Arti Primbon Ratu dalam Ramalan Jodoh, Pahami Tata Cara Menghitungnya

Diterbitkan:

Arti Primbon Ratu dalam Ramalan Jodoh, Pahami Tata Cara Menghitungnya
Arti Primbon Ratu dalam Ramalan Jodoh (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Sejak dulu sampai sekarang, primbon Jawa sudah jadi bagian dari tradisi dan budaya. Masyarakat menggunakan primbon untuk berbagai keperluan, salah satunya meramalkan jodoh. Biasanya, hal ini dilakukan sepasang kekasih yang akan menikah. Dalam hasil ramalan jodoh primbon, terdapat istilah jodoh ratu. Karenanya, banyak orang yang penasaran dengan apa itu arti primbon ratu dalam sistem ramalan jodoh.

Ratu jadi salah satu istilah yang menggambarkan hasil ramalan primbon Jawa. Istilah ratu nantinya diyakini bisa menunjukkan prediksi kondisi rumah tangga sepasang kekasih setelah menikah dan berumah tangga. Namun tidak semua pasangan bisa disebut sebagai pasangan ratu. Untuk melihat apakah sepasang kekasih bisa digolongkan sebagai pasangan ratu, harus dilakukan sebuah metode hitungan melibatkan weton.

Lantas, seperti apa penjelasan arti primbon ratu dalam ramalan jodoh? Daripada penasaran, untuk mengetahuinya langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Arti Primbon Ratu pada Ramalan Jodoh

Ramalan jodoh primbon Jawa dilakukan dengan proses hitungan neptu weton pihak laki-laki dan perempuan. Metode hitungan ini sangat mudah, caranya cukup dengan menjumlahkan neptu dari pihak laki-laki dan perempuan. Angka hasil hitungan tersebut yang kemudian bisa menggolongkan pasangan sesuai dengan kategori primbon Jawa, yang salah satunya adalah pasangan ratu.

Dalam kepercayaan dan tradisi Jawa, arti primbon Ratu pada ramalan jodoh adalah sebutan untuk pasangan yang diramalkan berjodoh. Pasangan ini disebut cocok dan bisa saling melengkapi satu sama lain. Setelah menikah, pasangan ini diyakini ditakdirkan mempunyai rumah tangga yang bahagia dan harmonis, langgeng sampai akhir hayat.

Secara spesifik, yang tergolong ke dalam pasangan ratu adalah mereka yang jumlah neptu wetonnya 11, 20, atau 29.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Hasil Lengkap Ramalan Jodoh Primbon

Dalam tradisi primbon Jawa, pasangan Ratu hanyalah satu dari 8 golongan pasangan dalam ramalan jodoh primbon. Selain arti primbon Ratu, masih ada 7 istilah pasangan lain dengan prediksi kehidupan rumah tangganya masing-masing. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan lengkap untuk hasil hitungan jodoh primbon Jawa.

1. PEGAT

Pasangan PEGAT memiliki total angka 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, dan 36. Mereka dihadapkan pada tantangan seperti masalah ekonomi, kekuasaan, atau perselingkuhan yang dapat mengancam hubungan mereka. Tantangan-tantangan ini dapat berujung pada pegat atau perpisahan. Oleh karena itu, pasangan PEGAT perlu melakukan usaha ekstra untuk menjaga kelangsungan hubungan mereka.

2. RATU

Pasangan RATU, yang memiliki total angka 2, 11, 20, 29, dianggap sebagai pasangan yang sudah dijodohkan Tuhan. Mereka terkenal karena hubungan yang harmonis dan mendapatkan penghormatan serta penghargaan dari tetangga dan lingkungan sekitar.

3. JODOH

Pasangan JODOH, yang memiliki total angka 3, 12, 21, 30, dianggap sebagai pasangan yang sangat serasi. Mereka bisa saling menerima dengan baik segala kelebihan dan kekurangan satu sama lain. Menurut primbon Jawa, mereka memiliki keharmonisan yang abadi dan hubungan yang penuh kebahagiaan hingga masa tua.

4. TOPO

Pasangan TOPO, yang memiliki total angka jodoh 4, 13, 22, 31, mungkin akan menghadapi tantangan pada awal hubungan mereka. Namun, dengan tekad dan kerja keras, mereka mampu mengatasi masa-masa sulit tersebut dan akhirnya mencapai kebahagiaan yang selama ini mereka idamkan.

5. TINARI

Pasangan TINARI, yang memiliki total angka jodoh 5, 14, 23, 32, akan menemukan kebahagiaan dan kedamaian dalam hubungan mereka. Mereka juga akan merasakan kemudahan dalam mencari rezeki dan sering kali mendapatkan keberuntungan di berbagai aspek hidup. Dalam tradisi primbon Jawa, pasangan ini dikatakan memiliki kecocokan yang kuat dan saling mendukung satu sama lain dalam mencapai kesuksesan dan kebahagiaan.

6. PADU

Pasangan PADU dengan total angka jodoh 6, 15, 24, 33, mungkin sering menghadapi konflik di dalam rumah tangga mereka. Pertengkaran sehari-hari terkadang dipicu oleh hal-hal sepele, seperti perbedaan pendapat atau kebiasaan. Namun, yang menarik adalah meski mereka menghadapi tantangan ini, biasanya mereka mampu melewati masa sulit tersebut tanpa mencapai tahap perceraian.

7. SUJANAN

Pasangan SUJANAN, yang memiliki total angka jodoh 7, 16, 25, 34, sering kali dihadapkan pada pertengkaran dan permasalahan perselingkuhan dalam kehidupan pernikahan mereka. Tak jarang, masalah ini dimulai oleh ketidaksetiaan salah satu pasangan.

8. PESTHI

Pasangan PESTHI, yang memiliki total angka jodoh 8, 17, 26, 35, sering merasakan kehidupan harmonis yang penuh kedamaian hingga usia tua mereka. Mereka jarang mengalami masalah yang signifikan yang dapat mengganggu keharmonisan keluarga mereka.

3. Sistem Hitungan Ramalan Jodoh Primbon

Sudah dijelaskan di awal, bahwa ramalan jodoh berdasarkan primbon Jawa bisa dilakukan hanya perlu menjumlahkan neptu dari weton pasangan pria dan wanita. Bagi yang yang mungkin masih asing, neptu weton dihitung dengan menambahkan nilai hari kelahiran (Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu) dan nilai hari pasaran (Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon).

Untuk lebih memahami apa itu neptu dan tata cara hitungan ramalan jodoh primbon, langsung saja perhatikan contoh berikut ini:

Nilai Hari Lahir

Minggu bernilai 5

Senin bernilai 4

Selasa bernilai 3

Rabu bernilai 7

Kamis bernilai 8

Jumat bernilai 6

Sabtu bernilai 9

Nilai Pasaran Jawa

Legi bernilai 5

Pahing bernilai 9

Pon bernilai 7

Wage bernilai 4

Kliwon bernilai 8

Sebagai contoh:

Jika weton pihak laki-laki adalah Minggu Pahing, maka neptu wetonnya adalah 5 + 9 = 14.

Sedangkan weton pihak perempuan adalah Kamis Pon, sehingga neptunya adalah 8 + 7 = 15.

Langkah terakhir adalah menjumlahkan neptu weton pihak pria dan wanita, sehingga menjadi 14 + 15 = 249 (Pasangan Ratu).

Itulah di antaranya ulasan terkait arti primbon jodoh Ratu. Semoga menjawab rasa penasaran, dan bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan khususnya terkait budaya dan tradisi Jawa.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending