'Burn-In' di TV yang Bikin Player Game KZL Abis!

Jum'at, 21 Juni 2019 15:32 Penulis: Iwan Tantomi
'Burn-In' di TV yang Bikin Player Game KZL Abis!
© Shutterstock

Kapanlagi Plus - Di era modern seperti sekarang, main game menjelma jadi aktivitas yang nggak cuma dilakukan buat mengisi waktu saja, tapi juga bahkan untuk mendapat pemasukan. Nggak heran kalau ada banyak banget milenial yang memilih buat menekuni hobi ini. Selain mobile, PC Gaming juga jadi jenis lain yang masih amat digemari sampai saat ini. Kalau KLovers termasuk salah satu di antaranya, mesti waspada ya karena ada satu problem yang siap bikin gamers mana saja KZL abis, yaitu Burn-In.

Bukan hanya di monitor PC, Burn-In bisa terjadi di TV kamu, lho. Biar bisa melakukan pencegahan, ketahui beberapa hal berikut yuk!

Apa Itu Burn-in pada TV? Begini Detailnya

Jangan pernah menyepelekan Burn-In karena dalam jangka waktu tertentu bakal merusak kualitas gambar secara permanen. Problem yang satu ini sebenarnya mengacu pada gambar statis (seperti logo saluran, atau status pemain yang biasa ada dalam dalam games konsol) yang jika terus-menerus ditampilkan dalam waktu lama tiba-tiba meninggalkan bekas di layar.

Sebuah laboratorium pengujian terkenal di dunia bernama connect Testlab telah melakukan evaluasi dan uji kemampuan sebuah TV selama 72 jam. Tujuannya untuk menampilkan performa tingkat kinerja yang dibutuhkan di TV saat ini, dengan fokus khusus pada tampilan video HDR (high-dynamic-range). Dalam pengujian tersebut, TV dibuat untuk menampilkan pola kotak-kotak pada bidang hitam pekat dan sangat terang untuk periode waktu yang lebih lama.

Nggak cuma itu, kemudian ditambahkan juga elemen teks variabel dan bingkai putih intermiten ke gambar uji sehingga pendeteksian still otomatis untuk TV HDR modern ngga bisa berjalan. Hasilnya menunjukkan bahwa QLED TV sama sekali nggak terpengaruh oleh 'Burn-In' dan afterglow. Selain itu, gambar diam dapat ditampilkan pada layar tanpa resiko, berapa lama pun durasinya.

Jangan Sepelekan Burn-In, Ya

Kalau ingin TV KLovers bertahan dan lama biar sepadan dengan nominal yang dikeluarkan, wajib buat memperhatikan kerentanan TV terhadap Burn-In. Efek negatif problem yang satu ini bisa mempersingkat ketahanannya, lho. Padahal biasanya seorang konsumen mengharapkan TV-nya tetap bisa dipakai sampai tujuh hingga sepuluh tahun ke depan.

Selain itu, akhir-akhir ini banyak sekali acara atau game favorit KLovers yang ditampilkan secara HDR. Itu artinya video yang dihasilkan jadi lebih cerah dan imersif. Namun seiring berjalannya waktu, konten HDR seperti ini berisiko mempercepat Burn-In dan mengurangi usianya.

Fakta Terbaru: QLED TV  Bebas Burn-In

Yes fakta yang satu ini harus banget kamu tahu, KLovers. QLED TV memiliki sumber daya tahan yang terletak pada penggunaan quantum dots anorganik. Ini berbeda dengan dengan bahan organik, karena quantum dots sama sekali nggak melemah meskipun digunakan dalam waktu bertahun-tahun. Tentu saja hal tersebut memungkinkan QLED TV untuk menawarkan kualitas gambar yang luar biasa yang tidak hanya berlangsung lebih lama dari layar lainnya dan dijamin bebas Burn-In.

Kabar gembiranya, Samsung QLED TV menjadi TV pertama yang memperoleh sertifikat bebas 'Burn-In' oleh Video, sebuah majalah teknologi Jerman yang terkenal. Evaluasi dilakukan secara menyeluruh oleh majalah ini tentang kerentanan terhadap 'Burn-In' dan afterglow. Hasilnya membuktikan kalau TV Samsung bebas dari keduanya, dan menunjukkan apa yang membuat QLED TV menjadi televisi paling tahan lama di pasar saat ini. Tentu saja ini jadi cara eksplorasi Samsung untuk membantu konsumen mendapatkan lebih banyak manfaat dari televisi dan dipakai untuk waktu yang lebih lama.

Para ahli di Video bukan yang pertama dalam menguji ketahanan Samsung. Faktanya, situs ulasan TV yang dipercaya oleh industri yaitu, Rtings.com juga telah melakukan serangkaian ujian yang mengukur retensi gambar pada lusinan TV dari merek terkenal. Bagian penting dari ujian ini yang mencerminkan kondisi penggunaan yang tipikal adalah penempatan logo berwarna-warni di TV selama 10 menit dan mengukur berapa menit untuk melihat apakah gambar yang ada dapat menghilang.

Result yang diperoleh, Samsung QLED TV lulus dari tes tersebut dengan nilai sempurna untuk kualitas gambar dan ketiadaan Burn-In. Namun, ketika mengalami pengujian yang sama, layar lainnya bernasib jauh kurang baik, mereka menampilkan Burn-In. Dengan ini, semakin menegaskan kalau Samsung QLED TV jadi yang terunggul di industri  ini.

Dengan begitu, nggak perlu ragu lagi buat memilih Samsung QLED TV yang senantiasa menghadirkan kualitas gambar premium, desain menawan dan fitur cerdas inovatif, dan bebas Burn-In.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI