Asteroid Sebesar Gedung Pencakar Langit Bakal Lintasi Bumi

Senin, 02 September 2019 08:00 Penulis: Canda Permana
Asteroid Sebesar Gedung Pencakar Langit Bakal Lintasi Bumi
Asteroid Omuamua. ©2017 Merdeka.com


Kapanlagi Plus - Sudah memasuki bulan September dan dikabarkan pada tanggal 14 September 2019 nanti akan ada Asteroid yang bakal melintasi Bumi. Asteroid tersebut telah memiliki ukuran diameter sebesar gedung pencakar langit.

Gedung pencakar langit merupakan gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa di Dubai. Dilansir dari Merdeka.com bahwasannya diameter Asteroid nantinya memberikan 290 hingga 650 meter atau bisa disebut dengan 2.132 kaki. Nasa juga mengidentifikasi Asteroid yang dimaksud sebagai 2000 QW7.

 

1. Tak Berpotensi Bahaya

Nah, dengan informasi yang sama Asteroid nantinya akan meluncur dengan kecepatan 14.361 mil per jam. Kendati jarak terdekatnya dengan bumi bakal melintas adalah 3.312.944 mil.

Tak hanya itu, para Astronom percaya bahwa Asteroid tak berpotensi bahaya meski akan melintasi bumi. Hal tersebut sudah dilacak oleh Pusat Studi Benda-Benda di Dekat Bumi Nasa melansir dari Merdeka.com.

2. Sudah Diketahui Bulan Juni

Terjadinya Asteroid yang bakal melintasi bumi ini sudah diketahui pada bulan Juni lalu oleh para astronom University of Hawaii dengan menggunakan teleskop Atlas.

Lebih lanjut, Asteroid bernama 2019 MO ini sangat dekat dengan bumi yang jaraknya hanya 301 ribu mil dari Bumi. Selain itu sekedar informasi dari skala 0 Asteroid "tidak akan (bertabrakan)" dan sebaliknya skala 4 "ada kemungkinan bertabrakan" menurut penelitian Analis Software di Jet Propulsion Laboratory NADA.

3. Dibantu Teleskop Pan-Starr

Ilmuwan tak kehilangan akal, mereka telah dibantu oleh teleskop Pan-Starr untuk mengetahui proses Asteroid tersebut.

Teleskop Pan-Starr ini sangat membantu para ilmuwan bahwa bagaimana bisa mendeteksi Asteroid akan meluncur ke arah mana dan juga mengetahui Asteroid bakal bisa menabrak Bumi.

Sumber: Merdeka.com

(kpl/mdk/CDP)

Editor:

Canda Permana



MORE STORIES




REKOMENDASI