Arti Reservasi, Jenis-Jenis, Manfaat, Lengkap dengan Medianya

Diterbitkan:

Arti Reservasi, Jenis-Jenis, Manfaat, Lengkap dengan Medianya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)

Kapanlagi.com - Mendengar kata reservasi mungkin akan langsung tertuju pada pemesanan sebuah layanan dan jasa tertentu. Pasalnya, arti reservasi memang erat kaitannya dengan persiapan pemesanan untuk jasa dan layanan.

Ada beragam jenis reservasi yang perlu diketahui calon pelanggan sebelum benar-benar memutuskan memesan suatu layanan dan jasa tertentu. Misalnya saja reservasi untuk tiket transportasi. Maka calon pelanggan bisa mendapatkan informasi lebih dahulu tentang harga hingga jadwal.

Selain itu ada beberapa jenis, macam dan media reservasi. Untuk tahu penjelasan mengenai arti reservasi dapat kalian simak sebagai berikut.

Ini arti reservasi yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber. Arti reservasi ini memudahkan kalian memahami makna dibalik penggunaan kata reservasi.

 

1. Arti Reservasi di KBBI

Istilah reservasi seringkali digunakan hampir di semua bidang baik konteksnya formal ataupun santai. Di mana umumnya kata reservasi dipakai ketika seseorang ingin berencana untuk memesan tempat ataupun lainnya di kemudian hari. Namun tahukah kalian apa arti reservasi sebenarnya?

Sering mendengar istilah ini tapi belum tahu artinya? Karena itulah dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa arti reservasi Arti reservasi yang berasal dari bahasa Inggris yakni reservation adalah pesanan tempat, keberatan, syarat, dan pesan.

Di mana pada dasarnya arti reservasi adalah pesan tempat untuk menghindari penuhnya suatu layanan atau jasa yang akan dipesan. Arti reservasi berdasarkan KBBI versi online didefinisikan dengan pengaturan atau pemesanan tiket, meja, kamar hotel, dan lainnya untuk seseorang pada waktu tertentu.

Dengan kata lain arti reservasi adalah memesan sesuatu jauh-jauh hari sebelum hari H acara dilangsungkan atau jadwal dilaksanakan. Umumnya reservasi dilakukan karena beberapa hal. Misalnya saja saat akan berlibur, pengadaan acara tertentu, atapun sesuatu yang sedang dibutuhkan.

Sehingga secara tidak langsung arti reservasi adalah persiapan atau penyediaan suatu barang atau jasa sesuai apa yang kalian pesan. Itulah arti reservasi yang perlu kalian ketahui jika merujuk pada KBBI.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Arti Reservasi Menurut Ahli

Arti reservasi umumnya digunakan untuk memesan sejumlah layanan dan jasa. Ketika kalian sudah melakukan reservasi maka ada kesepakatan atau perjanjian antara kedua belah pihak. Sehingga arti reservasi ini hampir mirip dengan booking. Setelah sebelumnya tahu apa arti reservasi menurut KBBI, di bawah ini ulasan mengenai arti reservasi berdasar pendapat sejumlah ahli. Mau tahu apa arti reservasi menurut ahli? Yuk langsung saja cek di sini KLovers.

1. Monaghan: Arti reservasi menurut Monaghan adalah proses klerikal atau elektronik di mana produk perjalanan seperti tiket pesawat, kamar hotel, kamar kapal pesiar, tersedia untuk dipakai dan pada akhirnya dibeli oleh individu secara spesifik.

2. Anggraini: Arti reservasi menurut pendapatnya adalah berasal dari kata to reserve yang artinya memesan atau menyediakan tempat. Artinya suatu transaksi yang menyangkut tentang penyediaan tempat, pelayanan khusus fasilitas-fasilitas lainnya untuk penumpang yang akan melakukan perjalanan dengan jasa pesawat terbang.

3. Mayasari: Arti reservasi adalah penyediaan tempat duduk meliputi keseluruhan proses kegiatan berkaitan dengan pendistribusian produk, pencatatan keseluruhan transaksi pemesanan tempat untuk pencapaian pendapatan yang optimal.

Itulah beberapa arti reservasi menurut para ahli yang perlu kalian ketahui. Sehingga memudahkan kalian memahami makna arti reservasi.

 

3. Jenis-Jenis Reservasi Berdasarkan Layanan dan Jasa

Setelah tahu arti reservasi terdapat beberapa jenis-jenis dari reservasi. Jenis-jenis reservasi ini juga penting kalian ketahui. Adapun ulasan tentang jenis-jenis reservasi dapat kalian simak sebagai berikut yang dikelompokkan berdasarkan beberapa layanan dan jasa sebagai berikut.

1. Reservasi Tiket: Arti reservasi tiket ini adalah untuk pemesanan tiket yang terdiri dari tiket penerbangan, tiket bus, tiket kereta, tiket kapal dan berbagai jenis tiket transportasi lainnya.

2. Reservasi Tour: Arti reservasi tour adalah pemesanan layanan dan jasa biro perjalanan ke tempat tujuan tertentu dari keberangkatan hingga pulang kembali. Reservasi tour ini biasanya sudah termasuk dengan transportasi, penginapan hingga destinasi wisata tertentu.

3. Reservasi Penginapan: Arti reservasi penginapan adalah pemesanan layanan dan jasa penginapan baik itu hotel, vila, ataupun home stay dan lainnya.

4. Reservasi tempat makan: Arti reservasi tempat makan adalah pemesanan tempat makan baik itu untuk restoran, tepat makan hotel, dan sebagainya.

Selain itu ada juga jenis reservasi lainnya yakni reservasi hutan yang bermakna mengembalikan kelestarian hutan seperti sedia kala tanpa kerusakan. Itulah beberapa jenis-jenis reservasi yang perlu kalian ketahui.

 

4. Bentuk dan Macam Reservasi Berdasarkan Status

Sementara itu ada pula bentuk dan macam reservasi jika dilihat berdasarkan statusnya. Arti reservasi berdasarkan macamnya ini terdiri dari beberapa kategori. Adapun macam-macam reservasi tersebut dapat kalian simak di bawah ini.

1. New Reservation: Arti reservasi yakni New Reservasi adalah pemesanan suatu layanan dan jasa baru saja dipesan oleh calon pelanggan.

2. Amended Reservation: Artinya perubahan reservasi karena sebelumnya mungkin ada kekeliruan sehingga calon pelanggan mengubah pemesanan yang sebelumnya sudah direservasi.

3. Cancelled Reservation: Artinya pembatalan pemesanan suatu layanan dan jasa sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

4. Confirm Reservation: Artinya melakukan konfirmasi terhadap layanan dan jasa yang akan direservasi.

5. Individual Reservation: Artinya reservasi yang dipesan secara individu.

6. Tour Reservation: Artinya pemesanan dilakukan oleh biro perjalanan atau agen kepada sejumlah pihak sesuai keinginan calon pelanggan.

Itulah beberapa bentuk dan macam-macam reservasi berdasarkan status. Sangat beragam bukan KLovers?

 

5. Media untuk Reservasi

KLovers, ada juga beberapa media yang dapat digunakan untuk melakukan reservasi. Cara melakukan reservasi ini bisa dilakukan dengan online ataupun offline. Apabila reservasi dilakukan secara online maka beberapa media yang diperlukan tersebut terdiri dari ponsel hingga internet. Sedangkan secara offline maka pelanggan dapat secara langsung datang ke tempat untuk melakukan reservasi. Berikut ini media reservasi yang perlu diketahui.

- Email dapat menjadi media reservasi yang dibuat calon pelanggan untuk pemesanan suatu layanan dan jasa.

- Telepon seringkali menjadi media reservasi yang dapat dipilih calon pelanggan untuk layanan dan jasa tertentu.

- Surat juga bisa menjadi media reservasi yang umumnya dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk bukti pemesanan suatu layanan dan jasa.

- Langsung ke tempat reservasi menjadi media untuk melakukan pemesanan secara offline.

Itulah beberapa penjelasan mengenai media reservasi yang bisa pengguna pilih. Sehingga dapat memudahkan saat akan melakukan reservasi.

 

6. Manfaat Dan Keuntungan Reservasi

Kalian mungkin bertanya-tanya mengapa perlu adanya reservasi? Ada banyak manfaat atau keuntungan melakukan reservasi. Di mana pada dasarnya ketika kalian melakukan reservasi maka dapat mengetahui apa saja layanan yang disediakan suatu jasa sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Tidak hanya itu saja, dengan reservasi maka suatu layanan dan jasa dapat kalian pesan lebih dahulu. Dengan begitu dapat menghindari habisnya tiket ataupun jasa lainnya.

Selain itu reservasi dapat disebut juga dengan bertanya lebih dulu jauh-jauh hari sebelum hari H untuk mendapatkan informasi sebelum pemesanan dilakukan. Sehingga calon pelanggan dapat menyesuaikan dan merancang perencanaan suatu kegiatan berdasarkan budget, orang, ataupun hal lainnya. Apabila layanan dan fasilitas sudah sesuai kebutuhan, maka dapat melakukan reservasi sesuai kesepakatan antara calon pelanggan dan pemiliknya.

Itulah penjelasan mengenai arti reservasi yang penting diketahui terutama untuk kalian yang akan melakukan pemesanan suatu jasa atau layanan tertentu.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending