Cara Live IG Bersama dan Ketahui Pula Tips Agar Banyak Penonton

Kamis, 25 November 2021 16:33
Cara Live IG Bersama dan Ketahui Pula Tips Agar Banyak Penonton
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Instagram merupakan salah satu media sosial yang diidolakan berbagai kalangan. Hal itu wajar terjadi karena fitur Instagram begitu banyak dan menarik untuk digunakan, salah satunya live atau siaran langsung. Lalu, bagaimana cara live IG?

Cara live IG sebenarnya mudah dilakukan. Bahkan, fitur ini sudah cukup lama diluncurkan. Kini, live instagram makin digemari untuk dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Kalian bisa melakukan diskusi hingga promosi produk di fitur ini.

Nah, bagi kalian yang belum pernah memanfaatkan fitur ini tak perlu merasa khawatir. Kalian bisa mencobanya terlebih dahulu dengan mengikuti penjelasan tata cara live IG berikut ini. Kalian pun bisa mengajak teman untuk live bersama sekaligus sharing di live rooms.

1. Cara Live IG di HP

Bagi kalian yang baru pertama melakukan live IG, wajar jika merasa bingung dengan apa yang harus dilakukan. Sebelum membicarakan konten, kalian perlu mengetahui tahap-tahap masuk ke live rooms. Nah, agar lebih jelas, silakan ikuti cara live IG berikut ini.

- Buka aplikasi Instagram di HP kalian.

- Geser layar (swipe) ke kanan atau tekan tombol kamera di pojok kiri atas.

- Di bawah tombol rekam (lingkaran di bagian bawah tengah) ada beberapa pilihan.

- Geser/swipe ke kanan pilihan itu untuk memilih "LIVE" (tekan tombolnya langsung juga bisa).

- Tekan tombol "Start Live Video" untuk mulai merekam.

- Instagram akan mengabarkan ke semua follower bahwa kalian sedang melakukan live.

- Jika sudah selesai, akhiri live dengan menekan tombol "END" yang berada di bagian kanan atas.

- Selanjutnya, kalian akan mendapat konfirmasi untuk mengakhiri beserta laporan jumlah orang yang menonton.

2. Cara Live IG di Laptop

Selain melalui HP, cara live IG bisa kalian lakukan di PC atau laptop. Jika kalian penasaran dengan caranya, langsung saja ikuti penjelasan berikut ini.

- Download OBS (Open Broadcaster Software)

- Download file PHP for Windows dan pilih sesuai dengan versi PC kalian, baik itu 32bit atau 64bit.

- Download Composer, Tools Live Instagram PC, dan Curl.

- Gabungkan semua file dan software dalam satu folder, kecuali OBS.

- Extract semua file yang berekstensi. Kemudian instal juga Tool Live IG, setelah itu silakan InstalComposer-Setup.exe-nya.

- Ketika menginstal, tidak perlu mengikuti Developer Mode, klik Next. Setelah itu akan muncul untuk Chose The Command Line.

- Selanjutnya, pilih Folder InstagramLive-PHP-master, lalu klik kanan Config.php, Open, pilih Select a progam from a list of installed progam, klik Ok.

- Ganti atau isi Username dan Password Instagram kalian. Pilih File dan kemudian pilih Save.

- Buka folder Php for Windows yang sebelumnya sudah kalian extract. Jika tidak menemukannya, silakan cari file php.exe-production lalu rename menjadi php.exe.

- Pindahkan file cacert.pem yang sudah didownload ke dalam folder ssl.

- Pilih Start pada PC Desktop, ketik 'CMD' lalu pilih Run Administrator. Ketik cd C:InstagramLive-PHP-Master kemudian Enter.

- Ketik require mgp25/instagram-php react/child-process pada composer, lalu tekan Enter dan tunggu Process Download selesai.

- Ketik lagi pada Command Line-nya yaitu php -f goLive.php lalu Enter.

- Setelah itu kalian akan mendapatkan Stream Key untuk Instagram akunmu. Kemudian buka OBS Studio-nya, pilih File dan pilih Seting, lalu pilih Tab Stream.

- Silakan isi pada Stream Type pilih Custom Streaming Server. URL silakan masukkan rtmp://live-upload.instagram.com:80/rtmp/ untuk Stream Key. Silakan isi dengan Stream Key yang sudah kalian siapkan di Notepad tadi. Lalu Apply kemudian OK.

- Jika ingin hasil video maksimal, kembali ke halaman utama, OBS Studio. Atur Schene dan Capture yang ingin kalian tampilkan pada Live Streaming Instagram.

- Setelah itu klik OK dan pilih Start untuk memulai streamingmu. Live streaming sudah berjalan namun belum terpublish.

- Untuk mempublish Live Instagram, silahkan tekan Enter pada Command Line CMD. Setelah itu akan terbuka jendela baru yaitu PHP Command Line. PHP Command Line fungsinya adalah untuk memonitor aktivitas Live Streaming, baik Komentar dan juga bisa membalasnya.

- Live Instagram di laptop sudah bisa kalian gunakan.

- Jika ingin mengakhiri live Streaming Instagram, silakan ketik STOP kemudian Enter pada PHP Command Line. Kemudian akan ada pertanyaan jika kalian ingin menyimpan Live Streaming selama 24 jam ketik YES.

3. Cara Live IG Bersama

Kini, Instagram sudah menyediakan fitur yang memungkinkan bagi beberapa akun untuk melakukan live di room yang sama. Hal ini akan sangat membantu kalian yang mungkin belum terbiasa dengan live. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan bagi kalian untuk membuat diskusi dengan beberapa pembicara.

Dengan begitu, materi dalam satu topik bisa dibagikan ke audiens dalam berbagai sudut panda. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk menyimak penjelasan mengenai tata cara live IG bersama berikut ini.

- Pertama, buka aplikasi Instagram.

- Geser layar ke kanan atau tekan tombol kamera di pojok kiri atas.

- Di bawah tombol rekam (lingkaran di bagian bawah tengah) ada beberapa pilihan.

- Geser/swipe ke kanan pilihan itu untuk memilih "LIVE" yang berada di samping tombol "Story".

- Tekan tombol "Start Live Video" untuk mulai merekam.

- Selanjutnya, untuk mengajak teman bergabung di live, silakan tekan ikon kamera atau rooms.

- Teman yang akan melakukan live biasanya sudah mengajukan permohonan untuk bergabung.

- Jika berperan sebagai host, kalian bisa mengetik nama akun kemudian mengundangnya untuk bergabung.

- Kalian bisa menambahkan tiga pengguna secara bertahap maupun sekaligus ke live rooms.

- Jika sudah selesai, akhiri live dengan menekan tombol "END" yang berada di bagian kanan atas.

- Selanjtnya, kalian akan mendapat konfirmasi untuk mengakhiri beserta laporan jumlah orang yang menonton.

4. Tips Live IG Banyak Penonton

1. Buat Perencanaan Target

Setelah mengetahui beberapa cara live IG seperti yang sudah dijelaskan di atas, kini saatnya kalian membuat perencanaan. Sebagai pengguna Instagram, tentu kalian ingin menghasilkan interaksi berkualitas. Kualitas tersebut akan berdampak pada peningkatan engagement, termasuk follower.

Nah, agar kalian bisa menghasilkan konten dengan kualitas yang bagus, silakan simak tips perencanaan target berikut ini.

- Tentukan tujuan secara spesifik. Misalnya, kalian ingin live ditonton sejumlah 100 orang.

- Buat tujuan yang terukur sebagai hasil dari live. Contohnya, tentukan target jumlah pertambahan follower setelah melakukan live.

- Sadari bahwa target yang kalian buat bisa dicapai. Hindari untuk membuat target yang terlalu tinggi.

- Buat topik dalam live yang relevan dengan tujuan, misalnya untuk bisnis, edukasi, dan lain sebagainya.

- Tentukan deadline atau target untuk melihat efek dari live yang kalian lakukan. Dalam bisnis misalnya, tentukan batas jumlah produk yang terjual setelah live.

- Hal yang tak kalah penting dalam sesi live yaitu, pengaturan durasi, penentuan topik, alur, dan poin-poin penting yang ingin disampaikan.

2. Buat Promosi Sebelum Live

Memberikan pengumuman sebelum live dapat meningkatkan jumlah penonton saat sesi berlangsung. Hal tersebut bisa menjaring audiens yang memang tertarik dengan tema live yang akan kalian lakukan.

Kalian bisa membuat poster untuk diunggah di feed atau story. Informasikan dengan jelas waktu, tanggal, dan pembicara lain. Dengan begitu, followers akan mencatat tanggal dan meluangkan waktu untuk mengikuti live.

Nah, KLovers, itulah cara live IG beserta tips yang bisa kalian ikuti agar engagement bisa meningkat.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI