Cara Aktifkan Kartu Telkomsel Lewat Masa Tenggang dengan Mudah, Ketahui Juga Cara Perpanjangnya

Senin, 27 September 2021 19:11 Penulis: Nurul Wahida
Cara Aktifkan Kartu Telkomsel Lewat Masa Tenggang dengan Mudah, Ketahui Juga Cara Perpanjangnya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Untuk dapat menikmati layanan dan fitur berbagai provider kartu SIM seluler prabayar, pengguna perlu tahu cara aktifkan kartu. Selain itu mengacu pada Peraturan Menkominfo No.12/2016 juga mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi.

Cara aktifkan kartu SIM seluler prabayar sebenarnya sangatlah mudah. Bahkan berbagai provider telah memberikan informasi cara aktifkan kartu melalui situs resmi mereka.

Salah satunya Telkomsel, perusahaan telekomunikasi yang memiliki jumlah pengguna cukup banyak ini telah menyertakan informasi cara aktifkan kartu Telkomsel beserta registrasi kartu lewat situs resminya.

Sementara cara aktifkan kartu Telkomsel perlu diketahui pengguna baru maupun pengguna lama.  Karena itulah, di bawah ini ada cara aktifkan kartu Telkomsel paling mudah dipraktikkan. Langsung saja simak ulasannya tentang cara aktifkan kartu Telkomsel telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Cara Aktifkan Kartu Telkomsel Memasuki Masa Tenggang

Masa tenggang kartu SIM seluler terjadi ketika pengguna tidak melakukan pengisian ulang pulsa dalam 30 hari. Namun di masa tenggang ini pengguna masih bisa menerima pesan dan panggilan. Hanya saja tidak dapat membalas pesan ataupun panggilan sampai pengguna melakukan pengisian ulang pulsa.

Karena itulah, perlu tahu cara aktifkan kartu Telkomsel jika kalian sudah masuk masa tenggang kartu. Berikut ulasannya cara aktifkan kartu Telkomsel ketika memasuki masa tenggang.

Untuk cara aktifkan kartu Telkomsel ketika memasuki masa tenggang adalah dengan melakukan pengisian pulsa. Sebab pengisian ulang pulsa secara otomatis dapat menambah masa aktif kartu kalian.

Masa aktif kartu Telkomsel tersebut juga disesuaikan dengan jumlah saldo pulsa yang kalian isi. Misalnya saja ketika kalian melakukan isi ulang sebesar Rp 5.000,- memiliki masa aktif 7 hari. Sementara Rp 15.000,- masa aktif 30 hari begitu pula berlaku untuk kelipatannya. Berikut cara aktifkan kartu Telkomsel ketika memasuki masa tenggang melalui aplikasi MyTelkomsel.

- Unduh dan instal aplikasi MyTelkomsel melalui ponsel kalian.

- Setelah itu, pilih Shop di bagian tengah bawah.

- Lalu pilih Top Up.

- Selanjutnya kalian bisa memilih saldo isi ulang pulsa dan masa aktifnya.

- Pilih Payment Method untuk melakukan pembayaran.

- Pilih metode pembayaran sesuai pilihan kalian bisa dengan Dana, Ovo, GoPay, ShopeePay, LinkAja.

- Setelah itu, pilih Pay untuk pembayaran.

2. Cara Aktifkan Kartu Telkomsel Lewat Masa Tenggang (Sudah Mati)

Sementara cara aktifkan kartu Telkomsel melewati masa tenggang berbeda dari sebelumnya. Pasalnya ketika kartu Telkomsel kalian sudah melewati masa tenggang, bisa dikatakan juga kartu sudah non-aktif atau mati. Karena itulah cara aktifkan kartu Telkomsel lewat masa tenggang juga berbeda. Berikut ulasannya tentang cara aktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati.

Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati adalah dengan mengunjungi GraPARI. Ketika mengunjungi GraPARI, pastikan membawa persyaratan seperti SIM Card lama, nomor KK dan E-KTP asli. Nantinya petugas akan membantu pengaktifan kartu Telkomsel yang telah mati. Selain itu pelanggan juga akan dikenakan biaya pelayanan.

Cara aktifkan kartu Telkomsel dengan migrasi ke kartu Halo. Cara aktifkan kartu Telkomsel ini bisa dilakukan ketika pengguna belum memasuki masa berakhir masa tenggang. Namun tidak lebih dari 15 hari setelah masa tenggang kartu. Pengguna bisa melaporkan masalah tersebut melalui platform sosial media resmi Telkomsel yakni akun twitter.

3. Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel

Setelah tahu cara aktifkan kartu Telkomsel di atas, perlu tahu juga cara memperpanjang masa aktif tanpa harus melakukan isi ulang pulsa. Sebab pengguna dapat melakukan pembelian masa aktif saja melalui Dial-up ataupun aplikasi mytelkomsel. Berikut cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel.

- Pertama masuk menu panggilan.

- Lalu ketik *999# klik yes/call.

- Setelah itu muncul notifikasi, pilih angka 5, Lainnya.

- Lalu pilih angka 6, Lainnya.

- Setelah itu, pilih angka 7, Lainnya.

- Lalu pilih angka 8, Layanan Lain.

- Selanjutnya pilih angka 3 untuk Paket Masa Aktif.

- Pilih masa aktif sesuai pilihan kalian.

- Lalu pilih Send untuk melakukan pembelian perpanjangan masa aktif kartu.

- Nantinya akan ada SMS balasan tentang pembelian perpanjangan masa aktif kartu.

4. Cara Cek Pulsa Kartu Telkomsel

Setelah tahu cara aktifkan kartu Telkomsel, berikut ini informasi tentang cara cek pulsa kartu Telkomsel. Pengguna dapat melakukan cek pulsa kartu Telkomsel melalui dial-up, SMS, ataupun aplikasi. Yuk simak cara cek pulsa kartu Telkomsel secara mudah membantumu tahu informasi masa aktif kartu.

1. Cara Cek Pulsa Telkomsel Via Dial-Up

- Pertama buka menu panggilan.

- Ketik *888#, lalu call.

- Nantinya akan muncul notifikasi tentang informasi jumlah saldo dan masa aktif kartu Telkomsel.

2. Cara Cek Pulsa Telkomsel Via Aplikasi

- Pertama unduh dan instal aplikasi MyTelkomsel.

- Lalu login dengan nomor kartu Telkomsel kalian.

- Setelah itu masuk bagian dashboard akun.

- Nantinya akan ada informasi tentang nomor kartu, jumlah saldo pulsa serta masa aktif kartu.

Itulah cara aktifkan Kartu Telkomsel lewat masa tenggang paling mudah. Beberapa informasi tentang cara aktifkan kartu Telkomsel di atas semoga bisa membantumu mengatasi masalah kartu yang tidak aktif.

(kpl/gen/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI