Baru Berumur 20-an Sudah Muncul Tanda Kebotakan? 7 Bahan Alami Ini Akan Bantu Mengatasinya

Kamis, 25 November 2021 11:21 Penulis: Jeffrey Winanda
Baru Berumur 20-an Sudah Muncul Tanda Kebotakan? 7 Bahan Alami Ini Akan Bantu Mengatasinya
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Hadirnya rambut sebagai mahkota tentu saja akan membuat penampilan menjadi lebih menawan. Mulai dari styling hingga coloring jadi salah satu hal yang dilakukan untuk membuat rambut jadi lebih indah.

Namun momen menyebalkan muncul ketika tiba-tiba rambut rontok. Lebih jauh lagi, di usia 20-an pun juga sudah muncul tanda-tanda kebotakan. Selain faktor genetis, kebotakan di usia 20-an juga turut dipengaruhi oleh nggak cocoknya produk perawatan hingga stress level tinggi.

Nggak perlu khawatir jika mulai muncul tanda kebotakan, KLovers! 7 bahan alami ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gejala kebotakan tersebut. Apa saja?

1. Masker Telur

Meski masker telur terlihat amis jika dibayangkan, namun kandungan protein di dalamnya ampuh untuk mengatasi kebotakan. Masker telur berfungsi sebagai penumbuh rambut secara alami dan tanpa efek samping. Penggunaan masker telur secara berkala juga akan membuat rambut lebih berkilau dan nggak kusam.

2. Minyak Zaitun

Kandungan vitamin E dan kaya akan antioksidan menjadikan minyak zaitun sebagai bahan alami yang baik untuk pertumbuhan rambut. Oleskan minyak zaitun semalaman dan cuci dengan sampo pada keesokan harinya. Lakukan secara berkala untuk mengembalikan kekuatan rambut sekaligus menghindarkannya dari kebotakan.

3. Air Perasan Lemon

Agar mencegah kebotakan semakin menyebar, rambut perlu rangsangan agar pertumbuhannya optimal serta memperbaiki kualitas helainya. Cara alami yang bisa dilakukan yaitu dengan air perasan lemon ke kulit kepala serta rambut. Diamkan selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air agar merangsang pertumbuhan rambut.

4. Cuka Apel

Salah satu penyebab kebotakan adalah penyumbatan kulit tempat tumbuhnya rambut atau biasa disebut sebagai folikel. Menyumbatnya folikel bisa membuat rambut kehilangan minyak alami dan menumpuknya bakteri. Untuk mengatasinya, bilas kulit kepala dengan campuran cuka apel dan air. Cara ini akan membuka pori-pori dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

5. Lidah Buaya

Sudah jadi rahasia umum jika lidah buaya mengandung banyak manfaat untuk rambut dan kulit. Aloe vera mampu menenangkan kulit kepala yang rusak serta menumbuhkan sel-sel rambut. Cara penggunaannya pun mudah. Iris lidah buaya, ambil gelnya dan oleskan langsung ke kulit kepala.

6. Minyak Kelapa

Kandungan asam lemak dalam minyak kelapa juga ampuh dalam mengatasi kebotakan. Jika kamu memiliki tipe rambut berminyak, gunakan minyak kelapa di malam hari atau beberapa jam sebelum keramas. Namun jika tipe rambutmu kering, gunakan sebagai minyak rambut tanpa dilanjutkan dengan keramas.

7. Teh Hijau

Banyak yang berlum mengetahui jika teh hijau mengandung senyawa alami yang mampu mencegah kerontokan rambut. Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau bisa merangsang pertumbuhan folikel rambut sehingga membuatnya lebih kuat. Oleskan seduhan teh hijau yang sudah dingin pada kulit kepala secara merata.

Ucapkan selamat tinggal pada kebotakan di usia 20-an. Beragam bahan tersebut akan mampu mengatasi kerontokan penyebab kebotakan dan membuat mahkotamu bersinar kembali.

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI