Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI Secara Mandiri atau Meminta Bantuan, Anti Ribet!

Minggu, 26 September 2021 10:11 Penulis: Anik Setiyaningrum
Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI Secara Mandiri atau Meminta Bantuan, Anti Ribet!
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Cara melacak HP hilang dengan IMEI sebenarnya sudah lama ada. Oleh karena itu, sudah waktunya kalian mengetahui cara ini sebagai solusi jika sewaktu-waktu kalian mendapat musibah kehilangan HP. Jika hilang karena tertinggal di rumah atau lupa menaruh, mungkin kalian bisa menemukannya dengan meneleponnya.

Namun, bagaimana jika ternyata HP kalian dicuri? Nah, cara melacak HP hilang dengan IMEI ini menjadi solusi yang tepat. IMEI sendiri merupakan kependekan dari International Mobile Equipment Identity yang berfungsi sebagai nomor unik atau pengenal yang berbeda tiap perangkat. Selain itu, IMEI tak bisa dihilangkan atau diubah.

Oleh karena itu, kalian perlu memperhatikan nomor tersebut setiap kali membeli HP baru. Cara melacak HP hilang dengan IMEI ini pun memungkinkan kalian untuk menelusuri lokasi tanpa email yang tertaut di perangkat. Nah, untuk mengetahui langkah-langkah yang perlu kalian perhatikan, silakan simak informasi berikut.

1. Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI Mudah

1. Minta Bantuan Polisi

Cara melacak HP hilang dengan IMEI bisa kalian lakukan dengan membuat laporan ke kepolisian. Polisi akan membantu kalian untuk melacak HP dengan IMEI yang kalian informasikan.

Sebagian besar kepolisian bisa melakukan pelacakan HP yang hilang menggunakan nomor IMEI. IMEI cukup ampuh jadi senjata karena nomornya berbeda pada setiap HP.

2. Minta Bantuan Operator Provider

Tak hanya melalui laporan ke polisi, cara melacak HP hilang dengan IMEI bisa kalian lakukan dengan menghubungi operator provider yang kalian gunakan.

Kalian hanya perlu menelepon call center provider dan menginformasikan nomor HP serta IMEI HP yang hilang. Selanjutnya, operator akan membantu kalian untuk melacak HP yang hilang.

2. Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI

Sebelum kalian melancarkan aksi cara melacak HP hilang dengan IMEI, pastikan dulu bahwa kalian tahu nomor IMEI untuk HP kalian. Meski ada cara mudah, ternyata masih ada orang yang belum tahu nomor IMEI HP-nya sendiri. Dan hal itu yang bikin pelacakan kalian terhambat.

Oleh karena itu, langsung saja simak beberapa cara mengetahui nomor IMEI pada HP berikut ini.

1. Mengetahui Nomor IMEI dari Kardus HP

Nomor IMEI bisa kalian temukan di kardus HP yang kalian dapat pada saat membelinya. Hal ini sangat membantu jika kalian tidak hafal nomor IMEI HP yang hilang. Namun sayangnya, belum tentu semua produsen menampilkan IMEI pada kardus.

2. Mengetahui Nomor IMEI di Belakang HP

Nah, jika tak berhasil menemukan nomor IMEI pada kardus, kalian bisa memeriksanya di balik HP bagian dalam. Buka penutup belakang, lepaskan baterainya, dan periksa secara saksama. Biasanya, ada nomor IMEI yang tertera di sana.

3. Mengetahui Nomor IMEI dari Dial *#06#*

Jika dua cara di atas masih belum berhasil membantu kalian menemukan IMEI, kalian bisa beralih ke cara selanjutnya. Cukup buka menu panggilan dan mengetikkan *#06#.

Informasi IMEI HP kalian akan muncul secara otomatis, kemudian catat dan simpan nomor itu.

4. Mengetahui Nomor IMEI dari 'Setting'

Buka menu 'Setting' di HP kalian, lalu cari opsi 'About phone' atau 'Tentang Telepon'. Selanjutnya, kalian akan melihat nomor IMEI HP di antara informasi lainnya.

3. Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI Secara Mandiri

Jika kalian sudah mengetahui nomor IMEI melalui cara yang sudah dijelaskan di atas, kini saatnya kalian mengambil keputusan. Kalian bisa menerapkan cara melacak HP hilang dengan IMEI secara mandiri atau lewat bantuan polisi dan operator. Nah, jika kalian ingin melacaknya secara mandiri, silakan ikuti langkah di bawah ini.

Saat kalian mengalami musibah kehilangan HP, ada aplikasi Find My Device (untuk Android) dan Find My iPhone (untuk iPhone) yang bisa membantu kalian. Hal itu memungkinkan karena sekarang ini smartphone sudah memiliki fitur GPS yang memudahkan pelacakan. Dengan begitu, kalian tak perlu meminta bantuan polisi atau operator untuk melacaknya.

1. Find My Device

- Unduh dan install aplikasi Find My Device dari Play Store

- Buka aplikasi dan masukkan akun Google yang digunakan di perangkat Android yang hilang.

- Setelah itu kalian akan melihat tampilan maps.

- Kalian juga bisa melihat tampilan lain yang berisi 'Play sound' untuk membunyikan ringtone, 'Lock' untuk mengunci HP, dan 'Erase' untuk menghapus semua data secara manual melalui aplikasi tersebut.

2. Find My iPhone

- Pastikan kalian sudah sign in sebelum HP kalian hilang.

- Setelah itu, gunakan perangkat lain untuk mengakses iCloud.com/find untuk login Apple ID.

- Buka fitur Find My iPhone dan kalian akan mendapat lokasi terakhir yang terekam GPS.

- Jika iPhone kalian menunjukkan tanda sedang dalam keadaan aktif, klik 'action'.

- Saat masih di sekitar kalian, perangkat itu akan berbunyi dan memudahkan pencarian.

- Namun, jika ternyata HP kalian dicuri maka pilih mode 'Lost Mode'.

Itulah cara melacak HP yang hilang, semoga bermanfaat dan membantu.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI