Arti Why Terjemahan Bahasa Indonesia dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat Tanya

Rabu, 03 November 2021 19:55 Penulis: Nurul Wahida
Arti Why Terjemahan Bahasa Indonesia dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat Tanya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Arti why dalam terjemahan bahasa Indonesia memiliki makna mengapa atau kenapa. Arti why termasuk jenis kata tanya dalam bahasa Inggris. Selain itu, arti why ada dalam rumus 5W + 1H.

Ada beberapa jenis kata tanya yang digunakan dalam kalimat tanya. Salah satunya kata why, seringkali dipakai dalam kalimat tanya yang fungsinya untuk menanyakan sebab atau alasan. Biasanya kata why menunjukkan suatu kondisi atau situasi untuk menjelaskan mengapa dan kenapa keadaan tersebut bisa terjadi.

Sedangkan untuk mengetahui arti why bisa kalian temui dalam kamus bahasa Inggris-Indonesia. Dari arti why tersebut, memiliki dua makna yakni mengapa dan kenapa. Tentunya bisa kalian pahami bahwa dua kata dari arti why jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia merujuk pada kata tanya penyebab serta alasan.

Nah selengkapnya tentang arti why dan terjemahan bahasa Indonesia beserta contoh penggunaannya dalam kalimat dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut arti why dan jenis kata tanya lainnya telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Arti Why Terjemahan Bahasa Indonesia

Memahami arti kata bahasa Inggris ke bahasa Indonesia tentunya penting kalian ketahui. Apalagi buat kalian yang saat ini tengah mempelajari bahasa Inggris, pastinya perlu tahu terjemahan kata bahasa Inggris ke Indonesia. Salah satu yang tidak terlewatkan adalah arti why.

Kata why sendiri seringkali digunakan dalam percakapan sehari-hari. Selain itu, arti why juga kerap dipakai dalam kalimat tanya. Pasalnya arti why termasuk salah satu jenis kata tanya yang fungsinya untuk menanyakan penyebab ataupun alasan. Karena itulah arti why begitu penting kalian pahami dalam terjemahan bahasa Indonesia.

Arti why di kamus bahasa Inggris-Indonesia memiliki arti mengapa. Selain itu arti why juga memiliki makna kenapa. Arti why dalam terjemahan bahasa Indonesia ini seringkali digunakan pada kalimat tanya yang menanyakan alasan atau penyebab suatu keadaan serta kejadian tertentu. Karena itulah arti why termasuk ke dalam rumus 5W + 1 H. Itulah arti why terjemahan bahasa Indonesia yang perlu kalian ketahui.

2. Arti Why dan Jenis Kata Tanya

Kata why termasuk ke dalam jenis kata tanya dalam bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia. Pasalnya arti why dalam terjemahan bahasa Indonesia yakni bermakna mengapa dan kenapa. Karena itulah, kata why termasuk jenis kata tanya. Mengenal kata tanya, kita tentu cukup familiar dengan rumus 5W +1 H.

Rumus ini seringkali dipakai para jurnalis untuk menggali informasi dari narasumber atau bahan berita. Tak hanya 5W + 1H, jenis kalimat tanya bahasa Inggris rupanya juga dikenal dengan rumus 8W + 1H. Di mana rumus 8W + 1H tersebut yakni:

1. What: Apa

2. Where: Di mana

3. When: Kapan

4. Why: Mengapa/kenapa

5. Which: Yang mana

6. Whose: Siapa atau Milik Siapa

7. Who: Siapa atau Siapakah

8. Whom: Siapa atau Dengan Siapa

9. How: Bagaimana, Berapa, Seberapa

Masing-masing jenis kata tanya termasuk arti why di atas juga memiliki fungsi yang berbeda. Namun pada dasarnya, rumus 8W + 1H di atas sama-sama digunakan dalam kalimat tanya. Nah, penjelasan lebih lanjut tentang fungsi dari rumus 8W + 1H yakni sebagai berikut.

1. What: berfungsi untuk menanyakan apa yang sedang terjadi atau menanyakan benda atau hal tertentu. Contohnya yakni What did your sister cook yesterday? (Apa yang kakak perempuanmu masak kemarin?)

2. Where: Berfungsi untuk menanyakan tempat atau lokasi. Contohnya yakni Where do you live? (Di mana kamu tinggal?)

3. When: Berfungsi untuk menanyakan waktu yakni kapan. Contohnya yakni When were you born? (Kapan kamu lahir?)

4. Why: Berfungsi menanyakan sebab dan alasan. Contohnya yakni Why do you cry? (Mengapa kamu menangis?)

5. Who: Berfungsi menanyakan siapa atau siapakah. Contohnya, Who is that boy? (Siapakah pria itu?)

6. Which: Berfungsi untuk menanyakan suatu pilihan tertentu. Contohnya, Which your favorite color? (Yang mana warna favorit kamu?)

7. Whose: Berfungsi menanyakan siapa atau kepemilikan siapa. Contohnya, Whose book do you read? (Buku siapa yang kamu baca?)

8. Whom: Berfungsi menanyakan siapa atau dengan siapa biasanya digunakan untuk objek bukan pelaku. Contohnya, Whom did you meet yesterday? (Siapa yang kamu temui kemarin?)

9. How: Berfungsi menanyakan runtutan peristiwa atau kejadian. Contohnya, How was the party? (Bagaimana pestanya?)

3. Arti Why dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya arti why adalah mengapa, dan kenapa. Kata why termasuk jenis kata tanya dalam bahasa Inggris. Ya, dalam pelajaran bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia, kita mengenal beberapa jenis kata tanya salah satunya why yakni mengapa. Nah, sesuai dengan arti why tersebut, contoh penggunaan kata ini biasanya dipakai dalam kalimat tanya.

Di mana fungsi kata why adalah untuk menanyakan alasan dan sebab. Misalnya saja alasan tidak masuk sekolah, alasan absen rapat, atau sebab datang terlambat, dan seterusnya. Sedangkan contoh penggunaan kata why dalam bahasa Inggris dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut arti why dan contoh penggunaannya dalam kalimat tanya.

1. Why is Bobby late? (Mengapa Bobby terlambat?)

2. Why not (Mengapa tidak?)

3. Why don't you go to school? (Kenapa kamu tidak masuk sekolah?)

4. Why always me? (Mengapa selalu aku?)

5. Why here? Let's go there. (Mengapa di sini? Ayo kita pergi ke sana.)

6. Why din you break the lamp? (Mengapa kamu memecahkan lampunya?)

7. Why did you want to cook this egg? (Mengapa kamu ingin memasak telur ini?)

8. That's why I continue to run (Inilah mengapa saya terus berlari)

9. Why, if it isn't me! (Kenapa, jika bukan aku!)

10. You leave me, why? (Kamu meninggalkan aku, kenapa?)

Itulah arti why terjemahan bahasa Indonesia yang memiliki makna mengapa atau kenapa. Semoga dengan ulasan di atas dapat membantumu memahami arti why secara mudah.

Sumber: sederet.com

(kpl/gen/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI