Cara Main Kartu Uno yang Benar Beserta Penjelasan Simbol dan Peraturannya

Kamis, 25 November 2021 14:33 Penulis: Dhia Amira
Cara Main Kartu Uno yang Benar Beserta Penjelasan Simbol dan Peraturannya
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Ada banyak sekali permainan ringan yang bisa kita mainkan bersama dengan teman hingga keluarga, salah satunya Uno. Yup! Uno merupakan salah satu jenis permainan seru yang menggunakan kartu. Cara main kartu Uno ini bisa dilakukan dengan mudah, baik anak-anak hingga orang dewasa. Sehingga tidak heran bila Uno menjadi salah satu pilihan dalam bermain bersama teman dan keluarga.

Permainan yang berasal dari Amerika Serikat ini diciptakan oleh seorang owner barbershop asal Reading, Ohio, bernama Merle Robbins pada tahun 1971. Seiring berjalannya waktu, kini telah banyak ditemukan beragam jenis Uno seperti Uno stacko, spin, attack, dan masih banyak lagi. Meski begitu, banyaknya jenis Uno tersebut terkadang justru membuat orang bingung saat ingin memainkannya.

Apalagi kartu Uno memiliki banyak sekali simbol yang membuat permainan semakin seru. Nah, bagi KLovers yang masih penasaran bagaimana cara main kartu Uno yang benar, untuk itu berikut ini cara main kartu Uno beserta penjelasan simbol dan peraturannya yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Simbol Dalam Kartu Uno

Sebelum mengetahui bagaimana cara main kartu Uno, tentu penting untuk kalian mengetahui simbol yang ada di kartu tersebut. Ya, berbeda dengan kartu remi, kartu Uno memiliki maksud dalam setiap simbolnya. Sehingga, sebelum kalian mengetahui cara main kartu Uno, penting untuk kalian mengetahui arti dari simbol dalam kartu Uno. Untuk itu, berikut ini penjelasan simbol dalam kartu Uno tersebut:

1. Kartu Angka

Jenis kartu ini memiliki empat warna dengan nomor yang tertera, yaitu antara 0 hingga 9. Angka 1 hingga 9 memiliki 2 kartu di setiap warna. Sedangkan angka 0 hanya berjumlah 1 kartu setiap warnanya. Jadi, total dari setiap warna adalah 19. Sehingga ada 19 merah, 19 kuning, 19 biru, dan 19 hijau.

2. Kartu +2

Kartu ini digunakan ketika warna kartu teratas sama dengan kartu +2, atau sama-sama merupakan kartu +2. Pemain selanjutnya yang terkena kartu ini dan tidak memiliki kartu +2 saat pemain sebelumnya mengeluarkan kartu +2. Maka pemain selanjutnya harus mengambil 2 kartu, dan tidak mendapat kesempatan bermain.

3. Kartu reverse atau putar balik

Kartu ini boleh dikeluarkan menyesuaikan warna kartu sebelumnya, atau sesama reverse card. Kartu ini berfungsi untuk mengubah arah permainan, misal sebelumnya kita bermain searah jarum jam.

Namun ketika kartu ini dikeluarkan, maka putaran permainannya berubah menjadi berlawanan dengan arah jarum jam. Selanjutnya jika hanya ada dua pemain, maka kartu ini berubah menjadi kartu skip, artinya kalian bisa bermain lagi setelah mengeluarkan kartu ini.

4. Kartu skip

Sama seperti sebelumnya, sesuaikan warna atau simbol jika ingin keluarkan kartu ini. Fungsi dari kartu ini adalah memberhentikan pemain selanjutnya sesuai dengan jumlah kartu skip yang dikeluarkan. Kalau kartu ini keluar pada awal permainan maka pemain pertama yang ada di sebelah kiri pengocok tidak boleh bermain, langsung lanjut ke pemain kedua.

5. Kartu +4

Kartu ini hanya boleh digunakan ketika kalian tidak memiliki kartu lain di tangan kalian yang dapat dimainkan. Maksud dari kartu ini hampir sama dengan +2, namun kali ini yang harus diambil adalah 4 kartu.

Kalian juga bisa memilih warna yang akan dimainkan selanjutnya jika mengeluarkan kartu ini. Kartu ini tidak sah di awal permainan, jadi jika pada permulaan yang muncul adalah kartu ini maka harap untuk dimasukkan lagi ke tumpukan kartu dan diganti dengan kartu lain.

6. Kartu wild

Kartu ini bisa dikeluarkan kapan saja, dan diwarna apa saja. Fungsinya adalah hanya untuk memilih warna. Ini biasanya digunakan ketika pemain tidak mempunyai warna yang ada pada bagian atas kartu buangan. Jika kartu ini muncul pada permulaan permainan, pemain yang berada di sebelah kiri pengocok pada pemain pertama, bisa bebas memilih warna apa yang ingin dia mainkan, kemudian mengeluarkan kartu pertamanya.

7. Kartu blank

Kartu ini dapat digunakan sebagai pengganti kartu yang hilang. Misal kartu 7 kuning hilang, nah kalian bisa menggantinya dengan kartu kosong ini. Atau bisa juga dijadikan kartu lain dengan aturan yang kalian buat sendiri. Misalnya menjadi kartu keberuntungan yang bisa pemain gunakan sesuka hati ketika kepepet, atau sebagai kartu mirror yang menduplikat kartu sebelumnya.

2. Cara Main Kartu Uno

Nah setelah mengetahui apa arti simbol dalam kartu Uno, sekarang kalian bisa mengetahui cara main kartu Uno yang tepat. Cara main kartu Uno ini juga bisa membantu kalian dalam mengatur strategi yang tepat untuk menang. Berikut ini beberapa cara main kartu Uno yang tepat untuk dilakukan:

1. Cara bermain UNO yang pertama, yaitu kalian bisa memainkan dengan 2 hingga 10 pemain. Di mana para pemain harus berusia minimal 7 tahun. Setalah memenuhi syarat, kocok kartu dan bagikan 7 kartu ke setiap pemain.

2. Setelah itu, letakkan sisa kartu Uno di tengah meja. Pastikan kartu dalam keadaan tertutup dalam tumpukan. Nantinya, tumpukan kartu tersebut akan diambil masing-masing pemain sepanjang permainan.

3. Cara main kartu Uno selanjutnya yaitu, kalian bisa memulai pertandingan, balik kartu teratas di tumpukan kartu. Lalu, letakkan kartu teratas di sebelah tumpukan kartu dengan posisi menghadap ke atas.

4. Langkah berikutnya, keluarkan kartu sesuai warna, simbol, atau angka pada kartu yang telah dibuka.

5. Cara main kartu Uno selanjutnya, ambil kartu dari tumpukan jika kalian tidak memiliki kartu yang bisa dikeluarkan.

6. Jika mengeluarkan kartu bebas, kalian dapat menentukan warna yang harus dimainkan pada giliran selanjutnya.

7. Jika kalian mengeluarkan kartu "Ambil 2" (+2), pemain berikutnya harus mengambil 2 kartu dan gilirannya dilewati.

8. Sedangkan, jika kalian mengeluarkan kartu "Putar Balik", arah giliran di balik, sehingga pemain yang bermain sebelum kalian mengeluarkan kartu kembali mendapatkan giliran.

9. Katakan "UNO" jika kalian hanya memiliki satu kartu. Pastikan untuk tetap memainkan giliran kalian sampai seorang pemain memiliki satu kartu saja.

10. Jika tidak mengatakan "UNO" di tahap ini, pemain lain yang mengetahuinya akan menghukum kalian. Namun, jika tidak ada pemain yang menyadari bahwa kalian tidak mengatakan "UNO", maka kalian tidak perlu mendapatkan hukuman.

11. Jika kalian bisa mengeluarkan kartu terakhir sebelum orang lain selesai, maka kalian akan memenangkan permainan.

12. Dan cara main kartu Uno terakhir, yaitu menghitung poin setiap ronde. Pemain yang memenangkan permainan akan mendapatkan poin dari jumlah kartu yang tersisa di tangan para pemain lain. Catat poin untuk setiap ronde dan tetap bermain sampai ada pemain yang bisa mencapai 500 poin.

Itulah cara main kartu Uno yang bisa kalian lakukan bersama dengan teman-teman hingga keluarga. Selain cara main kartu Uno, kalian juga bisa memahami simbol-simbol yang ada di kartu Uno, untuk mempermudah permainan. Selamat mencoba.

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI