Arti OOTD dalam Bahasa Gaul Beserta Jenisnya

Kamis, 02 Desember 2021 13:44 Penulis: Dhia Amira
Arti OOTD dalam Bahasa Gaul Beserta Jenisnya
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Saat ini ada banyak sekali ungkapan gaul yang ada di media sosial, salah satunya yaitu OOTD. Namun apa sih sebenarnya arti OOTD? OOTD diambil dari bahasa Inggris yaitu Outfit Of The Day yang dalam bahasa Indonesia berarti di mana kita menunjukkan style aksesoris hingga pakaian kita yang kita gunakan sehari-hari maupun pada saat acara tertentu.

OOTD juga menjadi salah satu bahasa fashion gaul kekinian yang begitu populer saat ini. Konsep OOTD sebenarnya sederhana dan nggak dibuat-buat ya KLovers, karena memang outfit pribadi yang benar-benar kalian sukai untuk beraktivitas dalam satu hari. Namun, tak jarang banyak juga yang gemar memamerkan gaya mereka saat memakai pakaian bermerek atau yang sedang tren saat itu dengan konsep yang lebih serius.

Sehingga ada banyak sekali jenis-jenis OOTD yang digunakan oleh kita, baik itu untuk sebuah kegiatan sehari-hari hingga acara tertentu. Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui lebih dalam tentang arti OOTD, maka berikut ini arti OOTD beserta dengan jenisnya agar kalian makin terlihat gaul dan kekinian. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Pengertian OOTD

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa, arti OOTD diambil dari bahasa Inggris yaitu Outfit Of The Day yang dalam bahasa Indonesia berarti di mana kita menunjukkan style aksesoris hingga pakaian kita yang kita gunakan sehari-hari maupun pada saat acara tertentu. Ada banyak referensi OOTD yang bisa kamu ikuti mulai dari style klasik, kasual, sampai glamor style.

Bahkan ada banyak loh selebgram yang memadukan pakaian mereka untuk menjadi sebuah contoh atau ide OOTD bagi orang lain. Dari jenis OOTD yang casual hingga bergaya glamor yang bisa menjadi ide gaya fashion. Sehingga gaya fashion ini menjadi hal wajib, terutama bagi kalian anak tongkrongan ataupun anak hits.

Kalian bisa melakukan ide OOTD sesuai dengan gaya yang kalian inginkan atau yang membuat kalian nyaman. Saat ini sudah banyak sekali gaya fashion yang bisa kalian jadikan sebagai ide OOTD, jadi jangan takut untuk tampil berani dan beda ya KLovers.

2. Jenis-Jenis OOTD

Setelah mengetahui arti OOTD, tentu kalian juga perlu mengetahui jenis fashion untuk OOTD kalian. Yup! Jenis OOTD ini bisa menjadi sebuah ide untuk kalian. Ada banyak sekali jenis-jenis OOTD yang bisa kalian pilih loh, dan berikut ini jenis-jenis OOTD tersebut:

1. Haute Couture

Jenis OOTD yang pertama yaitu ada Haute Couture. Istilah Haute Couture berasal dari bahasa Prancis, yang memiliki arti sebagai pakaian yang berkelas, karena pakaiannya terbuat dari bahan dengan kualitas tinggi, dan dijahit dengan tangan dan detail yang sangat teliti.

2. Sophisticated

Kemudian ada pula jenis sophisticated yang biasanya digunakan untuk menyebut gaya fashion berkelas, yang menunjukkan status, keistimewaan dan keunggulan. Sophisticated memiliki tampilan yang sempurna dan selalu menarik perhatian.

3. Outer

Istilah outer digunakan untuk menyebut pakaian luaran untuk membuat penampilan lebih fashionable, seperti rompi, jaket, blazer, mantel, kardigan dan lain sebagainya.

4. Chic

Istilah chic dalam dunia fashion, diambil dari kata chique yang berasal dari bahasa Prancis. Istilah ini memiliki arti gaya pakaian yang modern, dengan memadu padankan pakaian tanpa mengikuti tren.

5. Monochrome

Istilah monochrome atau monokrom, sering diartikan sebagai perpaduan warna pakaian yang cenderung hitam dan putih. Tetapi di zaman sekarang, warna monokrom juga dipadukan dengan warna abu-abu atau silver.

6. Oversized

Gaya oversized mulai populer, sejak banyak Idol dari Korea yang menggunakan gaya ini. Oversized adalah gaya fashion yang menggunakan pakaian lebih besar dari ukuran badan. Istilah ini bisa disamakan dengan gaya pakaian yang kebesaran.

7. Layering

Di saat musim dingin atau musim hujan, layering sering diterapkan dalam dunia fashion. Istilah layering ini memiliki arti menumpuk pakaian. Sebagai contohnya, kamu menumpuk kaos dengan hoodie, lalu menggunakan outer jaket jeans.

8. Streetwear

Istilah yang selanjutnya adalah streetwear. Gaya pakaian ini adalah fashion khas jalanan, yang hampir sama dengan pakian kasual. Streetwear ini adalah fashion yang digunakan untuk jalan-jalan atau hangout, dengan gayanya yang santai tapi tetap fashionable.

9. Vintage

Istilah fashion yang paling sering disebut adalah vintage. Istilah ini digunakan untuk menyebut mode pakaian ala tahun 20an hingga 60an, yang memberikan kesan zaman dahulu. Fashion vintage ini juga masih populer hingga sekarang.

10. Retro

Sering kali istilah retro disamakan dengan istilah vintage. Padahal istilah retro memiliki makna yang berbeda dengan vintage. Istilah retro diambil dari kata retrospektif yang artinya memodifikasi gaya sekarang dengan inspirasi fashion zaman dulu.

11. Edgy

Istilah edgy memiliki makna yang tajam dalam dunia fashion, yang cenderung memadukan warna hitam dan merah sebagai warna pakaian, agar orang yang menggunakan eddy style ini terlihat lebih galak dan unik.

12. Casual

Casual fashion selalu menjadi mode populer di kalangan anak muda, karena gaya casual ini identik dengan pakaian santai, seperti menggunakan kaos dengan celana pendek dan sepatu sandal, yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

13. Classy

Istilah classy dalam dunia fashion, cenderung mengarah dalam artian penampilan yang elegan dan terlihat berkelas. Walaupun gaya classy ini selalu dikaitkan dengan barang yang branded.

Itulah arti OOTD yang bisa kalian pahami sebagai anak muda. Bukan hanya mengetahui arti OOTD saja, kalian juga bisa mengetahui jenis OOTD yang dapat kalian gunakan, baik itu untuk pakaian casual hingga glamor.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI