Cara Log Out Gmail di HP dengan Mudah, Bisa Lewat Browser - Aplikasi

Senin, 27 September 2021 17:44 Penulis: Anik Setiyaningrum
Cara Log Out Gmail di HP dengan Mudah, Bisa Lewat Browser - Aplikasi
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Gmail merupakan surat elektronik dari Google yang bisa kalian gunakan untuk berbagai macam keperluan. Tak hanya sebagai media komunikasi, Gmail juga diperlukan untuk mengakses berbagai layanan aplikasi Google seperti Maps atau Youtube. Namun sayangnya, beberapa orang sering melupakan cara log out Gmail di HP, padahal akun tersebut tertaut dengan berbagai layanan yang digunakan.

Cara log out Gmail di HP diperlukan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Saat ini, HP seolah menjadi alat yang sakti. Bisa digunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari, seperti transaksi keuangan, memesan makanan atau minuman, mengakses hiburan, dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu, kalian perlu berhati-hati dalam penggunaannya. Jangan lupa mengeluarkan akun Gmail kalian ketika sebelumnya terdesak dan harus meminjam perangkat orang lain.

Itu semua perlu dilakukan untuk menjaga privasi dan keamanan kalian sendiri. Jangan sampai data atau akun kalian digunakan oleh orang tak bertanggung jawab. Jika kalian sedang mencari tahu tentang cara log out Gmail di HP, langsung saja ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Cara Log Out Gmail di HP Lewat Browser

Sebagai bentuk menjaga keamanan akun, cara log out Gmail di HP pun bisa kalian lakukan melalui browser. Caranya cukup mudah dan kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya pada penjelasan berikut ini.

- Buka browser Google di HP kalian.

- Pada halaman utama gmail kalian akan melihat ikon opsi berupa garis tiga di pojok kiri atas, klik ikon tersebut.

- Selanjutnya, klik nama akun Gmail kalian.

- Setelah itu, pilih sign out dan kalian akan diarahkan ke halaman awal, yaitu posisi ketika kalian harus memasukkan sandi jika ingin masuk.

- Setelah sandi dimasukkan kalian akan keluar dari Gmail secara otomatis.

 

2. Cara Log Out Gmail di HP Lewat Aplikasi

Cara log out Gmail di HP bisa kalian lakukan dengan aplikasi. Kalian perlu menghapus akun Gmail dari HP dengan langkah-langkah berikut ini.

- Buka aplikasi Gmail pada smartphone android kalian.

- Setelah itu, kalian bisa klik ikon garis tiga pada pojok kiri atas.

- Lalu klik pada foto profil akun gmail yang ingin kalian keluarkan sampai muncul tulisan "Kelola Akun", lalu klik tulisan tersebut.

- Setelah itu, maka akan muncul akun gmail yang ada pada smartphone kalian. Bila sudah, kalian bisa langsung klik akun gmail yang ingin kalian logout atau keluarkan.

- Selanjutnya, untuk mengeluar akun tersebut, kalian bisa langsung dapat klik "Hapus Akun".

- Setelah itu selesai, maka akun gmail kalian sudah berhasil logout dari smartphone android melalui aplikasi. Mudah bukan?

 

3. Cara Log Out Gmail di HP Lewat \'Settings\'

Selain melalui aplikasi, cara log out Gmail di HP bisa kalian lakukan melalui menu 'Settings' atau 'Setelan'. Menu 'Setting' biasanya punya simbol roda gigi pada HP maka kalian bisa mencari simbol tersebut dan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

- Buka menu 'Settings' pada HP kalian.

- Kemudian setelah itu kalian bisa pilih "Pengguna & Akun". Maka akan muncul beberapa akun yang ada pada smartphone.

- Pilihlah akun gmail yang ingin kalian keluarkan. Lalu untuk logout silahkan kalian pilih "Hapus Akun".

- Selesai, cukup mudah untuk menghapus akun gmail milik kalian.

 

4. Cara Log Out Gmail di HP iPhone

Gmail tetap dibutuhkan pada HP iPhone atau iPad. Kalian membutuhkannya untuk melakukan komunikasi via surat elektronik dan masuk ke aplikasi Google, seperti Maps atau Youtube. Oleh karena itu, pada waktu tertentu, kalian juga perlu mengetahui cara log out Gmail di HP untuk menjaga keamanan.

- Pertama, buka aplikasi gmail. Setelah itu, klik opsi menu di kiri atas.

- Selanjutnya, kalian bisa klik akun yang ingin dikeluarkan (ikon berbentuk foto).

- Klik "Kelola Akun" atau "Manage Account".

- Terakhir, kalian bisa klik edit lalu hapus dan akun gmail kalian akan keluar.

 

5. Cara Membuat Gmail di HP

Selain cara log out Gmail di HP, kalian juga perlu mengetahui cara membuatnya. Siapa tahu kalian akan membutuhkan akun Gmail baru sewaktu-waktu.

- Buka menu 'Setting; atau 'Pengaturan' di HP.

- Klik 'add account' atau 'tambah akun' serta cari ikon Google.

- Setelah itu, akan muncul opsi 'sign in' dan 'create a new account'.

- Untuk membuat baru, jelas kalian harus memilih 'create a new account'.

- Setelah muncul kolom-kolom, kalian bise mengisinya dengan nama depan, nama belakang, tanggal lahir, dan jenis kelamin.

- Pilih nama sebagai username kalian, jika ternyata terdapat tulisan 'That username is taken. Try another.' Itu tandanya orang lain telah memakai username yang kalian pilih. Selanjutnya, kalian bisa mengakalinya dengan menambah angka.

- Langkah selanjutnya, tentukan password. Minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa! Samakan isian kolom atas dengan bawah.

- Proses selanjutnya tidak wajib diisi, tapi jika kalian ingin mengisinya klik next, sedangkan jika tidak kalian bisa klik skip hingga akan muncul kotak Privacy and Terms. Klik Agree.

- Setelah itu akan ada konfirmasi username dan password. Kemudian muncul pilihan pembayaran. Kalian bisa melewatinya dengan pilih 'No Thanks'.

- Aplikasi akan memproses. Setelah itu kalian akan mendapat pemberitahuan yang menginformasikan bahwa kalian telah memiliki akun Gmail baru.

Nah, itulah beberapa cara log out Gmail di HP dengan mudah. Kalian bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan. Selain itu, kalian juga bisa mengikuti langkah untuk membuat Gmail baru jika dibutuhkan.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI