Berhasil Turunkan Berat 103 Kg, Arya Permana Jalani Operasi Pembuangan Kulit

Selasa, 30 Juli 2019 12:45 Penulis: Rezka Aulia
Berhasil Turunkan Berat 103 Kg, Arya Permana Jalani Operasi Pembuangan Kulit
Arya berhasil turunkan 100 kg berat badan. © Liputan6.com/Huyogo Simbolon - Merdeka


Kapanlagi Plus - Sempat viral karena bobot tubuhnya yang over, kini Arya Permana kembali menyita perhatian publik. Bocah 13 tahun asal Karawang ini sebelumnya telah melakukan penyesuaian pola makan dan berhasil menurunkan berat badan. Namun kini ia akan melakukan operasi bedah plastik untuk menghilangkan kulit berlebihan yang dimiliki.

Lima hari sejak operasi dilakukan pada Rabu (24/7), Arya kini dizinkan pulang. Tim dokter RS Hasan Sadikin Bandung mengembalikan Arya yang kini kondisinya jauh lebih stabil. 

1. Belum Bisa Sekolah Lagi

Namun meski demikian tak lantas Arya langsung kembali ke sekolah. Ade Soemantri, orangtua Arya mengatakan anak mereka akan berada di rumah sampai luka di lengannya itu sembuh.

"Nanti keluarga koordinasi dengan sekolah untuk kegiatan belajarnya selama perawatan di rumah," kata Ade ditemui di RSHS Bandung, Senin (29/7/2019) dilansir dari Liputan6.

2. Bedah Plastik Tahap Pertama

Bedah plastik ini dilakukan untuk membuang sisa kulit bergelambir di lengan Arya. Operasi dilakukan bertahap untuk membuang kelebihan kulit Arya. Sebelumnya Arya memiliki berat badan 192 kilo, kini ia telah menurunkan lebih dari 100 kg. Akibatnya ia memiliki cukup banyak sisa kulit yang bergelambir.

"Saya perhatikan Arya sangat senang. Pas dibuka tutup di bagian tangannya itu sudah mengecil, dia senang," lanjut orangtua Arya.

Target berat badan ideal Arya harus setidaknya di bawah 60 kilogram. Meski belum mencapai angka itu, Arya kini sudah lebih mudah beraktivitas. Diet yang dilakukan Arya dipantau oleh sejumlah dokter.

Sumber: Liputan6/Huyugo Simbolon

(kpl/lip/rna)

Editor:

Rezka Aulia



MORE STORIES




REKOMENDASI