Arti Sholawat Nariyah dan Bacaannya Lengkap, Ketahui Keutamaan Mengamalkannya

Senin, 04 April 2022 16:44
Arti Sholawat Nariyah dan Bacaannya Lengkap, Ketahui Keutamaan Mengamalkannya
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW bisa diamalkan setiap waktu. Salah satunya sholawat Nariyah yang begitu familiar kita ketahui. Lalu apa sebenarnya arti sholawat Nariyah?

Sholawat Nariyah menjadi salah satu bacaan sholawat yang sangat umum umat muslim ketahui. Kalian mungkin tidak asing lagi dengan bacaan sholawat ini yang kerap diamalkan di sela-sela waktu setelah adzan dan menunggu waktu sholat ditunaikan.

Apalagi, arti sholawat nariyah sangatlah mendalam. Pasalnya arti sholawat nariyah mengandung banyak keutamaan yang bisa diperoleh bagi umat muslim yang mengamalkannya. Terutama pada bulan Ramadhan, tentunya menjadi amalan pelengkap agar dapat memperoleh banyak pahala serta kebaikan.

Karena itulah di bawah ini terdapat ulasan mengenai arti sholawat nariyah dan bacaan lengkapnya. Sehingga dengan memahami bagaimana arti sholawat nariyah dan bacaan lengkapnya memudahkan kalian dalam mengamalkan sholawat Nariyah di kehidupan sehari-hari.

 

 

1. Bacaan Latin Sholawat Nariyah

Setiap sholawat yang ditunjukkan kepada Nabi Muhammad SAW memiliki makna yang beragam beserta keutamaannya. Termasuk sholawat Nariyah yang sangat populer dan familiar kalian dengarkan. Mendengar nama sholawat Nariyah beberapa dari kalian mungkin saja bingung dengan bagaimana bacaan latin sholawat Nariyah. Karena itulah, berikut ini terdapat bacaan latin sholawat Nariyah yang perlu diketahui.

Bacaan Sholawat Nariyah:

"Allahumma sholi sholaatan kaamilatan wasalim salaaman. Taamman 'alaa sayyidina muhammadinil ladzii, tanhallu bihil 'uqodu wa tanfariju bihil kurobu, wa tuqdhoo bihil hawaa-iju wa tunaalu bihar-roghoo-ibu. Wa husnul khowaatimi wa yustasqol ghomaamu bi wajhihil kariimi wa'alaa aalihii, wa shohbihi fii kulii lamhatin wa nafasin bi'adadi kulli ma'luumin laka."

Sebelumnya kalian mungkin belum tahu kalau bacaan di atas merupakan sholawat Nariyah. Padahal sholawat tersebut sering kalian dengar sebagai sholawat pujian di masjid saat akan menunggu waktu sholat dimulai. Gimana sekarang sudah pahamkan bahwa bacaan tersebut merupakan jenis sholawat Nariyah?

 

 

2. Arti Sholawat Nariyah

Betapa luar biasanya keistimewaan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Karena itulah sholawat kepada Rasulullah sangatlah penting dan dianjurkan bagi umat muslim. Seperti bacaan sholawat Nariyah yang sudah kalian simak sebelumnya. Di mana bacaan sholawat Nariyah tersebut memiliki arti yang juga perlu dipahami. Sehingga dengan memahami apa arti sholawat Nariyah, membuatmu semakin bijak dalam mengamalkannya. Nah, berikut ini arti sholawat Nariyah yang penting banget kalian pahami.

Arti Sholawat Nariyah:

"Ya Allah, limpahkanlah sholawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan Nabi Muhammad. Yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan. Semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih. Dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sah."

Itulah arti sholawat Nariyah yang memiliki makna sangat mendalam. Arti sholawat Nariyah sarat akan makna yang mengandung banyak kebaikan. Termasuk sebagai pembuka rezeki. Di mana arti sholawat Nariyah tersebut termasuk keutamaan yang bisa diperoleh bagi mereka yang mengamalkannya.

 

 

3. Keutamaan Mengamalkan Sholawat Nariyah

Sholawat Nariyah bisa diamalkan kapan saja dan di mana saja. Apalagi sholawat ini termasuk sholawat paling populer yang kerap diamalkan oleh umat muslim di seluruh dunia. Namun tahukah kalian bahwa sholawat Nariyah ternyata memiliki nama lainnya loh. Ya, arti sholawat Nariyah disebut juga dengan nama sholawat Tafrijiyah.

Sementara itu, terdapat beberapa keutamaan mengamalkan sholawat Nariyah yang bisa diperoleh. Sebelumnya ketahui dulu bahwa bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW memang sangat dianjurkan karena dapat mendatangkan banyak kebaikan.

Bersholawat di artikan dengan mendoakan dan memuji Rasulullah SAW beserta keluarganya agar diri kita (umat muslim) mendapatkan karomah dan berkah. Karena itulah terangkum dalam beberapa manfaat sholawat Nariyah yang menjadi satu di antara banyaknya jenis sholawat yang bisa diamalkan. Berikut ini beberapa poin keutamaan arti sholawat Nariyah.

1. Membuka Pintu Rezeki

Keutamaan sholawat Nariyah yang pertama adalah dapat membuka pintu rezeki. Keutamaan sholawat Nariyah untuk membuka pintu rezeki ini bisa diperoleh jika sering mengamalkannya. Isimewanya lagi bukan hanya membuka pintu rezeki melainkan juga dapat mendatangkan rezeki yang tidak terputus. Artinya rezeki yang diperoleh bisa mengalir terus menerus. Dengan begitu maka dapat mengangkat derajat dan kedudukan.

2. Mempermudah Segala Urusan

Keutamaan sholawat Nariyah berikutnya adalah dapat mempermudah segala urusan. Artinya sholawat Nariyah apabila sering dibaca dan diamalkan bisa membantu kalian memperoleh kemudahan dalam berbagai urusan. Seperti dilansir dari NU Online, terdapat sebuah hadis dari riwayat Ibnu Mundah dari Jabir. Adapun bunyi hadis berdasarkan riwayat tersebut,

"Siapa membaca sholawat kepadaku sehari 100 kali (dalam riwayat lain): Siapa membaca sholawat kepadaku 100 kali maka Allah akan mengijabahi 100 kali hajatnya, 70 hajatnya di akhirat dan 30 di dunia,"

2. Terkabulnya Doa dan Segala Keinginan

Sholawat Nariyah juga dapat memudahkan segala doa dan hajat yang kalian inginkan bisa terkabul. Atas izin Allah SWT melalui perantara Nabi Muhammad SAW, keutamaan sholawat Nariyah adalah dikabulkannya hajat. Ada beberapa riwayat yang menyebutkan tentang bagaimana cara mengamalkan sholawat Nariyah untuk mendapatkan keutamaan ini. Mulai dari membaca sholawat Nariyah sebanyak 100 kali, 300 kali bersama-sama dalam majelis, ataupun 4.444 kali.

3. Terbebas dari Kesusahan dan Rasa Sedih

Keutamaan sholawat Nariyah berikutnya adalah terbebas dari rasa susah dan sedih. Rasa sudah dan sedih menjadi perasaan yang umum manusia alami. Di mana kesedihan mendalam terkadang justru membuat manusia terpuruk. Namun dengan mengamalkan sholawat Nariyah bisa membantu melepaskan rasa sedih, susah, sulit yang dialami. Menurut riwayat Ibnu Mundah dan Jabir Rasulullah SAW bersabda,

"Dan Hadits Rasulullah yang mengatakan; Perbanyaklah salawat kepadaku karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan."

4. Dijauhkan dari Marabahaya dan Penyakit

Arti sholawat Nariyah bagi yang mengamalkannya juga dapat mendatangkan banyak kebaikan yakni jauh dari marabahaya serta penyakit. Ya, dengan mengamalkan sholawat Nariyah dapat membuat diri pengamalnya terlindungi dari berbagai bentuk bahaya sekaligus penyakit. Untuk mengamalkannya bisa dibaca sebanyak 90 kali setiap hari.

Itulah beberapa penjelasan mengenai arti sholawat Nariyah yang perlu kalian ketahui. Sehingga memudahkan kalian mencari makna di balik arti sholawat Nariyah.

 

 

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI