Arti Psikologi dalam Bidang Ilmu Pengetahuan, Jenis-Jenis, Sejarah, Tujuan, Beserta Manfaat Mempelajarinya

Kamis, 05 Mei 2022 10:44
Arti Psikologi dalam Bidang Ilmu Pengetahuan, Jenis-Jenis, Sejarah, Tujuan, Beserta Manfaat Mempelajarinya
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Psikolog merupakan sebutan untuk orang yang ahli di bidang ilmu psikologi. Dimana, arti psikologi erat kaitannya dengan perilaku dan jiwa manusia.

Sejumlah ahli mendefinisikan arti psikologi dengan pendapat mereka yang beragam. Namun pada dasarnya arti psikologi tersebut adalah ilmu yang mempelajari mengenai tingkah laku. Sementara itu psikologi terbagi ke dalam beberapa jenis yang dikelompokkan berdasarkan kategorinya masing-masing.

Arti psikologi berasal dari kata Psyche yang artinya adalah nafas, jiwa, ataupun budi. Serta Logos artinya adalah kata, ilmu, diskursus. Sehingga arti psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang budi. Arti psikologi sendiri memiliki sejumlah fungsi penting yakni untuk menjelaskan, memprediksi, ataupun mengendalikan. Di mana fungsi tersebut ada kaitannya dengan tingkah laku.

Untuk tahu lebih jauh mengenai arti psikologi, berikut ini ulasan lengkapnya. Yuk cek apa saja arti psikologi dalam bidang ilmu pengetahuan yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

 

 

 

1. Arti Psikologi Secara Umum

Dalam mempelajari ilmu mengenai perilaku dan proses mental, kita mengenalnya dengan apa yang disebut psikologi. Istilah psikologi tentunya sudah sangat awam kita ketahui. Apalagi psikologi juga termasuk cabang ilmu dalam berbagai bidang. Akan tetapi, sudah tahukah kalian apa arti psikologi sebenarnya?

Memahami apa arti psikologi sangat penting kalian ketahui terutama apabila tertarik untuk memperdalam mengenai berbagai persoalan tentang psikologi. Apabila merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti psikologi adalah ilmu yang berkaitan dengan proses mental, baik normal, abnormal dan pengaruhnya pada perilaku. Dengan kata lain arti psikologi dapat dikatakan dengan ilmu pengetahuan tentang gejala dan kegiatan jiwa.

Karenanya arti psikologi memang tidak sesederhana mengenai persoalan kesehatan mental dan jiwa semata. Karena ini termasuk dari salah satu bidang ilmu pengetahuan. Secara umum, arti psikologi disebut juga dengan bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai perilaku, fungsi mental, proses mental manusia secara ilmiah. Itulah arti psikologi yang penting kalian ketahui. Sehingga memudahkanmu memahami makna dari psikologi sebagai bagian dari ilmu pengetahuan.

 

 

 

 

2. Arti Psikologi Menurut Para Ahli dan Tokoh

Arti psikologi seperti ulasan sebelumnya adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai tingkah laku, jiwa, ataupun proses mental. Sementara itu, terdapat sejumlah ahli mendefinisikan mengenai arti psikologi. Nah, berikut ini ada beberapa arti psikologi menurut para ahli.

1. Arti psikologi menurut Kurt Koffka: Arti psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai perilaku makhluk hidup dalam hubungan mereka dengan dunia luar.

2. Arti psikologi menurut Whilhem Wundt: Arti psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang beragam pengalaman yang terjadi pada manusia terdiri dari perasaan panca indera, perasaan, pikiran serta kehendak.

3. Arti psikologi menurut Richard Mayer: Arti psikologi menurut pendapatnya adalah analisis mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia.

4. Arti psikologi menurut Singgih Dirgagunarsa: Arti psikologi menurut pendapatnya adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai tingkah laku manusia.

5. Arti psikologi menurut Muhibbin Syah: Arti psikologi menurut pendapatnya adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah manusia terbuka melibatkan apa yang kita lihat dan amati, tingkah laku tertutup (pikiran, perasaan, keyakinan) manusia, untuk individu atau kelompok dalam hubungannya dengan lingkungan.

6. Arti psikologi menurut Plato dan Aristoteles: Arti psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta proses dari awal hingga akhir.

7. Arti psikologi menurut Garden Murphy: Arti psikologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai stimulus dan respon yang sudah diberikan. Misalnya saja makhluk hidup terhadap lingkungannya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai arti psikologi menurut pendapat para ahli. Semoga dapat memudahkan kalian dalam mengenali dan memahami arti psikologi.

 

 

 

 

3. Arti Psikologi dan Jenis-Jenisnya

Selain arti psikologi terdapat beberapa jenis-jenis psikologi. Di mana jenis-jenis psikologi ini dibagi dalam sejumlah kategori. Yuk ketahui apa saja arti psikologi beserta jenis-jenisnya KLovers.

1. Arti Psikologi Umum dan Ekperimental

Pengertian psikologi umum adalah ilmu yang mempelajari kegiatan atau aktivitas psikis manusia secara umum. Selain itu sebuah penelitian dilakukan dalam bidang psikologi menggunakan metode ilmiah yang bisa menghasilkan suatu informasi dari aktivitas atau proses-proses tentang psikologi baik itu menjabarkan, menjelaskan, memprediksi, mengendalikan, dan merinci.

2. Arti Psikologi Khusus

Arti psikologi khusus adalah mempelajari berbagai aktivitas psikis manusia dalam bidang-bidang yang khusus. Misalnya saja psikologi perkembangan, psikologi sosial, psikologi pendidikan, psikologi industri, psikologi kepribadian dan tipologi, dan lainnya. Apabila dijabarkan maka berikut ini pengertiannya.

- Psikologi perkembangan: Artinya adalah ilmu psikologi yang mempelajari mengenai proses perkembangan mental manusia. Dengan psikologi ini maka dapat dilihat mengenai perkembangan psikologi manusia dari kecil sampai dewasa. Termasuk mengamati dan mengenali beragam gangguan yang dihadapi serta cara mengatasinya.

- Psikologi pendidikan: Psikologi ini membantu menentukan atau memetakan kebutuhan pendidikan seorang anak agar sesuai dengan situasi serta kondisi mereka.

- Psikologi sosial: Psikologi ini menjelaskan tentang bagaimana seseorang menghadapi masalah mereka dalam interaksi sosial termasuk penyebab suatu konflik yang muncul.

 

 

 

 

4. Sejarah Psikologi Sebagai Ilmu Pengetahuan

Berdasarkan sejarahnya, psikologi dikenal sudah sejak lama yakni untuk masa pertama berkembang sejak 400 SM. Dimana psikologi masa itu adalah buah pikiran filsuf Plato yang dikenal dengan nama psikologi sistematik. Kemudian pada akhir abad ke 19 Masehi mulai dikenal dan berkembang psikologi ilmiah. Selain itu psikologi juga mulai mengalami banyak perkembangan dari masa Yunani Kuno hingga tercipta psikologi sebagai ilmu pengetahuan akhir tahun 1800-an.

Dikenal juga sejumlah filsuf yang turut serta menjadi bagian dari sejarah perkembangan psikologi seperti Aristoteles, Plato, ataupun Socrates. Sedangkan ilmu psikologi baru tercipta ketika Wilhelm Wundt mendirikan laboratorium psikologi pertama di dunia tahun 1879. Laboratorium tersebut juga menandakan bahwa psikologi termasuk dari ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai perilaku manusia. Karena itulah tahun berdirinya laboratorium psikologi tersebut juga disebut sebagai hari lahir dari psikologi sebagai ilmu.

Sebelumnya psikologi juga menjadi bagian dari ilmu filsafat. Namun mengalami perkembangan menjadi ilmu yang mampu berdiri sendiri seperti sekarang. Di Indonesia sendiri, sejarah perkembangan psikologi dimulai tahun 1953 serta ketika seorang tokoh bernama Slamet Iman Santoso mendirikan lembaga pendidikan psikologi pertama di tahun 1960. Kemudian semakin berkembang hingga saat ini ada sejumlah jurusan ataupun fakultas yang mempelajari bidang psikologi.

 

5. Tujuan Mempelajari Psikologi

Selain itu, terdapat beragam tujuan mempelajari psikologi. Karena arti psikologi erat kaitannya dengan ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku atau kesehatan mental maka tujuannya juga tidak terlepas dari persoalan seputar hal tersebut. Nah, di bawah ini terdapat tujuan mempelajari psikologi dilansir dari dosenpendidikan.co.id.

- Memperoleh kehidupan yang lebih baik dan bahagia.

- Semakin memahami tentang gejala jiwa dan pengertian yang baik mengenai tingkah laku manusia.

- Mengenal tingkah laku manusia melalui perbuatan-perbuatan jiwa serta kemampuan jiwa.

- Menghilangkan keraguan dalam mengubah cara hidup, tingkah laku serta pergaulan masyarakat.

- Mengetahui penyelenggaraan pendidikan yang baik.

 

 

 

 

6. Manfaat Psikologi

Terdapat sejumlah manfaat mempelajari psikologi. Di mana manfaat belajar psikologi nggak hanya membantumu semakin paham akan gejala-gejala jiwa serta mengenal tingkah laku manusia melainkan ada juga beberapa manfaat lainnya. Nah, di bawah ini informasi mengenai manfaat mempelajari psikologi.

- Semakin memahami gejala-gejala jiwa dan pengertian lebih baik mengenai tingkah laku sesama manusia.

- Semakin peka terhadap perasaan orang lain.

- Semakin memahami diri sendiri dan mengetahui penyebab suatu perilaku.

- Membantu orang lain dalam mendapatkan solusi dan memecahkan masalah yang dihadapi.

- Mendapatkan hidup yang lebih sehat, berkualitas dan lebih baik.

Serta beberapa manfaat lainnya dalam mempelajari psikologi. Itulah sejumlah informasi mengenai arti psikologi yang perlu kalian ketahui.

 

 

 

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI