Arti Virtual dalam Komunikasi Online, Ketahui Kelebihan dan Jenis-jenisnya

Rabu, 13 Oktober 2021 14:11 Penulis: Nurul Wahida
Arti Virtual dalam Komunikasi Online, Ketahui Kelebihan dan Jenis-jenisnya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Istilah virtual kini semakin akrab terdengar. Arti virtual adalah bentuk komunikasi secara online atau daring menggunakan sebuah aplikasi dan terhubung dengan internet. Pertemuan virtual ini memiliki banyak kelebihan yang memudahkan pengguna berkomunikasi dari jarak jauh.

Arti virtual dalam komunikasi sangat beragam. Ada yang menyebut komunikasi daring, komunikasi maya, ataupun pertemuan online melalui internet. Media untuk pertemuan virtual ini dapat menggunakan smartphone ataupun PC. Sedangkan agar bisa terhubung secara virtual, pengguna perlu menyambungkan perangkat dengan internet.

Nantinya pengguna bisa melakukan komunikasi atau pertemuan virtual melalui aplikasi. Sebut saja seperti Whatsapp, Zoom, Google Meet, Skype, Google Hangouts Meet, dan seterusnya. Ya, kemajuan teknologi memang memberi banyak kemudahan bagi masyarakat. Salah satunya arti virtual dalam komunikasi online yang bisa menghubungkan setiap orang secara jarak jauh.

Nah, selengkapnya tentang arti virtual beserta kelebihan dan jenis-jenisnya dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut arti virtual dalam komunikasi telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Apa Arti Virtual Sebenarnya?

Istilah virtual semakin populer digunakan masyarakat pada situasi pandemi covid-19. Ya, pembatasan pertemuan langsung dengan orang-orang, membuat masyarakat beralih menggunakan komunikasi secara daring.

Komunikasi secara daring, online, atau maya ini bisa disebut juga sebagai arti virtual. Sedangkan arti virtual berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki beberapa makna. Arti virtual tersebut yakni secara nyata: demokrasi dalam arti-, mirip atau sangat mirip dengan sesuatu yang dijelaskan: monopili-, serta tampil atau hadir dengan menggunakan perangkat lunak komputer, misalnya saja di internet: perpustakaan.

Sinonim arti virtual disebut juga serupa dengan 'mirip' dan 'maya'. Karena itulah, jika merujuk pada penjelasan di atas arti virtual bisa disebut juga dengan melakukan pertemuan secara online, maya, daring yang sebenarnya mirip dengan pertemuan nyata atau aslinya. Artinya, perbedaan komunikasi dengan orang lain hanya terletak pada medianya.

Sebab pada komunikasi virtual, perlu menggunakan internet dan perangkat ponsel atau PC. Sedangkan aktivitas yang dilakukan sebenarnya hampir serupa ketika kalian bertemu atau berkomunikasi secara langsung. Itulah arti virtual dalam komunikasi online, maya atau bisa disebut juga dengan komunikasi/pertemuan daring.

 

2. Jenis dan Bentuk Komunikasi atau Pertemuan Virtual

Setelah tahu arti virtual yakni komunikasi secara online menggunakan internet, ada beberapa jenis dan bentuk yang perlu kalian ketahui. Pasalnya jenis-jenis komunikasi virtual ini membantumu mengetahui maksud dan tujuan diadakannya pertemuan virtual. Nah berikut jenis-jenis komunikasi virtual.

1. Jenis-Jenis Komunikasi Virtual

- Komunikasi virtual secara formal: Jenis komunikasi ini biasanya diadakan oleh perusahaan, organisasi, instansi secara resmi. Artinya pertemuan virtual ini kerap diadakan pada acara-acara resmi dengan suatu agenda.

- Komunikasi virtual secara informal: Jenis komunikasi ini diadakan dengan maksud dan tujuan yang lebih fleksibel atau tidak terencana jika dibandingkan dengan pertemuan virtual formal.

- Komunikasi virtual kelompok: Komunikasi ini diadakan secara berkelompok dengan tujuan tertentu.

- Komunikasi virtual jaringan kerja: Komunikasi ini diadakan secara daring dengan maksud dan tujuan terkait dengan suatu pekerjaan.

- Komunikasi virtual non-formal: Komunikasi ini biasanya diadakan dengan maksud dan tujuan untuk mengakrabkan satu sama lain atau lebih pribadi.

2. Bentuk-Bentuk Komunikasi Virtual

- Video call: pengguna bisa melakukan tatap muka secara online melalui video call pada aplikasi yang menyediakan sarana ini untuk berkomunikasi. Misalnya saja Whatsapp, Google Meet, ataupun Zoom.

- Chatting: Pengguna bisa melakukan komunikasi virtual melalui media perpesanan seperti chating. Di mana kalian dapat melakukan obrolan melalui aplikasi penyedia layanan chatting agar tetap terhubung dengan orang lain dari jarak jauh. Sebut saja aplikasi tersebut yakni Whatsapp, Line, Email.

- Call: Pengguna bisa melakukan panggilan dengan orang lain secara virtual melalui nomor ponsel ataupun aplikasi seperti WA, Line, ataupun Telegram, dan seterusnya.

- Video: pengguna bisa melakukan komunikasi virtual dari rekaman video yang dibagikan kepada pengguna lain. Ini berbeda dengan video call yang mana kalian hanya bisa berbagi video saja tanpa bertatap muka secara daring.

 

3. Istilah-Istilah Komunikasi Virtual

Setelah memahami arti virtual beserta jenis dan bentuk-bentuknya, ada beberapa istilah populer dalam komunikasi virtual. Istilah populer dalam komunikasi virtual tersebut di antaranya sebagai berikut.

- Virtual Hug: Jika diterjemahkan maka artinya yakni peluk virtual (maya). Nah, sedangkan istilah ini memiliki arti yang sebenarnya hampir serupa dengan memberi rasa simpati atau support untuk lawan bicara namun secara online.

- Rapat Virtual: Istilah ini digunakan untuk suatu pertemuan atau komunikasi secara daring yang diadakan dengan tujuan memutuskan sesuatu terdiri dari sejumlah orang.

- Dunia virtual: Istilah ini digunakan untuk menyebut ruang maya atau aktivitas di internet.

4. Kelebihan Komunikasi Virtual

Ada beberapa kelebihan komunikasi virtual yang bisa dirasakan penggunanya. Nah, kelebihan komunikasi virtual ini bisa terletak pada efektivitas waktu ataupun tenaga. Selengkapnya dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini tentang kelebihan komunikasi virtual.

- Memudahkan melakukan interaksi secara jarak jauh.

- Tidak terbatas waktu, tempat, ataupun jangkauan.

- Memudahkan bertukar informasi dengan orang lain secara luas.

- Menjaga hubungan dengan orang-orang terdekat apabila tak memungkinkan untuk bertemu secara langsung.

- Menyatukan setiap orang atau menjaga kekompakan satu sama lain dalam sebuah kelompok atau komunitas.

- Lebih fleksibel dan mudah dilakukan.

- Lebih menghemat waktu dan prosesnya cepat.

Nah itulah arti virtual dalam komunikasi online beserta kelebihan dan jenis-jenisnya. Semoga dengan ulasan di atas dapat memperkaya wawasan kalian tentang arti dan makna virtual.

Sumber: liputan6.com, pakarkomunikasi.com

 

(kpl/gen/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI