menjalani adaptasi baru. Pasalnya, lingkungan kerja tentunya berbeda dari posisi sebelumnya. Apalagi, jika mutasi kerja dilakukan karena pemindahan lokasi kerja penyesuaian lingkungan dan posisi kerja pastinya akan lebih besar. Tenang, ada tips saat terjadi mutasi kerja yang membantu seseorang untuk cepat melakukan penyesuaian. Yuk cek di sini apa saja tips saat terjadi mutasi kerja sebagai berikut.

- Mempersiapkan kondisi fisik dan mental apabila terjadi mutasi kerja.

- Kenali posisi jabatan baru yang akan diamanahkan seperti tugas-tugasnya ataupun kelebihan ataupun kekurangannya.

- Manfaatkan peluang dan kesempatan ketika mendapat posisi baru untuk terus mengembangkan diri serta karir.

- Hindari sifat terlalu sombong.

- Menjadi pribadi yang lebih menyenangkan untuk menjalin hubungan baik dengan rekan kerja baru.

- Selalu terapkan pikiran positif saat terjadi mutasi kerja.

Itulah arti mutasi kerja yang perlu diketahui beserta faktor penyebab dan tipsnya. Semoga dapat membantumu memahami apa makna dan arti mutasi secara umum dan mutasi kerja.

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI