Arti Spam: Pengertian, Jenis, Bentuk Hingga Penyebabnya

Kamis, 25 November 2021 18:11 Penulis: Dhia Amira
Arti Spam: Pengertian, Jenis, Bentuk Hingga Penyebabnya
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Mungkin sebagian dari kalian mengetahui bahwa spam merupakan salah satu hal yang sangat mengganggu. Namun, apakah kalian mengetahui lebih dalam apa arti spam yang sebenarnya? Ya, di zaman kecanggihan teknologi ini, spam sering sekali kita temui. Biasanya spam sering ditemui di email ataupun pesan singkat yang ada di HP kalian.

Biasanya juga spam juga dilakukan oleh mereka yang kalian kenal. Kata spam ini diberikan bila mereka sering melakukan panggilan hingga mengirim SMS secara berlebih. Spam seperti ini tentu akan sangat mengganggu. Sehingga banyak dari kita yang merasa ingin menghindari spam ini.

Nah, untuk KLovers yang ingin mencari tahu lebih dalam tentang spam, maka dilansir dari berbagai sumber, inilah arti spam beserta dengan jenis-jenis spam dan penyebabnya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Pengertian Spam

Seperti yang diketahui yang sebelumnya bahwa, spam merupakan kegiatan yang akan sangat mengganggu. Namun apa arti spam yang sebenarnya? Arti spam adalah singkatan dari Sending and Posting Advertisement in Mass. Dari penjelasan tersebut berarti salah satu ciri khas pesan spam adalah pesan promosi yang dikirimkan secara massal.

Pesan spam seringkali ditemukan dalam kotak masuk email dan bahkan inbox ponsel kalian. Biasanya, pesan ini berisi konten iklan yang tidak diinginkan oleh penerima pesan. Motif utama dari spam adalah untuk mempromosikan sebuah produk atau layanan. Bahkan, Spam Laws menunjukkan bahwa 36% dari seluruh pesan spam yang dikirim tiap harinya berisi iklan.

Namun, tak semua spam berisi dengan iklan saja ya KLovers. Ada pula spam yang berisi tentang hal negatif. Biasanya konten berbahaya tersebut seperti malware, virus, dan juga penipuan. Bahkan, spam juga bisa digunakan oleh hacker untuk mencuri informasi pribadi seperti details akun bank kalian.

2. Jenis-Jenis Spam

Setelah kalian mengetahui apa arti spam yang sebenarnya, maka kalian juga perlu mengetahui jenis-jenis spam. Ada banyak sekali jenis-jenis spam yang bisa kalian ketahui, dan berikut ini beberapa jenis-jenis spam yang bisa kalian ketahui:

1. Spam Promosi

Jenis spam pertama adalah spam promosi yang memiliki tujuan untuk mempromosikan sebuah produk atau layanan yang ditawarkan oleh sebuah brand. Spam jenis ini relatif tidak berbahaya dan tidak menimbulkan ancaman bagi penerima.

2. Spam Malware

Pesan spam malware biasanya berisi file jahat yang bertujuan untuk menyebarkan virus dan menginfeksi sistem operasi perangkat penerima. Tujuan utama dari virus malware ini juga bervariasi. Seringnya, spam jenis ini digunakan untuk mencuri data penerima atau untuk merusak data yang ada perangkat.

3. Spam Phishing

Phishing scam adalah salah satu bagian dari spam malware. Sejatinya, phishing adalah praktik penipuan dimana spammer berpura-pura menjadi brand terkenal yang memberikan promosi dan hadiah.

4. Spam Penipuan

Spam penipuan bisa dianggap sebagai salah satu jenis spam paling berbahaya untuk penerima. Tujuan utama pesan ini adalah untuk menipu penerima dengan penawaran hadiah yang cukup besar. Spammer akan mengirimkan pesan yang berisi tentang pengumuman event undian hadiah atau semacamnya.

3. Bentuk-Bentuk Spam

Selain jenis dan arti spam, kalian juga perlu mengetahui apa bentuk dari spam. Ya, maksud bentuk dari spam adalah bentuk yang ditimbulkan ataupun yang dikirim pada kita. Dan berikut ini bentuk-bentuk spam yang dikirim oleh kita:

1. Email

Spam surat elektronik atau spam email adalah praktik pengiriman pesan dalam surat elektronik yang tidak diinginkan, sering bersifat komersial, dan masuk dalam jumlah besar kepada siapa pun. Apa itu spam di surat elektronik mulai menjadi masalah saat internet dibuka untuk umum pada pertengahan 1990-an.

Munculnya banyak spam yang bukan dari spammers dikarenakan pembuat perangkat perusak, spammers, dan penipu keuangan belajar satu sama lain, sehingga memungkinkan mereka membentuk berbagai jenis kerja sama.

2. Pesan instan

Aplikasi seperti WhatsApp, Telegram, Line, dan sebagainya tentu menjadi sebuah aplikasi yang sering kita gunakan. Nyatanya spam pesan instan memanfaatkan sistem dari pesan instan di atas. Spam pesan instan cenderung tidak diblokir oleh firewall sehingga saluran ini sangat berguna bagi para spammers.

3. Telepon genggam

Spam telepon genggam diarahkan pada layanan pesan teks atau sms di ponsel. Spam ini bisa sangat mengganggu pelanggan karena bukan hanya masalah ketidaknyamanan, tetapi juga karena biaya yang mungkin dikenakan dari setiap pesan teks yang diterima. Istilah "kejang" diciptakan di website iklan Adland pada tahun 2000 untuk menggambarkan pesan teks spam.

4. Hal yang Mengakibatkan Spam

Spam mungkin bukan menjadi sebuah hal terjadi begitu saja ya KLovers. Namun, ada hal-hal yang mungkin bisa mengakibatkan spam. Dan berikut ini beberapa hal yang mungkin bisa mengakibatkan adanya spam dalam perangkat elektronik kalian:

1. Terjadi kebocoran data

Jika kalian pernah memasukkan nomor ponsel dan Email pada suatu aplikasi di internet dan terjadi kebocoran data pada platform tersebut. Maka data kalian bisa dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Nomor dan email ditemukan secara acak

Ya, spammer juga bisa menemukan nomor ponsel dan Email kalian dengan menebak alamat Email secara manual.

3. Sering memasukkan data pribadi di platform online

Tidak semua aplikasi online bisa dipercaya, platform yang tidak bertanggung jawab bisa menjual data kalian kepada spammer.

Itulah arti spam yang bisa kalian ketahui. Bukan hanya arti spam saja, kalian juga bisa mengetahui jenis-jenis, bentuk spam, dan hal yang bisa mengakibatkan spam terjadi. Mengetahui arti spam ini bisa menjadikan kalian lebih berhati-hati lagi dalam memberikan informasi pribadi.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI