Cara Melacak Lokasi Nomor HP Tanpa Diketahui, Bisa Lewat Gmail - Fitur Google Maps

Senin, 20 September 2021 17:55 Penulis: Dhia Amira
Cara Melacak Lokasi Nomor HP Tanpa Diketahui, Bisa Lewat Gmail - Fitur Google Maps
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Saat ini berbagai cara bisa kita lakukan dengan menggunakan kehebatan digital. Salah satunya yaitu dengan mengetahui cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui. Ya, bila HP kalian hilang, maka bisa loh kalian melacak lokasi nomor HP kalian dengan mudah tanpa harus sulit-sulit. Bahkan cara melacak nomor HP tanpa diketahui orang lain ini tidak perlu menunggu waktu yang lama.

Kalian akan mudah menemukan lokasi nomor HP yang kalian cari. Ada banyak cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui orang lain. Kalian bisa melakukannya lewat Gmail, Google Maps, fitur Google Maps, dan aplikasi. Jadi kalian tidak perlu panik bila harus mencari tahu lokasi nomor HP kalian. Karena kalian bisa melacaknya dengan mudah dan praktis dengan cara-cara berikut ini.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah cara melacak lokasi HP tanpa diketahui dengan mudah dan praktis. Yuk langsung saja kalian cek KLovers.

 

1. Cara Melacak Nomor HP Lewat Gmail

Bagi kalian yang ingin tahu cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui, maka kalian bisa loh melacaknya dengan menggunakan Gmail. Yup! Cara ini bisa berguna untuk kalian yang ingin mengetahui keadaan HP bila hilang. Berikut ini beberapa cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui menggunakan Gmail:

1. Masukkan alamat email yang terdapat pada HP yang hilang pada halaman Gmail. Lalu seperti biasa, kalian masukkan kata sandi.

2. Setelah berhasil masuk ke alamat tersebut, pilih tampilan Gmail versi Web.

3. Pilih icon dengan titik Sembilan pada sisi atas kanan.

4. Lalu masuk pada Akun Google (Google Account), kemudian kalian bisa scroll ke bawah.

5. Pilih opsi Mulai pada tulisan Temukan Ponsel kalian. Lalu pilih HP yang hilang.

6. Masukkan lagi kata sandi email yang berada di HP yang hilang. Lalu pilih opsi Temukan.

5. Maka akan mucul google map, lalu klik Tutup.

6. Pilih jenis HP yang akan kalian lacak, lalu pilih icon Refresh agar posisi HP yang hilang terupdate dan terbaca oleh Google Map.

7. Selesai, maka keadaan HP atau nomor kalian yang hilang akan muncul di layar.

 

2. Cara Melacak Nomor HP Lewat Google Maps

Selain menggunakan Gmail, kalian juga ternyata bisa loh mengetahui cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui menggunakan Google Maps. Cara ini juga tidak sulit kok KLovers. Dan berikut ini beberapa cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui menggunakan Google Maps:

1. Pertama kalian bisa pilih menu Setting, lalu Bagi Lokasi dan Mulai pada pojok kiri atas.

2. Pilih waktu pelacakan. Pilih selama 1 jam atau hingga dinonaktifkan agar kalian bisa terus melacaknya.

3. Kemudian klik Pilih Orang lalu isi alamat email dan nomor HP yang ingin kalian lacak.

4. Klik Bagikan, lalu tekan Aktifkan.

5. Bila sudah maka lokasi HP kalian yang hilang akan terlihat dan terlacak selama 24 jam melalui cara ini.

 

3. Cara Melacak Nomor HP dengan Bantuan Fitur Google Maps

Secara umum, Google Maps berguna sebagai aplikasi penunjuk arah dengan beberapa fitur yang dapat membantu memudahkan para penggunanya. Namun selain itu ternyata Google Maps juga bisa loh digunakan berbagai fitur untuk melacak lokasi nomor HP.

Ya, cara ini cukup mudah dan praktis, terutama untuk kalian yang sedang mencari HP hilang. Berikut cara melacak nomor HP tanpa diketahui dengan menggunakan fitur Google Maps:

1. Pertama kalian bisa menggunakan Driving Directions (Pemandu Perjalanan). Untuk fitur driving and directions, fitur ini digunakan untuk mengetahui jalur jalan atau arah yang dilewati dari suatu lokasi ke lokasi lain.

2. Kedua yaitu dengan menggunakan Transit and Walking Direction. Transit and walking direction ini digunakan untuk memperoleh rute dan jadwal perjalanan baik dengan jalan kaki maupun bus.

3. Street View. Street View digunakan untuk menampilkan peta jalan termasuk dengan lokasi tempat-tempat di peta tersebut.

4. Business Listings. Business listing biasanya digunakan untuk mencari nama area atau wilayah tertentu baik bisnis maupun tempat penting yang lain.

5. Latitude. Lattitude digunakan untuk melacak lokasi nomor hp teman.

6. My Location. My Location digunakan untuk mengetahui poisis nomor ponsel walaupun tidak menggunakan perangkat Gps.

7. Traffic. Informasi lalu lintas atau traffic yang berfungsi membantu memantau kondisi lalu lintas jalan raya secara langsung atau real time.

 

4. Cara Melacak Nomor HP Lewat HLR Lookup

Dan cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui yang terakhir yaitu, dengan menggunakan aplikasi HRL Lookup. Aplikasi ini memang sudah banyak diinstal dan juga mempunyai tampilan yang bagus untuk mempermudah kalian dalam melacak lokasi nomor HP. Cara menggunakannya pun sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

1. Pertama kalian bisa download aplikasi HRL Lookup di Playstore dan install.

2. Lalu kalian bisa buka aplikasi HRL Lookup, kemudian perhatikan kolom yang tersedia. Masukkan 'Nomor HP', kemudian tap 'Check'.

3. Setelah itu maka akan muncul data-data dari nomor HP yang baru saja dimasukkan. Ada kota, negara, provider, dan lainnya.

4. Perlu diketahui bahwa HLR (Home Location Register) bukan lokasi tepat di mana nomor HP saat ini berada, tetapi merupakan di mana kartu provider tersebut didaftarkan di area tertentu.

Itulah beberapa cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui yang mudah dan praktis. Di zaman yang canggih seperti saat ini kita bisa melakukan apapun dengan mudah, salah satunya yaitu melacak lokasi nomor HP. Selamat mencoba KLovers.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI