Berada di Lombok, Presiden Jokowi Mengimami Shalat Maghrib di Mushala Darurat

Selasa, 14 Agustus 2018 18:01 Penulis: Sanjaya Ferryanto
Berada di Lombok, Presiden Jokowi Mengimami Shalat Maghrib di Mushala Darurat
Presiden Jokowi © Instagram @jokowipedia


Kapanlagi Plus - Presiden Jokowi berkunjung ke Lombok untuk memantau para pengungsi korban dari bencana gempa yang terus melanda Lombok. Diketahui jika akibat bencana ini, sedikitnya 436 korban jiwa meninggal dan korban luka sekitar 1300 orang.

Sesampainya di Lombok, beliau langsung mengunjungi tempat pengungsian korban gempa di Lombok Utara. Dusun Karangkates menjadi salah satu yang dikunjungi Jokowi, karena merupakan salah satu kawasan yang mengalami dampak gempa terparah.

Presiden Jokowi tiba di lokasi jelang waktu salat Magrib. Sempat mengobrol dengan pengungsi dan menghibur anak-anak, dirinya lalu memimpin shalat Maghrib berjamaah di mushala darurat.

1. Presiden Jokowi Beri Bantuan Korban

"Sudah hampir petang kemarin, ketika saya tiba di Dusun Karangkates, Kecamatan Gangga di Lombok Utara. Saya sempat mengobrol dengan warga dan menghibur anak-anak di tenda pengungsian. Salat Magrib bersama warga digelar di musala darurat berupa tenda beratap terpal dan berdinding plastik," tulis Jokowi dikutip dari akun Facebook Presiden Joko Widodo Selasa (14/8).

Presiden Jokowi mengatakan jika pemerintah akan memberikan bantuan uang untuk merenovasi rumah yang terkena dampak gempa. Terdapat 2 kategori kerusakan yang akan mendapatkan bantuan.

Kategori pertama yaitu kerusakan berat yang akan mendapatkan bantuan sebesar 50 juta. Yang kedua yaitu kategori sedang yang akan mendapatkan bantuan sebesar 25 juta.

2. Sabyan Gelar Lelang Barang Untuk Bantu Korban Lombok

Bencana gempa di Lombok yang terjadi belakangan ini menjadi perhatian seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Akibat gempa yang terjadi beberapa hari di Lombok membuat puluhan warga meninggal dan ratusan lainnya harus mengungsi karena kehilangan tempat tinggal.

Saat ini seluruh mata masyarakat Indonesia pun tertuju ke Lombok untuk memberikan perhatian dan bantuan. Grup musik Sabyan Gambus pun tak ketinggalan ikut berkontribusi menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Lombok. Bekerja sama dengan Dauky Fashion Hijab, Sabyan Gambus melakukan lelang pakaian yang hasilnya bakal disumbangkan untuk korban gempa Lombok.

"Penggalangan dana itu untuk lombok bersama Dauky. Jadi ada baju, jaket, sepatu yang kami tanda tangani lalu dilelang di situsnya Dauky. Nanti semua hasilnya kami sumbangkan ke Lombok," ungkap Nissa Sabyan saat launching website Dauky di Kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Jum'at (10/8).

3. Nissa Sedih Melihat Korban Gempa

Ditanya soal target hasil lelang yang disumbangkan, Nissa mengaku tak mau bicara masalah angka. Menurutnya, berapapun angka rupiah yang akan disumbangkan bukanlah hal utama. Yang terpenting dirinya bersaman Sabyan Gambus ikhlas memberikan bantuan.

"Berapanya kami gak tahu. Yang penting kami ikhlas membantu," ucap Nissa.

Sama seperti yang lainnya, Nissa mengaku sedih dan prihatin ketika mendengar kabar tentang gempa Lombok yang memakan banyak korban. Terlebih, Sabyan Gambus memiliki teman di Lombok yang juga terkena bencana. Selain memberikan bantuan berupa barang, Sabyan Gambus diwakili oleh Nissa memberikan doa dan harapan untuk warga Lombok yang terkena musibah.

"Kami cukup sedih ya, karena di sana ada teman kita juga. Kita sempat tanya2 sama temen disana. Semoga ke depannya masih baik-baik aja," tandasnya.

(kpl/frs)



MORE STORIES




REKOMENDASI