Bukti Bila Anies Baswedan Pernah Diberi Penghargaan PM Jepang

Sabtu, 21 Januari 2017 04:12 Penulis: Iwan Tantomi
Bukti Bila Anies Baswedan Pernah Diberi Penghargaan PM Jepang
© merdeka.com/ Muhammad Luthfi Rahman

Kapanlagi Plus - Sepanjang karirnya sebagai akademisi Anies Baswedan berulang kali menerima penghargaan. Bukan saja tingkat nasional, melainkan juga internasional. Salah satu penghargaan yang mungkin tak pernah dilupakan Anies adalah Nakasone Yasuhiro Award.

Anies menerimanya pada Juni 2010. Penghargaan tersebut diambil dari nama Perdana Menteri Jepang era 27 November 1982 sampai 6 November 1987. Tak lain dan tak bukan adalah Yasuhiro Nakasone.

Lebih membanggakannya lagi, Anies menerima penghargaan tersebut langsung dari Yasuhiro Nakasone. Sebagai informasi, Nakasone Yasuhiro Award hanya diberikan kepada orang-orang yang dianggap visioner.

Secara lebih jelas, yang dimaksud visioner di sini adalah mereka yang sanggup membawa perubahan dan memiliki daya dobrak. Tujuannya untuk mencapai abad 21 yang lebih cerah.

Nah, Anies dipandang sebagai salah satu sosok visioner tersebut, khususnya bagi perkembangan Indonesia. Selain Anies, beberapa orang Indonesia yang pernah menerima penghargaan ini adalah Rizal Sukma yang merupakan peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia. Juga dekan Institut Seni Indonesia Denpasar saat itu, Wayan Karna.

(kpl/tmi)

Editor:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI