Cara Mendaftarkan Kartu Telkomsel Lewat SMS, Ketahui Cara Cek Status Registrasi

Senin, 20 September 2021 14:33
Cara Mendaftarkan Kartu Telkomsel Lewat SMS, Ketahui Cara Cek Status Registrasi
Ilustrasi (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Mendaftarkan kartu Telkomsel bisa dilakukan melalui pesan teks atau SMS. Cara mendaftarkan kartu Telkomsel lewat SMS adalah yang termudah dan simple. Cara tersebut bisa untuk pendaftaran kartu Telkomsel baru maupun lama.

Ada banyak sekali keuntungan saat kalian mendaftarkan kartu Telkomsel. Terutama bermanfaat untuk mempermudah menggunakan layanan komunikasi dan transaksi online. Apalagi di zaman saat ini, penggunaan teknologi digital sangatlah penting.

Sementara mendaftarkan kartu perlu dilakukan di semua provider termasuk kartu Telkomsel. Pada dasarnya cara mendaftarkan kartu Telkomsel sangatlah mudah dan anti ribet. Di mana bisa dilakukan secara online ataupun lewat SMS.

Namun cara mendaftarkan kartu Telkomsel lewat SMS bisa jadi cara termudah apabila kalian sebagai pengguna provider tersebut ingin daftar sendiri. Karena itulah berikut ini cara mendaftarkan kartu Telkomsel lewat SMS dengan kirim ke 4444.

1. Mengapa Harus Mendaftarkan Kartu Telkomsel?

Ketentuan untuk mendaftarkan kartu prabayar memang berlaku di semua provider. Hal ini bahkan sudah mulai direncanakan sejak bertahun-tahun lamanya namun baru terealisasi pada tahun 2017 silam. Selain itu pendaftaran kartu mengacu pada Peraturan Kominfo No. 12/2016. Pendaftaran kartu tersebut diwajibkan bagi semua pengguna ponsel di semua jenis provider termasuk Telkomsel.

Berkaitan dengan alasan mendaftarkan kartu Telkomsel ini tak lepas dari manfaatnya. Sebab dengan mendaftarkan kartu Telkomsel, dapat mencegah tindak kejahatan tertentu. Karena itulah, setiap pengguna baru ataupun pengguna lama dianjurkan segera melakukan pendaftaran kartu Telkomsel. Manfaatnya tentu agar dapat menikmati berbagai layanan transaksi dan komunikasi termasuk terlindungi dari berbagai tindak kejahatan.

2. Keuntungan Mendaftarkan Kartu Telkomsel

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya, ada beberapa keuntungan mendaftarkan kartu Telkomsel. Keuntungan registrasi kartu Telkomsel ini tentunya memudahkan kalian menikmati berbagai layanan yang sudah disediakan. Berikut ini keuntungan mendaftarkan kartu Telkomsel dilansir dari telkomsel.com

- Terhindar dari penyalahgunaan data oleh orang tidak bertanggung jawab.

- Terhindar dari tindak kejahatan atau kriminalitas terkait data pribadi pengguna.

- Memudahkan menikmati berbagai layanan transaksi.

- Memudahkan pengguna menikmati berbagai layanan komunikasi dan internet.

3. Kemudahan Mendaftar Kartu Telkomsel

Pendaftaran kartu Telkomsel berdasarkan ketentuan yang terbaru cenderung lebih mudah dibandingkan sebelumnya. Pasalnya pengguna hanya perlu menyiapkan persyaratan yang tergolong simple seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta nomor KK. Berikut ini beberapa kemudahan yang diberikan tentang cara mendaftarkan kartu Telkomsel.

- Mendaftarkan kartu Telkomsel hanya menggunakan NIK dan nomor KK.

- Tidak ada proses validasi data sehingga prosesnya lebih mudah dan cepat.

- Dilakukan oleh outlet atau mitra operator telkomsel.

4. Hal-Hal Yang Diperhatikan Saat Mendaftarkan Kartu Telkomsel

Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelum melakukan registrasi atau pendaftaran kartu Telkomsel. Adapun hal-hal penting saat mendaftarkan kartu Telkomsel dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

Apabila menggunakan pendaftaran melalui SMS pengguna biasanya hanya bisa mendaftarkan maksimal 3 kartu dalam satu provider. Sehingga ketika ingin mendaftarkan lebih dari 3 kartu dapat mengunjungi gerai operator langsung agar segera didaftarkan.

Apabila tidak segera mendaftarkan kartu maka pengguna tidak dapat melakukan panggilan keluar dan masuk, tidak bisa menerima dan mengirim SMS, atau justru bisa dilakukan pemblokiran kartu.

5. Cara Mendaftarkan Kartu Telkomsel Bagi Pengguna Baru

Adapun cara mendaftarkan kartu Telkomsel melalui SMS bagi pengguna baru sangatlah mudah. Berikut ini cara mendaftarkan kartu Telkomsel bagi pengguna baru melalui SMS.

- Pertama siapkan NIK dan nomor KK.

- Selanjutnya pastikan sim card kartu Simpati sudah terpasang pada ponsel.

- Setelah itu, buka aplikasi pesan lalu ketik, REG(spasi)NIK#nomor KK#.

- Selanjutnya kirim SMS ke 4444.

- Jika berhasil akan muncul pemberitahuan bahwa nomor Simpati kalian sudah aktif.

Contoh registrasi kartu Telkomsel baru: REG 234823468433487#10830883900#

6. Cara Mendaftarkan Kartu Telkomsel Bagi Pengguna Lama

Sementara untuk cara mendaftarkan kartu Telkomsel bagi pengguna lama juga tak kalah mudah. Hanya saja perbedaan terletak pada format pesan yang perlu diperhatikan pengguna. Berikut ini cara mendaftarkan kartu Telkomsel bagi pengguna lama.

- Pertama siapkan NIK dan nomor KK.

- Selanjutnya pastikan sim card kartu Simpati sudah terpasang pada ponsel.

- Setelah itu, buka aplikasi pesan lalu ketik, ULANG(spasi)NIK#nomor KK#.

- Selanjutnya kirim SMS ke 4444.

- Jika berhasil akan muncul pemberitahuan bahwa nomor Simpati kalian sudah aktif.

Contoh registrasi kartu Telkomsel lama: ULANG 23649243662378648#37742978482#

7. Cara Cek Status Pendaftaran Kartu Telkomsel

Untuk mengetahui status registrasi kartu Telkomsel, kalian dapat melihat ulasan di bawah ini. Di mana cara cek status pendaftaran kartu Telkomsel tak kalah mudah dan simple. Berikut ini cara cek status pendaftaran kartu Telkomsel yang telah diregistrasi.

- Masuk ke menu panggilan di ponsel kalian.

- Lalu ketik *444# tekan send seperti halnya saat mau cek pulsa.

- Lalu akan ada notifikasi muncul.

- Ada beberapa pilihan, kalian bisa pilih nomor dua tentang cek status registrasi, lalu send.

- Setelah itu akan muncul notifikasi untuk memasukkan NIK.

- Setelah sukses, maka akan muncul informasi tentang status registrasi kartu Telkomsel kalian meliputi tahun, tanggal, bulan, bahkan jam.

Itulah cara mendaftarkan kartu Telkomsel lewat SMS beserta cara cek status registrasi. Cara mendaftarkan kartu Telkomsel lewat SMS di atas bisa jadikan pilihan untuk mengaktifkan kartu prabayar kalian.

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI