9 Keutamaan Sholat Tahiyatul Masjid yang Istimewa, Bisa Mencerminkan Ketakwaan dan Keimanan

Jum'at, 07 Mei 2021 17:33 Penulis: Nurul Wahida
9 Keutamaan Sholat Tahiyatul Masjid yang Istimewa, Bisa Mencerminkan Ketakwaan dan Keimanan
Ilustrasi (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Menjalankan sholat lima waktu atau dikenal juga sholat fardhu menjadi ibadah wajib bagi umat muslim. Ibadah sholat tersebut dapat dikerjakan di rumah ataupun lebih utama di masjid sebab ada nilai pahala yang lebih besar. Salah satunya kalian dapat melaksanakan sholat tahiyatul masjid yang ternyata memiliki banyak keutamaan begitu istimewa.

Sholat tahiyatul masjid adalah sholat sunnah yang dikerjakan setelah memasuki masjid. Sholat ini disunnahkan untuk dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan terhadap rumah ibadah Allah SWT. Sebab itulah dalam sebuah hadis telah dijelaskan tentang sholat tahiyatul masjid yang bisa dikerjakan ketika memasuki masjid sebanyak dua rakaat serta sebelum duduk.

Sholat ini sunnah, artinya ketika dikerjakan maka ada pahala yang bisa diperoleh. Sedangkan kalaupun tidak, tidak ada dosa yang ditanggung. Namun perlu diketahui, ada beragam keutamaan sholat tahiyatul masjid yang begitu istimewa.

Salah satu keutamaan sholat tahiyatul masjid ini adalah dapat mencerminkan ketakwaan dan keimanan seorang hamba kepada Allah SWT. Bukan hanya itu saja, sebab masih ada beberapa keutamaan sholat tahiyatul masjid yang perlu kalian pahami seperti ulasan di bawah ini. Berikut keutamaan sholat tahiyatul masjid yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Mencerminkan Ketakwaan dan Ketawakalan

Keutamaan sholat tahiyatul masjid yang pertama adalah dapat mencerminkan ketakwaan dan ketawakalan seorang hamba. Seperti diketahui keimanan dan ketakwaan hendaknya dimiliki umat muslim kepada Allah SWT.

Dalam hal ini bentuk ketakwaan yang bisa ditunjukkan salah satunya adalah menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Misalnya saja menunaikan ibadah sholat wajib ataupun sunnah yang mana memiliki banyak keutamaan luar biasa.

Salah satu sholat sunnah yang mencerminkan ketakwaan adalah sholat tahiyatul masjid. Sebab dengan menjalankan sholat sunnah ini, dapat membuktikan kesungguhan diri melaksanakan perintah Allah SWT dan sunnah Nabi SAW dengan maksud mendekatkan diri kepada-NYA. Untuk itulah tidak ada salahnya menunaikan sholat tahiyatul masjid sebelum melaksanakan ibadah sholat wajib di rumah ibadah Allah SWT.

 

2. Cara Memuliakan Masjid

Masjid adalah rumah ibadah umat muslim yang penting untuk selalu dihidupkan dan dimuliakan. Salah satunya ketika kalian memilih menjalankan sholat wajib di masjid, maka terlebih dahulu dapat melaksanakan sunnah Rasulullah SAW yakni sholat tahiyatul masjid.

Sholat tahiyatul masjid termasuk salah satu cara memuliakan rumah ibadah Allah SWT. Ini sama dengan bentuk penghormatan kepada Allah SWT sebagai Tuhan satu-satunya yang disembah.

Melansir dari liputan6.com, Imam Nawawi rahimahullaah mengatakan,

"Sebagian mereka (ulama) mengungkapkannya dengan Tahiyyah Rabbil Masjid (menghormati Rabb -Tuhan yang disembah dalam- masjid), karena maksud dari sholat tersebut sebagai kegiatan taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah, bukan kepada masjidnya, karena orang yang memasuki rumah raja, ia akan menghormat kepada raja bukan kepada rumahnya." (Hasyiyah Ibnu Qasim: 2/252)

 

3. Amalan Penyempurna Sholat Wajib

Keutamaan sholat tahiyatul masjid selanjutnya adalah termasuk amalan penyempurna ibadah sholat wajib. Sebab mungkin saja saat menjalankan sholat wajib, ada hal-hal yang kurang sempurna sehingga dapat mengurangi kesempurnaan pahala sholatnya.

Untuk itulah umat muslim bisa menutupi ketidaksempurnaan pahala sholat wajib tersebut dengan menjalankan sejumlah ibadah sunnah. Salah satunya yakni dengan sholat tahiyatul masjid. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Q.S Al-Baqarah ayat 184 yang artinya,

"Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya." (QS. Al-Baqarah : 184)

Begitu pula pada hadis Nabi SAW yang menjelaskan tentang amalan penyempurna sholat sebagai berikut seperti dilansir dari brilio.net,

"Sesungguhnya amalan yang pertama kali dihisab pada manusia di hari kiamat nanti adalah sholat. Allah 'azza wa jalla berkata kepada malaikat-Nya dan Dia-lah yang lebih tahu, "Lihatlah pada sholat hamba-Ku. Apakah sholatnya sempurna ataukah tidak? Jika sholatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun jika dalam sholatnya ada sedikit kekurangan, maka Allah berfirman: Lihatlah, apakah hamba-Ku memiliki amalan sunnah. Jika hamba-Ku memiliki amalan sunnah, Allah berfirman: sempurnakanlah kekurangan yang ada pada amalan wajib dengan amalan sunnahnya." Kemudian amalan lainnya akan diperlakukan seperti ini." (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, Ahmad)

 

4. Penghapus Dosa

Keutamaan sholat tahiyatul masjid yang begitu istimewa selanjutnya adalah dapat menjadi ibadah sunnah penghapus dosa. Dalam hal ini ketika melaksanakan sholat tahiyatul masjid, maka bisa dikatakan sama dengan memperbanyak sholat atau sujud kepada Allah SWT. Sehingga dengan memperbanyak sujud inilah maka dapat menjadi salah satu amalan penghapus dosa.

"Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak sholat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu'." Lalu Ma'dan berkata, "Aku pun pernah bertemu Abu Darda' dan bertanya hal yang sama. Lalu sahabat Abu Darda' menjawab sebagaimana yang dijawab oleh Tsauban padaku." (HR. Muslim no. 488)

 

5. Jadi Pribadi Semakin Bersyukur

Mensyukuri apa yang dimiliki dalam hidup ini penting kalian lakukan untuk memperoleh kehidupan yang tenang dan damai. Salah satu keutamaan sholat tahiyatul masjid ternyata dapat membantu kalian agar jadi pribadi yang semakin bersyukur. Hal ini telah dijelaskan dalam hadis Rasulullah sebagai berikut seperti melansir dari liputan6.com,

"Semasa hidup Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pada setiap malamnya selalu mengerjakan sholat sunnah hingga kaki beliau bengkak. Dalam sebuah hadis diriwayatkan, ketika istri beliau Aisyah melihatnya, Aisyah bertanya: bukankah Allah SWT telah mengampuni semua dosamu yang telah terjadi dan juga yang akan datang? Kemudian Nabi menjawab dan berkata:, Tidak bolehkah aku menjadi hamba yang banyak bersyukur (kepada Allah)?" (HR. Bukhari, Muslim)

 

6. Dijauhkan dari Masalah Hidup

Keutamaan sholat sunnah tahiyatul masjid berikutnya adalah dapat dijauhkan dari masalah hidup. Sebab sholat tahiyatul masjid termasuk sholat sunnah yang bisa membantu seorang hamba merasakan tenang dan jauh dari perasaan resah. Ini sesuai degan hadis yang  berbunyi sebagai berikut dilansir dari liputan6.com,

Dalam hadis Qudsi, Allah telah memerintahkan kepada manusia agar mengerjakan sholat-sholat sunnah dengan niat hanya karena Allah semata, yang dimulai dari sejak awal hari paling sedikit empat rakaat, maka Allah akan memberikan kecukupan kepadanya. (Sunan Ad-Darimi; Musnad Ahmad)

 

7. Sholat Jadi Amalan Paling Utama

Seperti ulasan sebelumnya, sholat adalah amalan pertama yang dihisab di hari akhir kelak. Sehingga menjaga ibadah sholat wajib atau bahkan sunnah bisa kalian lakukan agar tidak menjadi seorang hamba yang merugi. Keutamaan sholat tahiyatul masjid sendiri salah satunya termasuk amalan baik yang bisa dikerjakan.

Tsauban berkata jika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Beristiqamahlah kalian dan sekali-kali kalian tidak dapat istiqomah dengan sempurna. Ketahuilah, sesungguhnya amalan kalian yang paling utama adalah sholat. Tidak ada yang menjaga wudhu melainkan ia adalah seorang mukmin." (HR. Ibnu Majah no. 277 dan Ahmad 5: 276. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadis ini shahih)

 

8. Anjuran untuk Dikerjakan

Keutamaan sholat tahiyatul masjid berikutnya adalah termasuk menjalankan sunnah Rasulullah SAW. Bahkan dalam sebuah hadis disebutkan sholat tahiyatul masjid dianjurkan untuk dikerjakan setelah memasuki masjid. Adapun bunyi hadisnya sebagai berikut,

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Sesungguhnya di antara tanda-tanda dekatnya kiamat adalah seseorang melalui (masuk) masjid, namun tidak melakukan sholat dua rakaat di dalamnya." (HR. Ibnu Khuzaimah dalam Shahihnya)

 

9. Menjadi Orang yang Beriman

Keutamaan sholat tahiyatul masjid berikutnya adalah menjadi orang yang beriman. Sebab dengan menjalankan sholat, maka menjadi pribadi yang semakin dicintai Allah SWT bahkan disebutkan dapat menjadi wali Allah SWT. Melansir dari liputan6.com, adapun penjelasan tentang keutamaan ini sebagai berikut.

"Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa." (QS. Yunus: 62-63)

Nah itulah 9 keutamaan sholat tahiyatul masjid yang istimewa. Salah satunya adalah bisa mencerminkan ketakwaan dan keimanan.

Sumber: Liputan6.com, brilio.net

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI