Cara Menggunakan Google Maps dengan Mudah, untuk Membuat Lokasi Bisnis - Menambah Tujuan

Selasa, 28 Desember 2021 16:33 Penulis: Dhia Amira
Cara Menggunakan Google Maps dengan Mudah, untuk Membuat Lokasi Bisnis - Menambah Tujuan
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Google Maps menjadi salah satu fasilitas Google yang bisa digunakan oleh siapa saja. Google Maps digunakan untuk mereka yang butuh dipandu dalam melakukan perjalanan. Bagi KLovers yang baru menggunakan Google Maps, cara menggunakan Google Maps mudah banget kok.

Terlebih Google Maps memiliki banyak sekali fitur yang mempermudah kalian dalam sebuah perjalanan. Sehingga bagi KLovers yang ingin mempermudah perjalanan kalian, bisa banget nih menggunakan fasilitas dari Google Maps. Bukan hanya cara menggunakan Google Maps saja, namun kalian juga bisa mengetahui fitur serta manfaat dari Google Maps.

Bagi KLovers yang penasaran bagaimana cara menggunakan Google Maps dengan tepat, maka berikut ini cara menggunakan Google Maps beserta fitur dan manfaatnya yang dilansir dari berbagai sumber. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Manfaat Google Maps

Sebelum mengetahui cara menggunakan Google Maps, kalian perlu tahu nih manfaat dari Google Maps itu sendiri. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kalian dapatkan dari Google Maps. Berikut ini manfaat dari Google Maps tersebut:

1. Memudahkan Pencarian Lokasi

Google Maps merupakan layanan yang bisa diandalkan dalam pencarian lokasi. Bahkan di Indonesia, layanan ini memiliki lebih dari 140 juta pengguna aktif. Ketika kebetulan nyasar atau tak tahu lokasi yang ingin dikunjungi, Google Maps bisa kalian jadikan solusi.

2. Memberikan Titik Lokasi Akurat Kepada Pelanggan

Bagi para pebisnis, Google Maps merupakan layanan yang sangat membantu. Layanan ini akan mempermudah promosi dengan hanya menyertakan link lokasi. Link tersebut akan menjadi petunjuk lokasi akurat melalui fitur Google Street Views. Dengan fitur tersebut, pelanggan bisa melihat foto di sekitar lokasi tujuan secara nyata. Dengan begitu, pelanggan akan semakin yakin pada keberadaan tempat usaha kalian dan bisa mempertimbangkan lokasi bisa dijangkau atau tidak.

3. Fitur Google Bisnisku

Mungkin, kalian sudah pernah mencari informasi suatu lokasi usaha di Google. Biasanya, Google akan menampilkan lokasi bisnis dengan kotak berisi informasi sesuai dengan pencarian. Nah, lokasi dengan kotak informasi tersebut merupakan fasilitas yang disediakan oleh fitur Google Bisnisku. Kalian pun bisa menambahkan lokasi bisnis pada fitur ini. Dengan begitu, informasi mengenai lokasi bisnis kalian akan semakin mudah ditemukan oleh pelanggan.

4. Menyediakan Jalan Pintas

Selain arah jalan utama, Google Maps juga dapat memberikan petunjuk arah belokan demi belokan secara gratis. Smartphone kalian akan secara otomatis bergerak dan memberi tahu kapan tepatnya harus berbelok ke kiri, memutar balik, atau terus mengemudi. Google Maps bahkan dapat memberi informasi saat ada banyak lalu lintas di jalan yang sedang atau akan kalian lalui dan akan menyarankan rute alternatif atau jalan pintas.

5. Menemukan Informasi Dengan Cepat

Google Maps lebih dari sekadar alat untuk membantu menemukan arah jalan. Ada banyak informasi tentang berbagai tempat yang dimasukkan langsung ke dalam layanan peta ini. Misalnya, kalian dapat mencari alamat kedai kopi lokal hanya dengan menelusuri namanya. kalian juga dapat melihat sampai kapan kedai tersebut buka dan juga tersedia tautan ke situs webnya melalui Google Maps.

2. Fitur-Fitur di Google Maps

Kemudian ada pula fitur-fitur yang bisa kalian ketahui dalam Google Maps. Ya, fitur-fitur ini bisa mempermudah kalian dalam menggunakan Google Maps. Selain itu, dengan mengetahui fitur di Google Maps, maka kalian bisa menggunakan Google Maps dengan maksimal. Berikut ini beberapa fitur di Google Maps tersebut:

1. Buat Daftar Tempat: Fitur ini memungkinkan siapa saja mengakses lokasi yang cukup sering dikunjungi. Sehingga pengguna dapat menyimpan dan mengatur daftar tempat yang sering dikunjungi untuk akses cepat.

2. Kirim Lokasi: Fitur ini bisa digunakan untuk berbagi lokasi dengan orang lain secara mudah dan tahu informasi lokasi secara real time.

3. Simpan Peta Lokasi: Fitur ini memudahkan pengguna mengakses peta atau lokasi dengan menyimpannya terlebih dahulu. Sehingga menjadi solusi ketika akses internet cukup sulit untuk memudahkan menelusuri peta lokasi yang sudah dipilih.

4. Jelajah Street View: Fitur ini bisa digunakan untuk menemukan foto tempat di Maps serta menelusuri area secara online atau virtual.

5. Opsi Rute: Fitur ini dapat digunakan untuk memilih dan menentukan opsi rute menuju lokasi yang sudah ditentukan.

6. Live View: Fitur ini menjadi fitur terbaru di Google Maps yang bisa digunakan pengguna untuk menjelajahi tempat yang belum pernah dikunjungi untuk melihat area outdoor, indoor, bahkan menemukan tempat tertentu seperti ATM, toilet, escalator, dan sebagainya.

7. Alternatif Rute: Google Maps juga menyediakan alternatif rute yang bisa digunakan pengguna untuk menemukan lokasi secara lebih praktis dan cepat.

8. Highlighting Access: Fitur ini memudahkan pengguna untuk menemukan rekomendasi tepat pada saat aplikasi diakses berdasarkan tempat dan waktu.

9. Area Busyness: Fitur ini bisa mengetahui ramai tidaknya lokasi yang akan kalian kunjungi.

3. Cara Menggunakan Google Maps untuk Navigasi

Untuk cara menggunakan Google Maps yang pertama yaitu, kalian bisa menggunakan Google Maps untuk sebuah navigasi. Google Maps dapat membantu para penggunanya untuk mengetahui kapan waktu harus belok kanan atau belok kiri, hingga bisa sampai ke tempat tujuan. Aplikasi ini akan memberikan informasi petunjuk arah dan memberikan solusi rute terbaik melalui informasi lalu lintas real-time yang didapatkan.

Bahkan notifikasi lalu lintas, lajur mana yang harus digunakan, kapan waktu untuk belok, hingga saran untuk rute yang lebih baik akan kalian dapatkan dari navigasi suara Google Maps. Nah, untuk KLovers yang ingin menggunakan navigasi ini, maka berikut cara menggunakan Google Maps untuk navigasi:

1. Pertama kalian bisa membuka aplikasi Google Maps.

2. Lalu ketuk tempat yang ingin dituju pada peta, dilanjutkan dengan ketuk "Petunjuk Arah" pada kiri bawah.

3. Setelah itu, ketuk Lainnya untuk menambahkan tujuan lainnya dan tambahkan perhentian pada kanan atas.

4. Perhentian dapat ditambahkan hingga 9 lokasi, dan ketuk Selesai. Kemudian pilih moda transportasi.

5. Ketuk garis abu-abu untuk mengikuti rute alternative, dan ketuk tanda Mulai ikon panah ke atas.

6. Kemudian ketik "Tutup ikon X" di kiri bawah, dan proses navigasi sudah dibatalkan.

4. Cara Menggunakan Google Maps untuk Bisnis

Kemudian cara menggunakan Google Maps yang selanjutnya yaitu, kalian bisa menggunakan Google Maps untuk urusan bisnis. Nah, untuk cara membuat lokasi di Google Maps, kalian dapat memanfaatkan fitur Google Bisnisku. Fitur ini disediakan oleh Google Maps untuk memudahkan menambahkan lokasi bisnis. Berikut cara menggunakan Google Maps untuk bisnis tersebut:

1. Pertama buka Google Bisnisku melalui perangkat kalian.

2. Lalu Daftar Google Bisnisku dengan klik Kelola Sekarang.

3. Masukkan nama bisnis dan kategori bisnis.

4. Selanjutnya pilih Ya untuk menambahkan lokasi bisnis kalian di Google Maps.

5. Masukkan alamat bisnis kalian.

6. Tandai lokasi bisnis kalian di Google Maps.

7. Pilih opsi apakah kalian juga melayani pelanggan di luar lokasi ini?

8. Selanjutnya tambahkan informasi bisnis kalian untuk ditampilkan pada pelanggan seperti Nomor Telepon, Website, dan seterusnya.

9. Pilih opsi untuk menerima kabar terbaru dari Google Bisnisku ataupun tidak.

10. Setelah semua terisi dengan benar, maka tentukan metode verifikasi untuk menyelesaikan langkah menambahkan lokasi bisnis di Google Maps via Google Bisnisku.

11. Selesai, tunggu hingga prosesnya berhasil untuk mendapatkan kode dan surat verifikasi dari Google ke alamat bisnis kalian.

12. Selanjutnya kalian dapat mengikuti petunjuk berikutnya setelah menerima kode dari Google via Google Bisnisku seperti menambahkan informasi profil bisnis, foto, jam operasional, fasilitas, menu dan seterusnya.

5. Cara Menggunakan Google Maps untuk Menambah Tujuan

Cara menggunakan Google Maps yang lainnya yaitu, dengan menambah tujuan. Ya, kalian tidak hanya bisa menggunakan satu tujuan saja dalam menggunakan Google Maps. Kalian bisa menggunakannya untuk beberapa tujuan. Dan berikut ini cara menggunakan Google Maps untuk menambah tujuan:

1. Pertama kalian buka aplikasi Google Maps.

2. Setelah itu, kalian bisa ketuk tujuan di peta

3. Kemudian kalian bisa ketuk rute pada bagian kiri bawah.

4. Ketuk Lainnya pada bagian kanan atas, dan pilih tambahkan perhentian.

5. Terakhir klik "Done" dan selesai.

6. Cara Menggunakan Google Maps untuk Menyesuaikan Rute

Dan cara menggunakan Google Maps yang terakhir yaitu cara untuk menyesuaikan rute. Ya, bagi KLovers yang ingin menyesuaikan rute, maka bisa menggunakan cara ini. Ya, tidak jarang rute yang ditampilkan oleh Google Maps mungkin kurang sesuai dengan yang kalian inginkan sehingga harus dilakukan penyesuaian. Misalnya kalian ingin menghindari jalan raya dan jalan tol lalu memilih jalan alternatif lainnya. Bila ingin menggunakan cara ini, maka berikut cara menggunakan Google Maps untuk menyesuaikan rute tersebut:

1. Pertama buka aplikasi Google Maps

2. Setelah itu, ketuk tujuan pada peta dan ketuk rute pada bagian kiri bawah.

3. Lalu kalian bisa ketuk mengemudi pada bagian atas, dan pilih opsi "Rute".

4. Pilih Hindari jalan tol atau Hindari jalan raya.

5. Dan terakhir, klik "Done".

Itulah beberapa cara menggunakan Google Maps yang bisa kalian lakukan dengan tepat. Bukan hanya cara menggunakan Google Maps ada pula manfaat serta fitur dalam Google Maps tersebut.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI