Bacaan Doa Sholat Dhuha Beserta Arti, Pahami Juga Tata Cara Agar Mendapat Keutamaannya

Selasa, 13 April 2021 14:11
Bacaan Doa Sholat Dhuha Beserta Arti, Pahami Juga Tata Cara Agar Mendapat Keutamaannya
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Sholat merupakan salah satu ibadah wajib dikerjakan oleh setiap umat muslim. Bahkan, sholat disebut sebagai amalan yang akan pertama dihisab di akhirat kelak. Selain sholat wajib, ada pula beberapa sholat yang hukumnya sunnah, salah satunya sholat dhuha. Sebagai muslim, sudah semestinya kita mengetahui tata cara dan doa sholat dhuha.

Sholat dhuha merupakan sholat yang dikerjakan pada waktu dhuha atau menjelang siang hari, sekitar pukul sembilan pagi. Meski hukumnya sunnah, pahala dan kebaikan sholat dhuha tidak bisa disepelekan. Bahkan, sholat dhuha disebut-sebut bisa membuka pintu rezeki lebih lebar.

Selain membuka pintu rezeki, masih ada banyak manfaat atau keutamaan yang dibawa ibadah sunnah ini. Oleh karena itu, sudah semestinya kita mengetahui tata cara serta doa sholat dhuha. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut doa dan tata cara sholat dhuha yang mudah untuk dipahami serta dipraktikkan.

 

1. Dalil Sholat Dhuha

Sholat dhuha merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan langsung oleh Rasulullah SAW. Hal ini seperti yang disampaikan beliau dalam salah satu hadis yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim. Hadis tersebut berbunyi:

"Kekasihku Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam mewasiatkan kepadaku dengan tiga perkara. (1) puasa tiga hari dari setiap bulan, (2) dua rakaat sholat Dhuha, dan (3) agar aku sholat witir sebelum tidur."

Berdasarkan hadis tersebut, sholat dhuha dua rakaat dipandang sebagai suatu amalan mulia. Bahkan, sholat dhuha juga disejajarkan dengan amalan mulia lain seperti puasa tiga hari dalam sebulan. Di samping itu, dalam salah satu hadisnya yang lain Rasulullah SAW juga menyamakan pahala sholat dhuha dengan haji dan umrah. Hadis tersebut di antaranya, berbunyi sebagai berikut.

"Barangsiapa yang melaksanakan sholat subuh secara berjamaah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan sholat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh." (HR. Tirmidzi).

 

2. Tata Cara Pelaksanaan Sholat Dhuha

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, sholat dhuha dikerjakan pada waktu pagi jelang siang hari. Sholat dhuha bisa dikerjakan dalam beberapa rakaat, seperti 2 rakaat, 4 rakaat, 8 rakaat, dan 12 rakaat.

Tata cara sholat dhuha dua rakaat secara umum sama halnya dengan sholat pada umumnya. Sementara, tata cara sholat dhuha 4, 8, 12 rakaat juga dilakukan tak jauh berbeda, dengan ketentuan salam setiap selesai dua rakaat.

Namun tak sepenuhnya sama, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, khususnya dalam hal niat. Selain itu dianjurkan untuk membaca surah Ad Dhuha sebagai bacaan surat pendek rakaat pertama, dan surah As Syams pada rakaat kedua.

 

3. Niat Sholat Dhuha

Niat jadi satu hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan ibadah sholat dhuha. Pasalnya sama seperti, sholat atau ibadah lain niat sholat dhuha berbeda dengan sholat lainnya. Begitu pula, bacaan niat doa sholat dhuha sebagai imam dan makmum jika dikerjakan secara berjamaah. Berikut bacaan niat sholat dhuha.

1) Bacaan Niat Sholat Dhuha Sendirian (dua rakaat):

Usholli sunnatadh dhuhaa rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahi ta'aalaa

Artinya:

"Aku niat sholat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta'ala."

2) Bacaan Niat Sholat Dhuha Jamaah (dua rakaat) sebagai imam:

Usholli sunnatadh dhuhaa rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa'an imaaman lillahi ta'aala

Artinya:

"Aku niat sholat sunnah dhuha dua rokaat dengan menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala."

3) Bacaan Niat Sholat Dhuha Jamaah (dua rakaat) sebagai makmum:

Usholli sunnatadh dhuhaa rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa'an makmuuman lillahi ta'aala

Artinya:

"Aku niat sholat sunnah dhuha dua rokaat dengan menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta'ala."

 

4. Doa Sholat Dhuha

Bagian lain yang membedakan sholat duha dan sholat lain adalah doa setelahnya. Untuk mendapatkan keutamaan dan manfaat kebaikan, akan lebih baik jika membaca doa sholat dhuha setelah ibadah tersebut selesai dilakukan. Bacaan doa sholat dhuha akan membuat ibadah makin lengkap dan sempurna.

Berikut bacaan sholat dhuha beserta dengan artinya:

Allahumma innadhdhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal 'ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqii fissamma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu'siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba'idan fa qoribhu, bihaqqidhuhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita 'ibaadakash shoolihiin."

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih."

Itulah diantaranya tata cara dan doa sholat dhuha yang penting untuk setiap umat muslim ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa menambah keimanan kita sebagai seorang muslim. Amiin.

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI