Dukung Koki Kampung, Anies Baswedan Harap Makanan Betawi Bisa Go Internasional

Jum'at, 01 April 2022 16:49 Penulis: Helmi Romadhon
Dukung Koki Kampung, Anies Baswedan Harap Makanan Betawi Bisa Go Internasional
Anies Baswedan © Istimewa


Kapanlagi Plus - Koki Kampung, perkumpulan kecil koki dan juru masak Indonesia menggelar kompetisi memasak. Lomba memasak dengan moto ‘Anak Kampung Juga Bisa Masak' ini diselenggarakan 3 hari yakni dari 28 hingga 31 Maret 2022 di Balai Condet/Gedung Kesenian Condet, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Fajar Alam sebagai penggagas ditemani oleh, Siska Master Chef, dan Trendy Wijaya Master Chef duduk sebagai juri di kompetisi ini. Ketiganya ingin memberikan kesempatan dan ruang untuk mereka yang jago masak di perkampungan, dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1443 H.

"Karena temanya masakan legendaris Betawi, jadi kami selaku Juri dan para peserta nanti wajib memakai pakaian Betawi disaat lomba," Ujar Fajar Alam Setiabudi.

1. Dihadiri Anies Baswedan

Lomba memasak ini akan memperebutkan sejumlah hadiah menarik, antara lain booth usaha serta peralatan memasak yang sesuai standar dalam memasak. Usut punya usut, lomba yang mengangkat tema masakan Betawi ini juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Kehadirannya untuk mendukung keberlangsungan acara. 

"Masakan adalah sebuah produk yang punya potensi besar dan sangat mudah masuk ke berbagai negara untuk dikembangkan dan dipasarkan," ujarnya.

2. Harapan Anies Baswedan

Anies berharap Koki Kampung ini bukan hanya sekedar lomba yang hanya mencari juara, namun tentunya dapat membawa karya budaya ke jenjang global. Ia juga berharap Jakarta bisa menjadi  pintu gerbang Indonesia ke kancah internasional untuk mengangkat budaya asli Jakarta atau Betawi terutama bidang kuliner.

Adapun konsep Koki Kampung diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru. Terlebih lagi Fajar juga melibatkan UMKM agar bisa bangkit dan berkembang.

(kpl/mhr)

Editor:

Helmi Romadhon



MORE STORIES




REKOMENDASI