Cara Trf Pulsa Tri dengan Mudah dan Praktis, Ketahui Syarat Ketentuannya Agar Tidak Gagal

Selasa, 12 Oktober 2021 15:22 Penulis: Puput Saputro
Cara Trf Pulsa Tri dengan Mudah dan Praktis, Ketahui Syarat Ketentuannya Agar Tidak Gagal
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Pulsa tak ubahnya uang yang bisa cepat sekali habis jika dipakai terus menerus. Terkadang pulsa habis di waktu yang tidak tepat, seperti ketika tanggal tua dan dompet sedang tipis-tipisnya. Namun tak perlu khawatir, sebab selain membeli, pulsa juga bisa diperoleh melalui transfer atau sering disingkat trf dari orang lain. Oleh sebab itu, penting untuk tahu cara trf pulsa 3, terkhusus bagi penggunanya.

Transfer pulsa memang sudah jadi salah satu layanan yang disediakan setiap operator seluler. Setiap provider mempunyai teknis berbagi pulsa yang berbeda-beda. Khusus untuk pengguna kartu tri, ternyata ada lebih dari satu cara yang bisa dilakukan untuk transfer pulsa. Dengan layanan ini, pengguna kartu tri bisa mengirimkan pulsa ke keluarga, sahabat, atau pacar dengan mudah dan cepat.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara trf pulsa tri yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.

1. Syarat dan Ketentuan Transfer Pulsa Tri

Transfer atau trf pulsa merupakan salah satu layanan yang bisa dimanfaatkan pengguna kartu tri dalam situasi mendesak. Meski begitu, sebelum mengakses cara trf pulsa tri, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipahami. Adapun syarat dan ketentuan untuk transfer pulsa 3 adalah sebagai berikut.

1) Pengirim dan penerima harus masih berada dalam masa aktif.

2) Nominal pulsa yang dikirim minimal RP 1000 dan kelipatannya.

3) Sisa pulsa setelah transaksi dilakukan dan ditambah biaya transaksi minimal Rp5000.

4) Biaya transfer adalah Rp400 per transaksi.

5) Transaksi transfer pulsa tidak akan menambah atau mengurangi masa aktif pengirim maupun penerima pulsa.

6) Layanan transfer pulsa hanya bisa dilakukan oleh sesama pengguna kartu tri. Dengan kata lain pengguna kartu tri tidak dapat melakukan transfer pulsa tri ke operator lain.

2. Cara Trf Pulsa Tri dengan Kode USSD

Kartu tri menyediakan dua alternatif untuk melakukan pengiriman atau transfer pulsa ke sesama penggunanya. Salah satu cara uang paling umum dilakukan untuk melakukan transfer pulsa tri adalah dengan mengakses kode USSD khusus *323#. Cara trf pulsa tri via kode USSD sangat mudah dan praktis. Kalian bisa ikuti beberapa langkah-langkahnya seperti di bawah ini.

1) Masuk ke fitur panggilan di hp kalian, lalu ketik *323#.

2) Setelah itu, muncul pilihan menu, pilih 1 KIKIPU.

3) Kemudian, masukkan nomor tujuan.

4) Masukkan juga nominal pulsa yang akan dikirim (minimal Rp 1000/kelipatannya).

5) Terakhir, pilih 'Mengirim'.

3. Cara Trf Pulsa Tri dengan Aplikasi BIMA+

Cara trf pulsa tri yang kedua bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi BIMA+. Ya, sama seperti provider lainnya, kartu tri juga merilis sebuah aplikasi khusus bernama BIMA+ yang memudahkan penggunanya melakukan berbagai transaksi. Salah satu jenis transaksi yang bisa dilakukan pengguna BIMA+ ialah transfer pulsa.

Cara trf pulsa tri dengan aplikasi BIMA+ juga tak kalah mudah dan praktis, jika dibandingkan menggunakan kode USSD. Untuk lebih detailnya, berikut cara pulsa tri dengan menggunakan aplikasi BIMA+.

1) Jika belum mempunyai aplikasi BIMA+, terlebih dahulu kalian bisa download, kemudian instal.

2) Setelah terinstal, masuk dengan mendaftarkan nomor 3 kalian.

3) Jika sudah terdaftar, kalian tinggal buka aplikasi Bima+.

4) Kemudian, pilih menu isi ulang.

5) Masukkan nomor tujuan transfer.

6) Berikutnya masukkan nominal pulsa.

7) Pilih menu "transfer".

8) Kemudian, kalian tinggal ikuti setiap petunjuk yang muncul di layar, hingga muncul pemberitahuan berisi konfirmasi, tekan "OK".

9) Masukkan kode TOTP, kemudian tekan "transfer".

4. Cara Pinjam Pulsa Tri

Selain dengan membeli dan menerima transfer pulsa, di situasi mendesak pengguna juga menggunakan fitur pinjam pulsa. Layanan pinjam pulsa bisa dilakukan dengan mengajukan pinjaman sejumlah pulsa, yang akan dibayarkan kemudian. Pembayaran berlangsung secara otomatis dengan pemotongan saat melakukan pembelian pulsa.

Khusus pengguna kartu tri, terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pinjam pulsa, yaitu lewat kode *805# atau bisa juga melalui aplikasi BIMA+. Kedua cara tersebut bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Namun, sebelum mencoba layanan ini, pengguna tahu syarat dan ketentuan yang berlaku. Adapun syarat dan ketentuan tersebut, meliputi:

1) Nomor tri Pelanggan adalah nomor Tri untuk Layanan Prabayar.

2) Nomor tri Pelanggan dalam keadaan aktif selama lebih dari 90 (sembilan puluh) hari berturut-turut dan melakukan isi ulang pulsa secara reguler.

3) Nomor tri Pelanggan telah didaftarkan atau diregistrasi dan divalidasi sesuai peraturan registrasi pelanggan yang berlaku.

4) Nominal pulsa yang bisa dipinjam dan yang akan diberikan pada pelanggan akan ditentukan oleh pihak kartu tri.

5) PT Tri Indonesia berhak, berdasarkan kebijakan dan pertimbangannya sendiri, menolak permohonan Pelanggan untuk menikmati layanan pinjam pulsa (BOS Tri).

5. Cara Cek Saldo Pulsa Tri

Untuk memastikan transaksi cara trf pulsa tri berhasil dilakukan, pengguna kartu tri bisa segera melakukan proses cek saldo pulsa. Cara cek pulsa kartu tri bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu via sms ataupun lewat kode USSD.

Melalui sms, pengguna kartu tri bisa melakukan pengecekan pulsa dengan mengetik "Info(spasi)data" kemudian kirim ke 234. Setelah terkirim, pengguna akan menerima balasan pesan berisi informasi terkait sisa pulsa, masa aktif, dan sisa kuota. Sementara, untuk cek pulsa tri dengan kode USSD, pengguna bisa menghubungi kode *111# lalu mengikuti setiap petunjuk yang muncul di layar hp.

Itulah di antaranya cara trf pulsa tri yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI