Arti Teknologi, Jenis-Jenis, Sejarah Perkembangannya dan Manfaat Bagi Kehidupan

Kamis, 05 Mei 2022 11:55
Arti Teknologi, Jenis-Jenis, Sejarah Perkembangannya dan Manfaat Bagi Kehidupan
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Tidak dapat dipungkiri teknologi saat ini memang sudah berkembang pesat. Karena itulah ada banyak sekali manfaat teknologi dalam kehidupan manusia yang memudahkan mereka dalam berkomunikasi, belajar, sosialisasi, ataupun transaksi.

Hampir setiap sendi kehidupan saat ini lekat dengan teknologi. Meski begitu tidak sedikit pula yang belum mengetahui apa arti teknologi sebenarnya. Karena itulah penting tahu apa arti teknologi yang memiliki sejarah panjang.

Arti teknologi dan jenis-jenisnya sangat beragam. Di mana penggunaan teknologi ini bisa dipakai dalam beragam bidang baik itu pendidikan hingga kesehatan. Sebelum tahu apa saja manfaat teknologi, penting juga memahami pengertian teknologi.

Nah, ulasan di bawah ini bisa memudahkan kalian mengetahui apa arti teknologi di KBBI beserta pendapat para ahli. Yuk simak ulasan tentang arti teknologi di bawah ini yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Arti Teknologi di KBBI

Kehidupan sehari-hari manusia saat ini tak lepas dari apa yang dinamakan dengan teknologi. Apalagi seiring berkembangnya zaman, teknologi juga semakin canggih. Nggak hanya tentang alat-alat teknologi saja karena karakteristiknya juga ikut berkembang pesat. Namun, sudah tahukah kalian apa arti teknologi sebenarnya?

Arti teknologi berasal dari bahasa Yunani yakni Technologia yang artinya keahlian dan pengetahuan. Sementara kalau merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis. Pengertian teknologi ini terkait dengan ilmu pengetahuan terapan.

Ada juga penjelasan mengenai arti teknologi di KBBI yakni keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Karenanya apabila melihat dari arti teknologi di KBBI tersebut dapat disimpulkan bahwa teknologi adalah pengetahuan ilmiah yang kemudian digunakan untuk menemukan suatu alat atau sarana yang tujuannya adalah mempermudah aktivitas manusia.

 

2. Arti Teknologi Menurut Para Ahli

Selain itu, ada juga arti teknologi menurut pendapat para ahli yang juga menjelaskan mengenai pengertian teknologi yang tidak lepas dari keahlian ataupun ilmu pengetahuan. Nah, berikut ini terdapat arti teknologi menurut para ahli yang penting kalian pahami.

1. Arti teknologi menurut Gary J. Anglln: Arti teknologi menurut pendapatnya menjelaskan bahwa teknologi adalah penerapan beragam ilmu perilaku, alam dan pengetahuan lain secara sistematis dan mensistem untuk memecahkan masalah manusia.

2. Arti teknologi menurut Manuel Castells: Arti teknologi adalah kumpulan alat atau prosedur yang berasal dari penerapan pengetahuan ilmiah terhadap pekerjaan tertentu dalam suatu kondisi. Di mana kondisi tersebut terjadi secara berulang-ulang.

3. Arti teknologi menurut Toynbee: Arti teknologi adalah buah dari adanya kemuliaan manusia yang membuktikan jika manusia memerlukan sesuatu yang lebih tidak hanya memenuhi kebutuhan makan saja.

4. Arti teknologi menurut Miarso: Arti teknologi menurut pendapatnya adalah bentuk proses meningkatkan nilai tambah. Sehingga dari proses tersebut maka bisa menghasilkan produk tertentu secara kesatuan tidak terpisah. Karenanya teknologi tersebut menjadi bagian penting dalam sebuah sistem.

Itulah beberapa penjelasan mengenai arti teknologi menurut pendapat para ahli. Sehingga dapat memudahkan kalian memahami makna teknologi untuk memperkaya pengetahuan mengenai pengertian teknologi.

 

3. Mengenal Jenis-Jenis Teknologi

Salah satu jenis teknologi yang sangat dekat dengan manusia saat ini adalah komunikasi. Tidak hanya sekedar alat komunikasi semata melainkan juga teknologi informasi yang memudahkan setiap orang saling terhubung. Sementara itu terdapat beberapa jenis-jenis teknologi yang perlu kalian ketahui seperti ulasan di bawah ini. Yuk cek apa saja jenis-jenis teknologi sebagai berikut.

1. Teknologi Komunikasi: Arti teknologi komunikasi adalah jenis teknologi yang bisa memudahkan setiap orang untuk saling berkomunikasi menggunakan suatu alat atau perangkat tertentu seperti HP ataupun komputer.

2. Teknologi Informasi: Arti teknologi informasi adalah jenis teknologi yang dibuat untuk memudahkan manusia dalam menyampaikan suatu informasi secara cepat dan mudah.

3. Teknologi Pendidikan: Arti teknologi pendidikan adalah teknologi yang dibuat berkaitan dengan dunia pendidikan menggunakan sejumlah sarana atau alat tertentu memudahkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

4. Teknologi Medis: Arti teknologi medis adalah teknologi yang digunakan dalam dunia kesehatan menggunakan beragam alat tertentu dengan bantuan teknologi.

5. Teknologi Konstruksi: Arti teknologi konstruksi adalah teknologi yang digunakan dalam kegiatan konstruksi dan bangunan.

6. Teknologi Transportasi: Arti teknologi transportasi adalah teknologi yang digunakan untuk membantu manusia dalam menggunakan moda transportasi tertentu. Sehingga dapat mengantar manusia berpindah tempat secara cepat.

 

4. Sejarah Perkembangan Teknologi

Sementara itu arti teknologi juga mengalami banyak perkembangan sejak pertama kali sebuah teknologi ditemukan oleh nenek moyang. Di mana hingga sekarang teknologi bisa dikatakan sangat berkembang pesat dan modern. Hal ini berbeda pada era teknologi jutaan tahun lalu di mana alat pertama yang digunakan adalah batu tajam untuk kemudian digunakan sebagai alat seperti pisau.

Begitu juga dengan peralatan lain yakni berupa palu yang juga ditemukan diperkirakan sudah sejak 3,3 juta tahun lalu. Zaman ini dikenal juga dengan nama zaman batu yang mana banyak ditemukan beragam peralatan terbuat dari batu baik sebagai senjata ataupun peralatan rumah tangga sederhana.

Kemudian teknologi semakin berkembang lagi dengan ditemukannya api. Kemudian ribuan tahun lalu nenek moyang sudah mengenal apa yang dinamakan dengan bertani. Di sinilah dikenal dengan revolusi neolitik. Pada masa tersebut manusia mulai mengenal pakaian dari kain tenun dan pemanfaatan tanah liat. Kemudian muncullah apa yang dikenal dengan irigasi lalu berlayar menggunakan kapal layar dan dayung.

Pada 1200 SM, kemudian manusia menemukan besi setelah perunggu. Karenanya terdapat sejumlah alat yang terbuat berbahan dasar logam. Selanjutnya kembali berkembang dengan ditemukannya bubuk mesiu, kincir angin, Kompas, jam mekanis. Lebih menakjubkannya lagi munculnya mesin cetak yang digunakan untuk mencetak Alkitab oleh Johannes Gutenberg.

Tidak berhenti di situ saja, pada 1765 ditemukan juga mesin uap oleh James Watt, kereta api yang dikembangkan oleh Richard Trevithick. Di mana penemuan ini juga menandakan perkembangan teknologi transportasi.

Terdapat juga penemuan perkembangan teknologi berupa kapal uap oleh Robert Fulton, fotografi pada tahun 1820-an oleh Nicephore Niepce. Ditemukan juga mesin penuai mekanis oleh Cyrus McCormick yang memudahkan dalam kegiatan Bertani.

Pada tahun 1844 kemudian ditemukan telegraf yang mana pesan pertama dikirimkan oleh Samuel Morse. Dari sinilah berkembang lagi teknologi komunikasi berupa telepon di tahun 1876 silam oleh Alexander Graham Bell.

Pada tahun 1876 silam, Nikolaus Otto kemudian berhasil menemukan mesin pembakaran internal menggunakan bahan bakar yang nantinya akan digunakan untuk mesin pada transportasi mobil. Sedangkan pada tahun 1879 silam listrik sudah mulai ditemukan yang dilakukan melalui percobaan dari Thomas Edison.

Teknologi lagi-lagi semakin berkembang dengan adanya penemuan mobil di tahun 1885, radio 1901, pesawat terbang 1903, roket 1926, televisi 1927, komputer 1937, tenaga nuklir 1942, transistor 1947, penerbangan luar angkasa tahun 1957, komputer pribadi 1974, dan internet pada 1974 silam. Dari internet inilah kemudian teknologi semakin berkembang dengan munculnya kecerdasan buatan alphago. Begitu beberapa sejarah singkat perkembangan teknologi dengan beragam penemuan berbekal ilmu pengetahuan dan penelitian ilmiah.

 

5. Manfaat Teknologi Bagi Kehidupan

Setelah tahu apa arti teknologi penting juga memahami apa saja manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari. Karena tidak dipungkiri lagi kalau berkembangnya teknologi membawa banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Nah, di bawah ini terdapat beberapa manfaat teknologi  bagi kehidupan manusia.

1. Manfaat teknologi dalam bidang bisnis dan usaha memudahkan seseorang mendapatkan laba lebih besar. Hal ini terjadi karena teknologi bisa membantu seorang pengusaha bisa menekan biaya produksi dan operasional.

2. Manfaat teknologi dalam bidang telekomunikasi adalah untuk memudahkan komunikasi jarak jauh, tanpa terbatas waktu, tempat, ataupun lainnya. Terutama dengan berkembangnya media sosial saat ini tentu arus informasi dan komunikasi akan semakin cepat.

3. Manfaat teknologi dalam dunia pendidikan adalah untuk memudahkan dalam pembelajaran. Pasalnya siswa dapat mencari informasi menggunakan internet. Dengan begitu wawasan akan lebih luas dan tidak terbatas. Ada juga manfaat lainnya yakni memudahkan dalam melakukan pendaftaran secara online serta pembelajaran jarak jauh.

4. Manfaat teknologi dalam bidang kesehatan adalah untuk memudahkan dalam pelayanan kesehatan baik itu mengetahui diagnosis penyakit dari pasien, rekam medis, administrasi, ataupun pengobatan.

5. Memudahkan dalam transaksi pembayaran ataupun keuangan lainnya.

Itulah penjelasan mengenai arti teknologi yang penting kalian ketahui. Sehingga memudahkanmu memahami apa makna dan arti dari teknologi.

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI