Arti Tenggang Rasa Adalah Peka Terhadap Perasaan, Beserta Ciri dan Juga Manfaatnya

Diterbitkan:

Arti Tenggang Rasa Adalah Peka Terhadap Perasaan, Beserta Ciri dan Juga Manfaatnya
Ilustrasi (credit: Pexels)

Kapanlagi.com - Tenggang rasa mungkin menjadi salah satu ungkapan yang tidak umum digunakan dalam percakapan sehari-hari. Namun, apa sih arti tenggang rasa itu? Arti tenggang rasa hampir mirip dengan toleransi loh KLovers.

Ya, arti tenggang rasa adalah memberi kesempatan kepada teman atau orang lain untuk melakukan sesuatu yang baik. Atau arti tenggang rasa juga bisa menjadi sebuah perbuatan baik untuk saling menghargai.

Untuk itu, dilansir dari berbagai sumber berikut ini arti tenggang rasa beserta dengan ciri-ciri dan juga manfaat dari sikap tersebut.

 

1. Penjelasan Arti Tenggang Rasa

Secara bahasa, arti tenggang rasa adalah usaha seseorang untuk peka terhadap rangsangan saraf atau pendapat yang dilakukan orang lain. Secara konseptual, arti tenggang rasa adalah memberi kesempatan kepada teman atau orang lain untuk melakukan sesuatu yang baik.

Kemudian menghindari sikap mengganggu orang lain, tidak menyinggung perasaan orang lain, menghargai dan menjaga perasaan orang lain. Sehingga, tenggang rasa ini juga bisa menjadi sebuah sikap yang menghargai perasaan orang lain. Dan sikap ini tentu tidak merugikan.

Namun, tidak semua orang bisa memiliki sikap tenggang rasa loh KLovers. Ya, ada beberapa orang yang tidak peka atau bahkan memang sengaja tidak ingin memiliki sikap tenggang rasa ini. Sehingga, itu menjadi sebuah sikap yang buruk dan mungkin akan merugikan. Sehingga, tidak ada salahnya memiliki sikap yang baik seperti tenggang rasa ini.

Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan untuk dihargai dan dihormati, baik terhadap pikiran, perasaan, pendapat, maupun perbuatan diri kita. Kebutuhan untuk saling menghargai dan menghormati terpenuhi dengan adanya sikap tenggang rasa. Dan sikap ini akan sangat baik bila kita miliki.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Ciri-Ciri Sifat Tenggang Rasa

Nah, untuk mengetahui apakah kalian sudah memiliki sikap tenggang rasa atau belum, maka kalian harus tahu dulu ciri-ciri dari sikap tenggang rasa ini. Dan berikut ini beberapa ciri-ciri dari sikap tenggang rasa yang bisa KLovers ketahui dan juga pahami.

1. Perkataan

Ciri yang pertama dari sikap tenggang rasa yaitu, kita bisa melihatnya dari perkataan mereka. Tutur kata yang santun dan menghormati orang lain bisa terlihat dari sapaan, menggunakan gaya bahasa, hingga ekspresi yang ditunjukkan ketika berbicara dengan orang lain.

2. Perbuatan

Kemudian, ciri dari sikap tenggang rasa yang kedua yaitu bisa dilihat dari perbuatan. Ya, di alam bawah sadar, perbuatan yang kita lakukan bisa menunjukkan apakah kita memiliki sikap tenggang rasa yang tinggi atau tidak.

3. Tingkah Laku

Sama seperti perbuatan, tingkah laku kita pun bisa menunjukkan apakah kita memiliki sikap tenggang rasa atau tidak. Tingkah laku ini bisa menunjukkan bagaimana sikap kita dalam bersosialisasi. Apakah kita memiliki sikap tenggang rasa atau tidak.

4. Sosialisasi

Dan ciri yang terakhir yaitu, bisa dilihat dari kita saat bersosialisasi. Ya, sikap kita saat bersosialisasi bisa menunjukkan apakah kita memiliki sikap tenggang rasa atau tidak. Misalnya, lebih peduli dengan sekeliling dan mudah disukai.

 

3. Manfaat Memiliki Sikap Tenggang Rasa

Bukan hanya mengetahui arti tenggang rasa saja, namun KLovers juga bisa mengetahui manfaat dari sikap tenggang rasa. Ya, memiliki sikap ini tentu akan memberikan kita sebuah manfaat baik dan luar biasa. Dan berikut ini manfaat dari sikap tenggang rasa tersebut.

1. Manfaat dari sikap tenggang rasa yang pertama yaitu, terciptanya kerukunan dan kedamaian antar masyarakat.

2. Kemudian, manfaat dari sikap tenggang rasa kedua yaitu menumbuhkan perasaan kasih sayang dan kepedulian terhadap sesama manusia.

3. Lalu, manfaat dari sikap tenggang rasa adalah menciptakan suasana yang aman dan tentram dalam kehidupan yang penuh keberagaman.

4. Manfaat dari sikap tenggang rasa yaitu, menghargai perbedaan dalam kehidupan sosial.

5. Memupuk tanggung jawab pada diri sendiri untuk berusaha melindungi dan selalu membantu satu sama lain.

6. Selanjutnya manfaat dari sikap tenggang rasa yaitu, menghargai dan menghormati pilihan orang lain.

7. Lalu, manfaat dari sikap tenggang rasa adalah tidak memaksakan kehendak pada orang lain.

8. Memupuk rasa kebersamaan untuk menciptakan kerukunan dalam hidup.

9. Lalu, manfaat dari sikap tenggang rasa yaitu dapat menjadi sebuah solusi agar terjauh dari sebuah konflik.

10. Manfaat dari sikap tenggang rasa adalah mencapai sebuah tujuan bermasyarakat yang baik.

11. Sikap saling menghormati dan menghargai orang lain juga ternyata dapat membantu menumbuhkan rasa kepedulian kepada sesama.

12. Dan manfaat dari sikap tenggang rasa yang terakhir yaitu, menciptakan suasana aman dan tentram dalam lingkungan masyarakat.

Itulah arti tenggang rasa yang bisa KLovers ketahui serta pahami. Bukan hanya mengetahui arti tenggang rasa saja, namun KLovers juga bisa mengetahui ciri dan manfaat dari tenggang rasa.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending