Arti Relevan: Pengertian, Contoh Kalimat dan Cara Memahaminya

Senin, 14 Maret 2022 13:44 Penulis: Dhia Amira
Arti Relevan: Pengertian, Contoh Kalimat dan Cara Memahaminya
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Dalam sebuah kalimat atau percakapan formal bahasa Indonesia, kata relevan memang sering sekali digunakan. Namun, apa sih arti relevan itu? Diketahui bahwa, arti relevan sendiri berhubungan dengan keselarasan atau hubungan. Namun ternyata, kata relevan ini memiliki arti yang banyak loh KLovers.

Ya, ada beberapa pengertian arti relevan secara umum ataupun menurut para ahli. Selain mengetahui arti relevan, kalian juga bisa mengetahui contoh kalimat relevan dan cara memahaminya. Hal ini agar, KLovers bisa lebih memahami dan mengetahui bagaimana cara penggunaan relevan dalam sebuah ucapan ataupun kalimat.

Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui apa itu arti relevan, maka berikut ini pengertian relevan secara umum dan menurut para ahli, beserta contoh kalimat dan cara memahaminya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Pengertian Relevan

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa, arti relevan adalah sebuah hal yang bersangkutan paut, yang ada hubungan, atau selaras dengan sebuah hal. Selain itu, Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti relevansi adalah sebuah hubungan atau kaitan.

Kata relevan sendiri merupakan sebuah kata yang berasal dari relevansi. Dan secara umum, relevan atau relevansi memiliki dua jenis, yaitu internal dan eksternal. Relevansi internal adalah kesesuaian atau konsistensi antara komponen-komponen seperti tujuan, isi, proses penyampaian dan evaluasi.

Sedangkan relevansi eksternal adalah kesesuaian dengan tuntutan, kebutuhan, dan perkembangan dalam masyarakat. Sehingga, dengan pengertian di atas, kita dapat dipahami bahwa, arti relevan atau relevansi adalah hubungan, kesesuaian dengan kebutuhan masyarakat.

2. Pengertian Relevan dari Para Ahli

Nah, bagaimana dengan arti relevan menurut para ahli? Ya, arti relevan sendiri ada banyak ya KLovers. Kalian tidak hanya bisa memahami dari satu sisi saja, namun KLovers juga bisa memahaminya menurut para ahli. Dan berikut ini pengertian relevan menurut para ahli:

1. Green (1995)

Arti relevansi menurut Green adalah suatu sifat yang terdapat pada dokumen yang bisa membantu pengarang dalam memecahkan kebutuhan informasi.

2. Joan M. Reitz

Kemudian menurut Joan M. Reitz, arti relevan adalah sebuah informasi dalam pencarian pada koleksi perpustakaan seperti data bibliografi, yang diberikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

3. Poerwadarminta

Pengertian arti relevan menurut Poerwadarminta adalah kesesuaian keberadaan sesuatu atau gaya kepemimpinan yang diinginkan oleh suatu kelompok.

4. Ainon Mohd

Arti relevan adalah kaitan atau hubungan erat terkait pokok masalah yang sedang dihadapi. Relevansi merupakan pengembangan dari kata relevan. Secara bahasa relevansi memiliki arti keterkaitan, hubungan atau kecocokan.

Sedangkan secara istilah, relevansi adalah sesuatu yang mempunyai kecocokan atau saling berhubungan. Pada intinya relevansi adalah keterkaitan hubungan atau kecocokan, begitu juga menurut KBBI yaitu saling berhubungan dan berkaitan.

5. Suharto dan Tata Iryanto

Menurut Suharto dan Tata Iryanto, arti relevan adalah kesesuaian sesuatu yang diinginkan.

3. Contoh Kalimat Relevan

Agar KLovers bisa lebih memahami kata relevan, maka KLovers bisa mengetahui bagaimana contoh kalimat dari kata relevan. Ya, contoh kalimat ini bisa membantu KLovers bagaimana memahami dan menggunakan kata relevan. Berikut ini contoh kalimat relevan tersebut:

1. Penelitian dan akademik

Bidang yang sering menggunakan dan menerapkan relevan adalah penelitian dan akademik. Sebelum melakukan penelitian atau riset, kalimat biasanya akan mencari teori, konsep dan referensi yang mempunyai relevansi tinggi. Artinya kalian sedang mencari teori yang berkaitan dan berhubungan langsung dengan penelitian tersebut.

2. Budaya dan sosial

Selanjutnya, budaya dan sosial sangat membutuhkan kata relevan ketika sedang menjelaskan sesuatu. Banyak orang berbicara di luar konteks tetapi berusaha melakukan keterkaitannya.

3. Bisnis dan akuntansi

Di bidang keuangan dan akuntansi, relevan adalah sesuatu yang memiliki kaitan dengan kualitatif.

 

4. Cara Memahami Relevan

Dan yang terakhir yaitu, ada cara memahami kata relevan. Ya, kata relevan ini bisa KLovers pahami agar tidak salah menggunakan kata relevan. Dan berikut ini cara memahami kata relevan tersebut:

1. Konteks

Inti utama dari kata relevan adalah konteks ya KLovers. Kalian bisa membahas apa saja di luar tema selama masih memiliki hubungan.

2. Tujuan

Definisi relevan adalah sesuatu yang berhubungan. Hal ini juga mencakup tujuan dari suatu tindakan atau usaha. Kalian yang ingin bisnis sukses, maka harus mempersiapkan langkah-langkah yang relevan.

3. Tema

Tema berperan penting ketika ingin memasukkan kata relevan pada pembahasan. Apapun yang terkait dengan tema tersebut harus berhubungan ya KLovers. Inilah yang nanti menjustifikasi apakah suatu konten di tema sudah relevan atau tidak.

Itulah arti relevan yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Bukan hanya arti relevan secara umum saja, juga menurut para ahli. Bukan hanya arti relevan saja, bisa mengetahui contoh kalimat dan cara memahami kalimat relevan.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI