Arti Kerja Sama: Fungsi, Jenis-Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Senin, 20 Juni 2022 16:55
Arti Kerja Sama: Fungsi, Jenis-Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Kerja sama dalam berbagai bidang tidak lepas dari kehidupan manusia. Apalagi ada banyak bentuk kerja sama yang mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sudah tahukah arti kerja sama?

Arti kerja sama erat kaitannya dengan dua individu atau lebih yang saling bekerja sama dengan tujuan tertentu. Karenanya dalam sebuah kerja sama melibatkan peran penting masing-masing individu dalam suatu kelompok.

Sehingga dengan kerja sama tersebut maka sebuah pekerjaan terasa lebih ringan dan cepat terselesaikan. Ini merupakan sepenggal penjelasan arti kerja sama yang umum diketahui. Sementara itu, dalam kerja sama juga dikelompokkan dalam beberapa jenis.

Adapun ulasan mengenai arti kerja sama, fungsi, jenis-jenis dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari dapat kalian simak dalam ulasan di bawah ini. Cek arti penting kerja sama sebagai berikut.

 

 

1. Arti Kerja Sama di KBBI

Kerja sama adalah istilah yang sudah sangat familiar digunakan dalam berbagai bidang. Sebut saja seperti kerja sama perusahaan, kerja sama organisasi, kerja sama pendidikan, dan lainnya. Sudah akrab dengan kata kerja sama, lalu apa makna dan artinya?

Arti kerja sama di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah suatu usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh sejumlah orang baik itu dalam lembaga, pemerintahan, perusahaan untuk mencapai tujuan bersama. Karenanya arti kerja sama adalah orang-orang yang memiliki tujuan dan kepentingan bersama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Sehingga kerja sama diperlukan untuk memudahkan mereka mencapai tujuan tersebut secara bersama-sama. Sementara itu saat memutuskan sebuah kerja sama, maka masing-masing individu tersebut akan memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Dengan begitu memudahkan mereka untuk segera mencapai tujuan tersebut. Itulah penjelasan arti kerja sama jika merujuk pada KBBI.

 

 

2. Arti Kerja Sama Menurut Tokoh

Setelah tahu arti kerja sama menurut KBBI, di bawah ini terdapat penjelasan mengenai arti kerja sama menurut para tokoh. Karena terdapat beberapa tokoh yang mendefinisikan arti kerja sama sebagai berikut.

1. J. Pamudji Suptandar

Seorang tokoh bernama J. Pamudji Suptandar juga menjelaskan mengenai pengertian kerja sama. Menurutnya arti kerja sama adalah suatu pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan berinteraksi satu sama lain. Di mana mereka akan melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Kesimpulannya, dalam kerja sama menurut Pamudji terdapat interaksi, orang yang melakukan kerja sama, dan tujuan atau kepentingan sama.

2. Hessel Nogi S. Tangkilisan

Arti kerja sama menurut Hessel Nogi S. Tangkilisan adalah sumber kekuatan yang muncul dalam organisasi yang kemudian dapat berpengaruh pada keputusan serta tindakan organisasi tersebut.

3. Charles H. Cooley

Arti kerja sama menurut tokoh bernama Charles H. Cooley menjelaskan bahwa pengertian dari kerja sama tersebut adalah individu yang menyadari bahwa mereka punya kepentingan yang sama dan memiliki pengetahuan cukup serta kesadaran atas diri sendiri agar kepentingan tersebut bisa terpenuhi.

Itulah beberapa arti kerja sama dari sejumlah tokoh. Sehingga dapat menjadi referensi dalam memahami makna arti kerja sama. Gampang banget bukan KLovers?

 

 

3. Arti Kerja Sama dan Fungsinya

Manfaat kerja sama bukan hanya memiliki fungsi utama untuk memenuhi sebuah kepentingan dan tujuan tertentu. Namun juga terdapat beberapa fungsi atau manfaat kerja sama. Oleh karenanya di bawah ini penjelasan mengenai arti kerja sama dan fungsinya.

- Memudahkan suatu pekerjaan sehingga lebih cepat terselesaikan, terasa lebih ringan, dan mudah.

- Memudahkan mencapai kepentingan dan tujuan bersama.

- Mendorong semangat persatuan antar individu dalam sebuah tim.

- Meningkatkan keterampilan komunikasi dan interaksi.

- Meningkatkan kekompakan dan kebersamaan satu sama lain.

- Menumbuhkan sikap saling percaya.

- Melatih kreativitas.

- Menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan.

- Menumbuhkan sikap dan rasa saling menghargai antar individu yang tergabung dalam sebuah tim.

 

 

4. Arti Kerja Sama dan Jenis-jenisnya

Sementara itu terdapat sejumlah tujuan diadakannya kerja sama. Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya, arti kerja sama adalah sejumlah individu yang memiliki kepentingan yang sama kemudian saling bekerja sama untuk mencapainya. Nah, ini arti kerja sama dan jenis-jenisnya yang juga perlu kalian ketahui.

1. Arti kerja sama Koalisi adalah jenis kerja sama yang dibentuk oleh dua organisasi atau kelompok tertentu yang saling bersepakat untuk kerja sama dalam mencapai tujuan atau kepentingan yang sama.

2. Arti kerja sama kerukunan adalah kerja sama yang erat dengan kehidupan sosial masyarakat. Artinya kerja sama ini dilakukan atas dasar kerukunan bersama contohnya saja gotong royong. Dalam gotong royong, setiap individu saling kerja sama tanpa imbalan apapun.

3. Arti kerja sama bargaining adalah suatu kerja sama yang merupakan perjanjian pertukaran suatu barang atau jasa. Kerja sama satu ini erat kaitannya dengan dunia bisnis dan tawa menawar. Keuntungan yang diperoleh dalam kerja sama ini nantinya didapatkan secara adil.

4. Arti kerja sama kooptasi adalah kerja sama yang merupakan proses penerimaan hal baru dalam suatu kepemimpinan dan pelaksanaan politik organisasi. Langkah ini diambil untuk mencegah terjadinya persoalan yang menyebabkan organisasi jadi tidak stabil.

5. Arti kerja sama join venture adalah kerja sama yang melibatkan dua atau lebih perusahaan ataupun bisnis dalam sebuah proyek besar. Dengan kerja sama tersebut maka suatu tugas bisa terpenuhi dan terlaksana. Dalam sistem kerja sama ini masing-masing pihak akan menggunakan kekayaan atau modal mereka dalam sebuah proyek.

 

 

5. Contoh Kerja Sama dalam Kehidupan Sehari-hari

Sedangkan ada beberapa contoh kerja sama dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin pernah kalian lakukan. Adapun contoh kerja sama dalam kehidupan sehari-hari tersebut dapat kalian simak dalam ulasan di bawah ini.

- Gotong royong membersihkan lingkungan, memperbaiki jalan, membangun jembatan, menjaga keamanan dan lainnya.

- Membersihkan rumah bersama.

- Menghemat penggunaan listrik di rumah.

- Saling berbagi tugas di rumah.

- Tugas kelompok di sekolah.

- Menanam tanaman untuk penghijauan lingkungan.

Itulah penjelasan arti kerja sama yang perlu kalian ketahui. Sehingga memudahkanmu dalam memaknai arti kerja sama beserta fungsi dan jenis-jenisnya.

 

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI