Beda Cara Simpan THR Dulu dan Sekarang, Mana yang Paling Menguntungkan?

Selasa, 07 April 2020 07:00 Penulis: Wuri Anggarini
Beda Cara Simpan THR Dulu dan Sekarang, Mana yang Paling Menguntungkan?
(c) shutterstock

Kapanlagi Plus - Ramadan merupakan bulannya berkah, bukan hanya jadi momen yang tepat untuk meningkatkan pahala tapi juga menambah pundi-pundi uang. Turunnya tunjangan hari raya alias THR diakui bikin dompetmu makin tebal. Masih ingat pertama kali menerima THR? Bahagia tak terkira, kan? Kalau kamu sadari, ternyata ada perbedaan antara cara menyimpan THR dulu dan sekarang, lho.

Simpan THR dalam Bentuk Baju Lebaran

Selama ini, Hari Raya Lebaran sering dikaitkan dengan anggapan terlahir kembali dengan hati yang bersih. Ini sering ditampilkan dengan baju baru, bahkan tak jarang yang memperbarui penampilannya dari head to toe.

Kini, kebutuhan untuk membeli baju baru sedikit tergantikan dengan kreatifnya memadupadankan basic fashion item yang sudah dimiliki. Berbekal inspirasi OOTD dari selebgram idola misalnya, penampilanmu nggak kalah mempesona, kok.

Godaan Diskon

Mendekati Lebaran, bukan hanya THR saja yang datang menyapa tapi juga godaan diskon yang bertebaran. Selain membeli baju baru, nggak sedikit yang akhirnya memilih membeli gadget terbaru bahkan mencicil kendaraan pribadi yang sengaja dibawa mudik ke kampung halaman.

Kini, lebih banyak yang memilih berbelanja secara online, karena dianggap lebih praktis. Apalagi dengan adanya Tokopedia , ada berbagai kebutuhan Lebaran yang bisa dibeli dengan harga miring. Jangan sampai kelewatan.

Buat Traveling

THR memang membantu banget apalagi buat mereka yang punya rencana untuk mudik ke kampung halaman. Apalagi tarif angkutan umum yang melonjak jelang hari raya, bikin THR jadi tersedot habis. Kini, biaya transportasi bisa ditekan dengan mencari tiket jauh-jauh hari saat tarifnya masih terjangkau. Jangan lupa juga untuk mememanfaatkan promo, baik dalam bentuk potongan harga atau cashback untuk menghemat pengeluaran.

Oleh-Oleh untuk Keluarga di Kampung Halaman

Perjalanan mudik bukan hanya identik dengan kepadatan lalu lintas atau kerumunan orang yang mengantri untuk menggunakan transportasi umum, tapi juga barang-barang yang dibawa ke kampung halaman. Selain dijadikan oleh-oleh untuk para keluarga di rumah, bahkan nggak sedikit yang memanfaatkannya untuk menaikkan gengsi di mata keluarga besar atau kerabat.

Kini, cara yang lebih praktis ditempuh dengan mengirimkan barang-barang terlebih dahulu ke kampung halaman. Bukan hanya hemat tenaga dan waktu, tapi juga menekan biaya kirim sehingga dapat menghemat THR.

Tabungan dan Investasi

Dulu, THR dianggap sebagai dana segar yang bisa langsung dihabiskan untuk berbagai keperluan Lebaran, seperti mudik atau baju baru. Namun kini semakin banyak yang melek finansial dan memilih untuk merencanakan anggaran dengan lebih cermat. Selain untuk zakat dan konsumtif, jangan lupa sisihkan sebagian dana THR untuk ditabung dan dinvestasikan, salah satunya dengan reksadana.

Jika dilihat dari perbedaan cara menghabiskan dan menyimpan THR, nggak bisa dipungkiri kalau zaman now dianggap lebih menguntungkan. Pasalnya, dana THR bisa dihemat dan dimasukkan ke dalam tabungan atau diinvestasikan, sehingga memberikan jaminan bagi masa depan. Untuk memulai kebiasaan baik ini, #MulaiAjaDulu di Tokopedia untuk pilihan investasi yang menguntungkan.

Selain itu, jangan lupa penuhi semua kebutuhan Ramadan di Tokopedia. Serta nikmati berbagai promo Ramadhan, hadiah dan penawaran menarik lainnya mulai 1 April-13 Mei 2020. Jangan lupa top up OVO, karena dengan OVO transaksi belanja online jadi lebih praktis!

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI