Jangan Panik, Ini Cara yang Dilakukan Ketika Lupa Kata Sandi Instagram

Senin, 20 September 2021 14:10 Penulis: Dhia Amira
Jangan Panik, Ini Cara yang Dilakukan Ketika Lupa Kata Sandi Instagram
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Instagram merupakan salah satu media sosial yang begitu populer. Dalam Instagram kita bisa membagikan video hingga foto yang keren. Sehingga banyak anak muda yang menggunakan sosial media ini. Namun bagaimana ya bila kalian lupa kata sandi? Tentu hal ini akan membuat kalian merasa sulit, apalagi bila pengikut kalian sudah banyak di Instagram.

Tentu akan membuat kalian merasa sedih untuk merelakan akun Instagram tersebut. Tetapi jangan panik KLovers, kalian bisa kok masuk ke Instagram dengan berbagai cara bila lupa kata sandi Instagram milik kalian. Dan cara yang digunakan cukup mudah, kalian juga bisa mengganti kata sandi Instagram setelah melakukan beberapa cara ini.

Apa saja ya cara tersebut? Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah cara yang bisa kalian lakukan ketika lupa kata sandi Instagram. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Cara Buka Instagram Lupa Kata Sandi Dengan Email

Bagi kalian yang lupa sandi Instagram dan ingin masuk, maka kalian bisa masuk dengan menggunakan alamat email. Ya, ketika kalian pertama kalian membuat akun Instagram, maka kalian akan memasukkan alamat email yang aktif.

Sehingga, saat kalian lupa kata sandi Instagram, kalian bisa masuk dengan menggunakan alamat email. Dan berikut tahapan cara buka Instagram saat lupa kata sandi dengan email:

1. Pertama, kalian bisa buka Instagram terlebih dulu. Ini bisa kalian lakukan dengan menggunakan handphone maupun komputer. Kemudian klik pada bagian 'dapatkan bantuan untuk masuk'.

2. Masukkan nama pengguna atau alamat email Instagram milik kalian. Kemudian klik tanda 'selanjutnya'.

3. Instagram akan mengirimi pemberitahuan melalui email. Pemberitahuan ini berisi metode pemulihan kata sandi. Ketuk 'kirim email'.

4. Setelah itu kalian buka email yang dikiriman dari Instagram. Kalau belum ada, periksa email bagian spam.

5. Saat kalian membuka email dari Instagram, kalian akan melihat tulisan dengan tanda biru. Tanda itu merupakan cara agar kalian bisa login kembali di akun Instagram. Klik tanda tersebut.

6. Lalu yang terakhir masukkan password baru untuk Instagram kalian. Lalu ketuk tombol 'reset kata sandi'.

7. Setelah itu, akun Instagram sudah bisa digunakan kembali.

2. Cara Buka Instagram Lupa Kata Sandi Dengan Nomor Handphone

Lalu yang kedua bila kalian lupa kata sandi Instagram, maka kalian bisa membukanya dengan menggunakan nomor handphone. Ya, sama seperti email, kalian juga akan diminta memasukkan nomor telepon yang aktif ketika akan membuat akun Instagram.

Sehingga ketika kalian lupa kata sandi Instagram, maka kalian bisa masuk dengan menggunakan nomor handphone milik kalian yang terdaftar dan masih aktif. Berikut ini tahapan yang bisa kalian lakukan ketika masuk Instagram dengan nomor handphone:

1. Seperti biasa, kalian buka Instagram terlebih dulu, bisa dari handphone maupun komputer. Kemudian klik pada bagian 'dapatkan bantuan untuk masuk'.

2. Masukkan nomor telepon kalian yang aktif, kemudian klik tanda 'selanjutnya', maka kamu bisa memilih "Kirim sebuah SMS".

3. Tinggalkan Instagram untuk memeriksa kotak masuk. Jika ada pesan masuk dari Instagram, ikuti perintahnya. Biasanya SMS tersebut adalah permintaan untuk mengakses Instagram dari link yang telah dibagikan.

4. Bukalah link tersebut dengan pilihan 'Buka dengan Instagram'.

5. Jika telah berhasil, kalian akan disediakan dua kolom untuk mereset password Instagram.

6. Setelah itu, akun Instagram sudah bisa digunakan kembali.

3. Cara Buka Instagram Lupa Kata Sandi Dengan Facebook

Dan yang terakkhir kalian bisa buka Instagram dengan menggunakan Facebook. Ya, kalian bisa menyambungkan akun kalian dengan Facebook, sehingga saat kalian lupa kata sandi Instagram, maka kalian bisa membukanya lewat Facebook. Berikut ini cara membuka Instagram dengan facebook bila kalian lupa kata sandi:

1. Pertama kalian bisa buka Instagram terlebih dulu, bisa dari handphone maupun komputer. Kemudian klik pada bagian 'dapatkan bantuan untuk masuk'.

2. Setelah itu akan tampil 'laman Bantuan Masuk'. Kalian bisa memilih 'masuk dengan Facebook'.

3. Setelah muncul halaman baru, kalian bisa mengisi username dan password Facebook.

4. Kemudian akan ada tanda seperti, 'memberi izin Facebook', kemudian klik kalian bisa klik 'Ok'.

5. Jika sudah berhasil masuk, akan tampak dua kolom untuk mengganti password Instagram.

6. Setelah itu, akun Instagram sudah bisa digunakan kembali

7. Jika langkah pertama sampai kelima sudah kamu lakukan dengan benar namun masih gagal mungkin kalian salah memasukkan akun Facebook kalian.

4. Bila Tidak Menemukan Akun yang Dicari

Nah, bagaimana ya bila kalian sudah menggunakan tiga cara di atas, namun akun yang dicari tidak ditemukan? Mungkin ada hal yang terjadi hingga akun kalian tidak ditemukan. Dan berikut cara yang bisa kalian lakukan ketiak tidak bisa menemukan akun Instagram kalian:

1. Pertama pastikan kalian memasukkan nama pengguna dengan benar, terutama jika nama pengguna memuat karakter berulang.

2. Jangan memasukkan simbol @ saat memasukkan nama pengguna

3. Bila kalian merasa nama pengguna berubah karena akun kalian dihack, sebaiknya periksa apakah kalian sudah menerima email dari Instagram yang memberitahu informasi bahwa akun milik kalian telah diubah.

4. Mintalah teman untuk mengunjungi profil kalian dan mengambil screenshot layar berisi nama pengguna kalian saat ini.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan ketika lupa kata sandi Instagram. Jangan panik, coba ingat kata atau angka yang biasa kalian gunakan untuk membuat sebuah sandi. Bila tidak ketemu juga, maka kalian bisa menggunakan cara di atas. Selamat mencoba KLovers.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI