Cara Mematikan Laptop Asus dengan Cepat dan Aman, Pahami Langkahnya

Sabtu, 22 Januari 2022 11:33
Cara Mematikan Laptop Asus dengan Cepat dan Aman, Pahami Langkahnya
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Mengetahui fungsi dan kegunaan setiap fitur di laptop tentu penting diketahui pengguna. Seperti menu Power pada laptop yang memiliki beberapa opsi pilihan untuk mematikan atau mengistirahatkan sistem.

Tombol power pada setiap laptop kurang lebih sama. Pasalnya semua perangkat laptop sebagian besar menggunakan fitur Shutdown untuk mematikannya. Hanya saja perlu tahu bagaimana langkah untuk cara mematikan laptop dengan benar.

Hal ini sangat penting diketahui agar sistem tidak cepat rusak. Buat kalian pengguna laptop Asus, informasi tentang cara mematikan laptop Asus di bawah ini mungkin saja kalian butuhkan.

Apalagi tak hanya menggunakan tombol Power, rupanya ada metode cepat lainnya yang dipakai untuk mematikan laptop. Adapun ulasan lengkap cara mematikan laptop Asus dapat kalian simak sebagai berikut.

1. Cara Mematikan Laptop Asus dengan Cepat

Setiap perangkat digital memiliki tombol power yang digunakan untuk mematikan sistem. Salah satunya laptop Asus yang juga punya fitur power untuk bisa mematikan sistem secara mudah. Sebagian besar cara mematikan laptop memiliki metode yang sama. Hanya saja perlu memperhatikan beberapa hal penting agar laptop dapat mati dengan benar.

Sementara itu, dalam ulasan kali ini akan dibahas mengenai cara mematikan laptop Asus. Cara mematikan laptop Asus bisa dilakukan dengan teknik cepat. Hal ini tentu memudahkan kalian untuk segera menonaktifkan sistem di perangkat. Nah, untuk lebih jelasnya kalian dapat menyimak langkah cara mematikan laptop Asus secara cepat di bawah ini.

Untuk mematikan laptop Asus secara cepat, kalian bisa memanfaatkan tombol keyboard ALT dan F4. Seperti diketahui, shortcut ini bisa digunakan untuk segera mematikan laptop Asus dengan cepat. Sedangkan langkahnya hanya perlu menekan secara bersamaan tombol keyboard ALT + F4. Selanjutnya akan ada opsi untuk memilih fitur Power yakni tombol Shutdown. Klik Shutdown untuk segera mematikan laptop dengan mudah.

Namun perlu diperhatikan sebelum mematikan laptop, pastikan semua program sudah kalian close. Sehingga dapat mematikan laptop Asus secara lebih aman.

2. Cara Mematikan Laptop Asus dengan Aman

Selain cara mematikan laptop Asus pada ulasan sebelumnya, ada pula langkah untuk mematikan sistem di perangkat secara aman dan benar. Tentunya dengan tahu cara mematikan laptop Asus dengan benar bisa mencegah risiko yang mungkin terjadi jika tak sengaja mematikan laptop kurang tepat

Cara mematikan laptop Asus dengan aman sebenarnya sangat mudah. Apalagi langkah ini juga sangat umum diketahui oleh pengguna laptop. Sebagai informasi berikut ini cara mematikan laptop Asus dengan lebih aman dan benar.

Sebelum mematikan laptop pastikan lebih dahulu kalian sudah menutup semua program yang terbuka di sistem. Selain itu, pastikan juga sudah menyimpan data-data yang kalian kerjakan di laptop.

- Setelah semua program tertutup, kalian bisa klik Start bergambar ikon Windows.

- Selanjutnya klik ikon Power di Start Windows.

- Pilih Shutdown untuk mematikan laptop dengan aman.

- Tunggu hingga sistem mulai mati.

- Selesai.

- Kalian berhasil mematikan laptop Asus dengan benar dan aman. Mudah banget bukan KLovers?

3. Cara Mematikan Laptop Asus Pakai Tombol Keyboard

Berikutnya ada juga cara mematikan laptop Asus menggunakan tombol keyboard. Ada beberapa shortcut di keyboard bisa pengguna akses untuk mematikan laptop secara mudah. Untuk menggunakannya, pastikan kalian mengetahui shortcut tombol keyboard yang digunakan sebagai cara mematikan laptop. Sebagai informasi, berikut ini beberapa cara mematikan laptop Asus dengan shortcut tombol keyboard.

1. Shortcut Keyboard untuk Mematikan Laptop CTRL + ALT + Delete

- Pertama tekan dan tahan bersamaan tombol keyboard CTRL + ALT + Delete.

- Selanjutnya kalian dapat memilih Shutdown pada menu Power.

- Tunggu hingga sistem mulai mati.

- Selesai.

2. Shortcut Keyboard untuk Mematikan Laptop Windows + X

- Pertama tekan dan tahan bersamaan tombol keyboard Windows + X

- Pilih Shutdown ataupun Sign Out.

- Tunggu hingga sistem mulai mati.

- Selesai.

4. Cara Mematikan Laptop Asus Via Menu Run

Menu Run di laptop juga bisa kalian gunakan untuk mematikan sistem di perangkat. Namun, kalian perlu mengetahui kode khusus untuk mematikan laptop via menu Run. Adapun langkah cara mematikan laptop Asus melalui menu Run dapat kalian simak sebagai berikut.

- Pertama coba buka menu Run dengan menekan tombol keyboard Windows + R.

- Setelah masuk menu Run, ketikkan kode khusus yakni shutdown -f -s -t 100 (Angka ini juga bisa kalian ganti sesuai keinginan untuk waktu mematikan laptop)

- Tunggu hingga sistem mulai mati jika menggunakan angka 100 artinya laptop akan mati dalam waktu 1 menit 40 detik.

-Selesai.

Itulah cara mematikan laptop Asus melalui menu Run yang perlu diketahui. Sehingga memudahkan kalian untuk memilih referensi langkah menonaktifkan sistem di laptop dengan mudah.

5. Fitur di Menu Power Selain Shutdown

Tak hanya fitur Shutdown, di laptop kalian juga dapat menggunakan fitur pada Power secara mudah. Masing-masing fitur di tombol Power laptop ini juga memiliki kegunaan berbeda. Untuk tahu apa saja fitur dan fungsi pada menu di tombol Power dapat kalian simak sebagai berikut.

- Fitur Restart: Fitur ini dapat digunakan untuk memulai ulang sistem. Diketahui juga dengan restart maka sistem di laptop dapat berjalan lebih lancar karena semua sistem memulai dari awal.

- Fitur Sleep: Fitur ini dapat kalian gunakan untuk mengistirahatkan sistem selama beberapa waktu. Artinya dengan fitur Sleep ini dapat membuat sistem di laptop kalian bisa mati sementara. Sehingga dapat menghemat penggunaan baterai di laptop. Untuk menghidupkannya kembali, kalian hanya perlu membuka layar laptop atau menekan salah satu tombol di keyboard.

- Fitur Hibernate: Tak berbeda jauh dengan fitur Sleep, kalian juga bisa memfungsikan menu Hibernate ini untuk menghemat daya laptop. Sebenarnya fitur ini tak berbeda jauh dengan menu Sleep, hanya saja jauh lebih sedikit menguras daya. Selanjutnya kalian bisa menekan kembali tombol power keyboard untuk menghidupkan laptop.

Itulah penjelasan mengenai cara mematikan laptop Asus dengan mudah dan cepat. Sehingga bisa dijadikan referensi buat kalian untuk segera mematikan laptop secara aman.

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI