Arti Surat Al Ikhlas Beserta Bacaan dan Keutamaannya, Ketahui Cara Mengamalkannya

Rabu, 20 Oktober 2021 14:33 Penulis: Nurul Wahida
Arti Surat Al Ikhlas Beserta Bacaan dan Keutamaannya, Ketahui Cara Mengamalkannya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Surat Al Ikhlas adalah surat pendek dalam Al-Quran. Surat Al Ikhlas terdiri dari empat ayat dengan arti dan keistimewaannya yang menakjubkan. Sebab, arti surat Al Ikhlas menjelaskan tentang Keesaan Allah SWT. Saking istimewanya, surat Al Ikhlas bisa diamalkan setiap hari dalam sholat ataupun dzikir.

Al-Quran terdiri dari 114 surat yang mana sebagian di antaranya terdiri dari surat pendek. Surat pendek dalam Al-Quran sangatlah mudah dihafal serta bisa diamalkan untuk bacaan sholat. Salah satunya yakni surat Al Ikhlas yang bisa diamalkan untuk bacaan ibadah wajib ataupun sunnah.

Arti surat Al Ikhlas menunjukkan Keesaan Allah SWT. Artinya, Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Esa. Esa berarti satu atau tunggal. Sebab tidak ada satu makhluk yang mampu menandingi keesaan dan kuasa Allah SWT. Karena, Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang berhak untuk disembah. Arti surat Al Ikhlas juga berkaitan dengan ajaran tauhid. Yakni meyakini bahwa Tuhan itu hanya satu.

Adapun ulasan tentang arti surat Al Ikhlas beserta bacaan dan keutamaannya dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber tentang arti surat Al Ikhlas beserta bacaannya.

 

1. Bacaan Surat Al Ikhlas dan Latinnya

Surat Al Ikhlas termasuk surat pendek dalam Al-Quran yang juga istimewa. Surat pendek dalam Al-Quran ini sangatlah mudah dihafal. Tidak heran kalau anak-anak kecil bahkan begitu pandai menghafal surat Al Ikhlas yang hanya memiliki empat ayat saja. Sebelum tahu arti surat Al Ikhlas dan asbabun nuzulnya, berikut ini ada bacaan surat Al Ikhlas yang perlu kalian ketahui. Bacaan surat Al Ikhlas berikut ini merupakan versi latinnya yang memudahkan kalian menghafal dan memahami surat Al Ikhlas.

1) Qul huwallaahu ahad.

2) Allahhus-samad

3) Lam yalid wa lam yuulad

4) Wa lam yakul-lahu kufuwan ahad

 

2. Arti Surat Al Ikhlas

Sedangkan arti surat Al Ikhlas adalah Keesaan Allah SWT. Selain itu arti surat Al Ikhlas juga menggambarkan tentang ketauhidan. Esa diambil dari bahasa Arab yang artinya tunggal atau satu. Sedangkan ajaran tauhid berarti mengesakan Allah SWT. Adapun arti surat Al Ikhlas dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

1) Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah, Yang Maha Esa.

2) Allah tempat meminta segala sesuatu.

3) (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.

4) Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.

 

3. Asbabun Nuzul Surat Al Ikhlas

Setelah mengetahui bacaan dan arti surat Al Ikhlas, latar belakang diturunkannya surat pendek ini juga perlu kalian ketahui. Sebab, asbabun nuzul surat Al Ikhlas berkaitan dengan ajaran tauhid. Surat Al Ikhlas sendiri merupakan surat Makkiyah. Artinya surat yang diturunkan di Kota Mekkah. Sedangkan dalam Al-Quran, surat Al Ikhlas adalah surat ke 112 diturunkan setelah surat An-Nas. Seperti diketahui setiap surat dan ayat dalam Al-Quran memiliki sebab musabab atau asbabun nuzul. Salah satunya surat Al Ikhlas yang juga memiliki sebab musabab surat ini turun.

Berdasarkan asbabun nuzul surat Al Ikhlas, berkaitan dengan pokok-pokok atau inti dari ajaran tauhid. Seperti melansir dari dream.co.id, ada beberapa nama atau sebutan lain surat Al Ikhlas menurut Syaikh Wahbah Az Zuhaili. Di antaranya yakni surat Al Ikhlas disebut juga dengan surat at Tafrid, at Tajrid, at Tauhid, an Najah serta al Wilayah.

Sedangkan alasan diturunkannya surat Al Ikhlas berkaitan dengan peristiwa yang terjadi pada Rasulullah SAW ketika orang musyrik mempertanyakan Tuhan yang disembah oleh Nabi Muhammad. Dalam sebuah riwayat Imam Ahmad dari Ubay bin Ka'ab Rasulullah SAW berkata,

"Hai Muhammad, gambarkanlah kepada kami tentang Tuhanmu." maka Allah menurunkan (Katakanlah: Dialah Allah yang Maha Esa).

Karena itulah surat Al Ikhlas akhirnya diturunkan. Sementara riwayat lain juga menyebutkan hal serupa namun bukan orang-orang musryik yang mempertanyakan Tuhan Rasulullah SAW. Melainkan orang Badui bertanya pada Rasulullah tentang Tuhan yang beliau sembah.

"Gambarkanlah kepada kami tentang Tuhanmu." Maka diturunkanlah surat Al Ikhlas

Itulah asbabun nuzul atau sebab musabab turunnya surat Al Ikhlas yang berkaitan dan berisi tentang ajaran-ajaran tauhid.

 

4. Tafsir Arti Surat Al Ikhlas

Sedangkan berdasarkan tafsir surat Al Ikhlas, menurut Imam Ibnu Katsir surat ini menggambarkan tentang keesaan Allah SWT. Adapun penjelasannya seperti melansir dari almanhaj.or.id yakni, Imam Ibnu Katsir berkata,

"Dia Yang pertama dan Esa, tidak ada tandingan dan pembantu, tidak ada yang setara dan tidak ada yang menyerupai-Nya, dan tidak ada yang sebanding (dengan-Nya). Kata ini tidak digunakan untuk menetapkan pada siapapun selain pada Allah Subhanahu wa Ta'ala , karena Dia Maha Sempurna dalam seluruh sifat-sifat-Nya dan perbuatan-perbuatan-Nya."

Karena itulah surat Al Ikhlas menunjukkan tentang keesan Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang berhak disembah. Di mana tidak ada satu pun makhluk bisa menandingi keesaan dan kekuasaan Allah SWT.

 

5. Keutamaan dan Keistimewaan Surat Al Ikhlas

Setelah mengetahui arti surat Al Ikhlas beserta sebab musabab diturunkannya surat tersebut, surat pendek ini memiliki beberapa keistimewaan. Terlebih surat Al Ikhlas sangat mudah dihafalkan dan diamalkan setiap hari. Dengan begitu dapat memperoleh keutamaannya yang luar biasa. Nah, berikut keutamaan surat Al Ikhlas yang perlu kalian ketahui.

- Memberikan perlindungan untuk diri sendiri dari berbagai keburukan.

- Mendapat pengampunan dosa dengan mengamalkan surat Al Ikhlas.

- Memberikan ketenangan hati dapat diamalkan sebelum tidur.

- Melancarkan rezeki dengan mengamalkan bacaan surat Al Ikhlas sebanyak 1.000 kali.

- Mempermudah dibukakannya pintu surga.

 

6. Cara Mengamalkan Surat Al Ikhlas

Cara mengamalkan surat Al Ikhlas juga penting kalian ketahui. Sehingga kalian bisa memaksimalkan diri dalam mengamalkan surat Al Ikhlas. Nah berikut ada beberapa cara mengamalkan surat Al Ikhlas.

- Dapat diamalkan sebelum tidur dengan membaca surat Al Ikhlas sebanyak tiga kali.

- Bisa diamalkan dalam sholat witir tiga rakaat.

- Mengamalkan sehabis sholat Maghrib pada malam Jumat.

- Mengamalkan surat Al Ikhlas setelah selesai sholat.

- Mengamalkan dzikir surat Al Ikhlas pagi dan sore.

- Bisa diamalkan ketika melakukan qobliyah Subuh.

- Bisa diamalkan untuk ruqyah.

Nah itulah arti surat Al Ikhlas beserta bacaan dan keutamaannya. Semoga dengan ulasan tentang surat Al Ikhlas di atas dapat memudahkan.

(kpl/gen/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI