Tak Hanya Kue Kering, Ini 9 Rekomendasi Kue Lebaran Basah yang Enak dan Mudah Dibuat

Diterbitkan:

Tak Hanya Kue Kering, Ini 9 Rekomendasi Kue Lebaran Basah yang Enak dan Mudah Dibuat
Ilustrasi (credit: pexels.com)

Kapanlagi.com - Kue lebaran menjadi salah satu sajian paling ikonik di hari raya Idul Fitri. Nggak hanya kue kering saja, karena ada rekomendasi kue lebaran basah yang enak dan praktis banget kalian buat.

Rekomendasi kue lebaran basah bisa jadi referensi buat kalian yang lagi bosan dengan hidangan kue kering. Selain itu dapat juga menjadi pelengkap sajian lebaran agar semakin nikmat. Kue kering lebaran memang lebih banyak diminati.

Meski begitu ada sejumlah rekomendasi kue lebaran basah yang nggak kalah nikmat. Apalagi kalian bisa membuat sendiri rekomendasi kue lebaran basah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Mau tahu apa saja rekomendasi kue lebaran basah yang enak dan mudah dibuat? Yuk langsung saja simak ulasan di bawah ini beberapa rekomendasi kue lebaran basah yang enak bahkan jadi hidangan khas saat hari raya Idul Fitri.

 

 

 

1. Prol Tape

Rekomendasi kue lebaran basah yang pertama adalah prol tape. Kalian tentunya sangat familiar dengan kue basah satu ini yang memiliki tekstur lembur dan kombinasi rasa manis asam. Terbuat dari tape singkong, prol tape bisa jadi rekomendasi kue lebaran basah yang sangat nikmat.

Prol tape memiliki aroma yang sangat khas dengan teksturnya yang ketika kalian makan akan langsung pecah di mulut. Prol tape bisa diberi dengan beberapa topping. Sebut saja mulai dari keju ataupun kismis. Sementara itu bahan utama membuat prol tape adalah tape singkong. Ada juga beberapa bahan lainnya seperti telur, gula pasir, garam, tepung terigu, susu bubuk, dan lainnya yang kemudian dipanggang dengan oven. Tertarik mencoba?

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Kue Lapis

Rekomendasi kue lebaran basah berikutnya adalah kue lapis. Kue basah satu ini sangat mudah dijumpai di pasaran. Karena kue lapis termasuk jajanan pasar yang sangat populer. Ada beragam varian kue lapis yang biasanya kita temukan. Sementara itu sesuai dengan namanya, kue lapis memiliki bentuk berlapis-lapis dengan tekstur yang kenyal dan lembut.

Di mana kue lapis termasuk sajian kue lebaran yang juga bisa masuk ke dalam list kalian. Untuk membuat kue lapis sangatlah mudah. Bahan-bahannya juga terbilang sangat umum seperti tepung beras, tepung tapioka, gula, santan, garam, daun pandan, dan aneka rasa (cokelat, strawberry, ataupun lainnya). Semua bahan tersebut bisa kalian masak lalu mencetaknya dengan loyang yang dikukus selama beberapa saat. Kalian bisa menggunakan aneka bentuk cetakan untuk membuat kudapan lebaran ini semakin menarik dan menggugah selera. Gampang banget bukan?

 

 

 

3. Brownies Kukus

Rekomendasi kue lebaran basah berikutnya adalah brownies kukus. Sesuai namanya brownies satu ini dibuat dengan cara kukus. Ya, seperti diketahui kue brownies bisa dibuat dengan dua macam cara yakni brownies panggang dan kukus.

Namun kali ini yang bisa jadi pilihan kalian adalah brownies kukus untuk sajian kue lebaran. Karena cara membuat brownies kukus ini terbilang sangat mudah bahkan praktis. Tanpa perlu oven bahkan mixer, kalian bisa bikin brownies kukus secara mudah. Toppingnya juga bisa kalian sesuaikan dengan selera mulai dari keju, buah kering, cokelat, strawberry dan lainnya. Soal rasa nggak perlu diragukan lagi bagaimana kue brownies termasuk sajian kue paling favorit yang disukai banyak orang.

 

 

 

4. Dadar Gulung

Rekomendasi kue lebaran basah selanjutnya adalah dadar gulung. Kue basah dadar gulung ini termasuk jajanan pasar yang juga sangat mudah kita temui. Sementara itu rasanya juga sangat nikmat dengan beragam variasi rasa.

Dadar gulung sendiri termasuk kue basah tradisional yang sampai sekarang masih banyak diminati. Umumnya isiannya adalah kelapa parut dan gula merah. Namun kini semakin banyak variasi menarik yang bisa kalian pilih seperti buah, cream, ataupun lainnya. Sedangkan untuk bahan-bahan dadar gulung juga mudah ditemukan seperti tepung terigu, pewarna makanan, gula pasir, garam, dan lainnya. Kalian bisa menyesuaikan dengan keinginan untuk membuat kue dadar gulung yang lezat.

 

 

 

5. Bolu Gulung

Rekomendasi kue lebaran basah berikutnya adalah bolu gulung. Bolu gulung termasuk sajian kue basah yang diminati banyak orang. Nggak hanya rasa enaknya, bolu gulung juga memiliki varian rasa yang sangat nikmat untuk disantap.

Sementara itu, bolu gulung kerap digunakan juga sebagai hidangan saat acara tertentu. Termasuk cocok kalian jadikan hidangan untuk kue lebaran. Cara membuat bolu gulung cukup simple. Bahan-bahannya sebenarnya hampir serupa dengan kue pada umumnya. Hanya saja setelah kue bolu tersebut matang dipanggang, kalian bisa mengolesinya dengan cream favorit. Lalu menggulungnya dan memotong menjadi beberapa bagian. Beberapa isian favorit yang bisa dipilih misalnya keju, buah, cokelat, butter cream, selai dan lainnya.

 

 

 

6. Sus Buah

Salah satu kue yang juga sangat enak dihidangkan untuk sajian lebaran adalah sus buah. Bentuknya yang unik dengan topping buah di atasnya menjadikan kue basah satu ini digemari banyak orang. Apalagi cara membuat sus buah juga mudah.

Di mana ada dua tahapan yang bisa kalian lakukan untuk membuat sus buah. Tahapan pertama adalah membuat cream yang dioleskan di atas kue untuk topping. Tahapan kedua membuat choux pastry yang terbuat dari tepung terigu serbaguna, telur, butter, sedikit garam lalu aduk dengan air. Kemudian pada memanggang choux pastry tersebut hingga membentuk seperti kue kering. Kemudian bisa menambahkan topping buah-buahan dan olesan cream.

 

 

 

7. Bika Ambon

Kue basah khas Medan yakni bika ambon juga dapat kalian jadikan pilihan untuk rekomendasi kue lebaran basah yang enak dan nikmat. Tentunya sebagian besar dari kalian sudah cukup familiar dengan bika ambon yang memiliki tekstur lembut, legit, serta bertekstur jaring-jaring ini.

Aromanya yang enak dan khas membuat bika ambon sangat menggugah selera. Sementara itu cara membuat bika ambon juga cukup mudah. Beberapa bahan yang diperlukan seperti tepung terigu protein sedang, air kelapa, ragi, telur, sagu, santan, daun jeruk, vanili dan lainnya bisa kalian gunakan untuk membuat bika ambon. Untuk membentuk tekstur jaring-jaring seperti sarang laba-laba kalian bisa memanggangnya di suhu 180 derajat selama lebih dari 30 menit. Kemudian diamkan di oven dengan pintu agak terbuka selama setengah jam lalu tutup lagi. Begitulah sekiranya gambaran untuk cara membuat bika ambon buat kue lebaran basah.

 

 

 

8. Chiffon Cake

Rekomendasi kue lebaran berikutnya adalah chiffon cake. Kue satu ini memiliki tekstur yang lembut serta fluffy. Sementara itu ada banyak varian chiffon cake yang bisa kalian jadikan inspirasi buat sajian lebaran. Misalnya saja chiffon cke rasa pandan, chiffon cake cokelat, keju, dan lainnya. Sejumlah topping juga bisa kalian tambahkan agar menambah rasa nikmat chiffon cake.

Sedangkan untuk bahan-bahan membuat chiffon cake misalnya saja tepung terigu, telur, gula halus, minyak sayur, susu dan lainnya. Bahan-bahan tersebut bisa dicampurkan secara bertahap lalu dipanggang selama beberapa menit. Soal rasa nggak perlu diragukan, karena chiffon cake juga banyak digemari oleh berbagai kalangan.

 

 

 

9. Lemper

Jajanan pasar yang terbuat dari bahan ketan ini juga dapat dijadikan pilihan saat lebaran. Apalagi kalau bukan lemper, sajian khas dalam sejumlah acara tersebut memang sangat nikmat. Isian ayam atau abon kombinasi ketan membuat lemper memiliki rasa gurih.

Namun kini lemper bisa divariasikan dengan banyak isian sesuai dengan selera kalian. Untuk membuatnya juga cukup mudah. Beberapa bahan di antaranya yakni beras ketan putih, santan, daun salam, serai, daun pandan, gula, garam dan lainnya. Selain itu kalian juga perlu menyiapkan daun pisang untuk membungkus lemper dan mengukusnya beberapa saat. Gampang banget bukan?

Itulah beberapa rekomendasi kue lebaran basah yang mudah dan enak banget. Semoga bisa dijadikan inspirasi untuk kue lebaran anti mainstream.

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending