Bacaan Doa dan Dzikir Malam Lailatul Qadar, Amalkan di Sepuluh Malam Terakhir Ramadan

Penulis: Nurul Wahida

Diperbarui: Diterbitkan:

Bacaan Doa dan Dzikir Malam Lailatul Qadar, Amalkan di Sepuluh Malam Terakhir Ramadan
Bacaan doa dan dzikir malam lailatul qadar (credit: pixabay.com)

Kapanlagi.com - Meraih malam lailatul qadar pastinya sangat diharapkan setiap umat muslim saat bulan Ramadan. Sebab malam lailatul qadar disebut sebagai malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Namun tidak ada yang tahu pasti kapan hadirnya malam lailatul qadar, akan tetapi sepuluh malam terakhir terutama pada malam ganjil bulan Ramadan diyakini menjadi waktunya.

Malam lailatul qadar menjadi salah satu keistimewaan yang hadir pada bulan Ramadan. Keistimewaan ini tercantum dalam firman Allah SWT dalam Q.S Al-Qadr yang artinya:

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) saat Lailatul Qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah Lailatul Qadar itu? Lailatul qadar itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (Al-Qadr: 1-5)

Namun kapan datangnya malam lailatul qadar tidak ada yang tahu pasti. Hanya saja dalam sejumlah hadis telah dijelaskan tanda-tanda malam Lailatul qadar salah satunya hadir pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadan terutama malam ganjil yakni 21, 23, 25, 27, 29.

Pada saat itulah umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, berdoa, dan berdzikir dengan maksud bisa meraih malam lailatul qadar. Selain itu ada bacaan doa dan dzikir malam lailatul yang bisa kalian amalkan.

Bacaan doa dan dzikir malam lailatul qadar ini cukup mudah diamalkan terutama pada sepuluh malam terakhir Ramadan. Adapun bacaan doa dan dzikir malam lailatul qadar sebagai berikut telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

 

 

 

 

1. Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Keistimewaan malam lailatul qadar tentunya bukan rahasia lagi. Sebab itulah banyak umat muslim ingin berlomba-lomba mendapatkannya agar bisa meraih keutamaan malam lailatul qadar. Lalu apa saja sebenarnya keistimewaan malam lailatul qadar?

Untuk memahami lebih jelas tentang keistimewaan malam lailatul qadar dapat kalian simak melalui ulasan berikut ini.

1) Lebih Baik dari Seribu Bulan

Keistimewaan malam lailatul qadar yang paling istimewa adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Maka bagi setiap umat muslim yang melakukan amal kebaikan berpeluang mendapatkan pahala yang besar pada malam tersebut.

2) Malam Penuh Keberkahan

Keistimewaan malam lailatul qadar selanjutnya adalah malam penuh keberkahan. Hal ini telah dijelaskan dalam Q.S Al-Dukhan ayat 3-5 yang artinya:

"Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul." (QS. Al-Dukhan: 3-5)

3) Dibukanya Pintu Ampunan

Keistimewaan malam lailatul qadar selanjutnya adalah dibukakan pintu ampunan. Sehingga bagi setiap umat muslim yang meminta ampunan pada malam lailatul qadar, maka akan diampuni segala dosanya yang telah lalu.

4) Turunnya Malaikat ke Bumi

Pada malam lailatul qadar dalam surat Al-Qadar telah dijelaskan bahwa malaikat akan turun ke bumi atas izin Allah SWT. Untuk itulah pada malam lailatul qadar, dianjurkan memperbanyak doa, ibadah, dan dzikir.

5) Malam Penuh Kebaikan dan Kesejahteraan

Keistimewaan malam lailatul qadar berikutnya adalah malam paling mulia. Sebab ada banyak kemuliaan yang bisa diraih umat muslim di malam lailatul qadar terutama bagi mereka yang mengerjakan ibadah dan amal kebaikan dengan maksud mengharap ridho Allah SWT. Di antaranya disebutkan bahwa malam lailatul qadar adalah malam penuh kebaikan dan kesejahteraan.

 

 

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Bacaan Doa dan Dzikir Malam Lailatul Qadar

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya pada malam lailatul qadar dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, doa dan dzikir kepada Allah SWT. Nah bacaan dzikir malam lailatul qadar di bawah ini bisa kalian amalkan untuk meraih malam paling mulia di sepuluh terakhir bulan Ramadan.

Doa malam lailatul qadar.

Dalam sebuah hadis telah dijelaskan tentang doa malam lailatul qadar yang biasanya dipanjatkan Rasulullah SAW. Adapun bacaan doa malam lailatul qadar tersebut berikut ini.

"Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni'."

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha Pemaaf dan Pemurah maka maafkanlah diriku."

Sedangkan untuk bacaan dzikir malam lailatul qadar memang tidak diajarkan secara rinci terkait bacaannya. Namun kalian dapat mengamalkan dzikir berikut ini.

1) "Ash-hadu an laa ilaha illaallah, astaghfiruallah, nas-alu-ka-al-jannata, wa na-u'zubika mi-nan-nar." (dibaca sebanyak 3x)

Artinya: "Saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan aku mencari pengampunan dari Allah. Kami meminta surga bagi Anda dan mencari perlindungan Anda dari api neraka."

2) "Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa' fu 'annaa." (dibaca sebanyak 3x)

Artinya: "Ya Allah, Engkau Pengampun dan pengampun kasih, jadi maafkan aku."

3) "Laa ilaaha illallaah alhaliimul kariim, subhanallohi robbis samaawaatis sab'i wa robbil 'arsyil 'azhiim." (dibaca sebanyak 3x)

Artinya: "Tiada tuhan yang haq disembah selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Maha Pemurah. Maha Suci Allah Tuhan pemilik 7 lapis langit dan Tuhan pemilik 'Arsy yang agung."

4) Memperbanyak membaca sholawat.

Selain bacaan dzikir di atas kalian juga dapat mengamalkan bacaan dzikir lainnya untuk meraih malam lailatul qadar.

 

 

 

 

 

3. Doa Malam Lailatul Qadar untuk Memohon Ampun

Ada bacaan doa malam lailatul qadar yang bisa diamalkan dengan maksud memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa yang telah lalu. Berikut ini bacaan doa malam lailatul qadar untuk memohon ampunan.

"Rabbij'alni muqimas-salati wa min zurriyyati rabbana wa taqabbal du'a (40). Rabbanagfir li wa liwalidayya wa lil-mu'minina yauma yaqumul-hisab (41)."

Artinya: "Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami perkenankanlah doaku. Ya Tuhan kami berikanlah ampunan kepadaku dan kepada kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)." (Q.S Ibrahim : 40-41)

 

 

 

 

 

4. Doa Malam Lailatul Qadar Memohon Pertolongan

Selain memohon ampun atas segala dosa, kalian juga dapat mengamalkan doa memohon pertolongan kepada Allah SWT. Adapun bacaan doa malam laialtul tersebut sebagai berikut.

"La yukallifullahu nafsan illa wus'aha, laha ma kasabat wa 'alaiha maktasabat, rabbana la tu'akhizna in nasina au akhta'na, rabbana wa la tahmil 'alaina israng kama hamaltahu 'alallaz?na ming qablina, rabbana wa la tuhammilna ma la taqata lana bih, wa'fu 'anna, wagfir lana, war-hamna, anta maulana fansurna 'alal-qaumil-kafirin."

Artinya: "Ya Tuhan, janganlah Engkau siksa kami karena lupa atau bersalah. Ya Tuhan, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana telah Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami dalam mengalahkan orang-orang kafir." (Q.S Al Baqarah : 286)

 

 

 

 

 

5. Doa Malam Lailatul Qadar untuk Keteguhan Iman

Ada beragam doa yang bisa kalian panjatkan pada malam lailatul qadar termasuk yang paling penting adalah keteguhan iman. Adapun doa malam lailatul qadar untuk keteguhan iman sebagai berikut.

"Wa qur rabbi adkhilni mudkhala sidqiw wa akhrijni mukhraja sidqiw waj'al li mil ladungka sul?anan nasira."

Artinya: "Ya Tuhanku, masukkanlah aku secara masuk yang benar, dan keluarkanlah pula aku secara keluar yang benar. Dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan (pemimpin) yang menolong." (Q.S Al Isra': 80)

 

 

 

 

 

6. Doa Malam Lailatul Qadar untuk Meminta Rahmat Allah SWT

Adapun bacaan doa malam lailatul qadar untuk meminta rahmat Allah SWT sebagai berikut yang dapat kalian amalkan.

"Qala rabbana zalamna anfusana wa il lam tagfir lana wa tar-hamna lanakunanna minal-khasirin."

Artinya: "Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi." ( Q.S Al-A'raf: 89)

 

 

 

 

 

7. Doa Malam Lailatul Qadar untuk Meminta Petunjuk Jalan yang Benar

Berikut ini bacaan doa malam lailatul qadar yang bisa diamalkan untuk meminta petunjuk jalan yang benar. Langsung saja simak ulasannya mengenai doa malam laialtul qadar di bawah ini.

"Rabbana amanna bima anzalta wattaba'nar-rasula faktubna ma'asy-syahidin."

Artinya: "Ya Tuhan kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan telah kami ikuti rasul, karena itu masukkanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi (tentang ke-Esaan Allah)." (Q.S Ali-Imran: 53)

 

 

 

 

 

8. Doa Malam Lailatul Qadar untuk Meminta Perlindungan

Adapun bacaan doa meminta perlindungan yang dapat diamalkan pada malam lailatul qadar sebagai berikut.

"Qala rabbi inni a'uzu bika an as'alaka ma laisa li bihi 'ilm, wa illa tagfir li wa tar-hamni akum minal-khasirin."

Artinya: Nuh berkata: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari memohon kepada Engkau sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakekat)nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi." (Q.S Hud: 47)

Nah itulah bacaan doa dan dzikir malam lailatul qadar, bisa diamalkan di sepuluh malam terakhir Ramadan. Sejumlah ulasan di atas dapat menjadi referensi buat kalian tentang bacaan dzikir dan doa malam lailatul qadar.

Sumber: Liputan6.com, dalamislam.com

 

 

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending