3 Cara Mengetahui Akun Fake IG Itu Milik Siapa dengan Mudah, Bisa Pakai Nomor HP

Kamis, 20 Januari 2022 17:33 Penulis: Puput Saputro
3 Cara Mengetahui Akun Fake IG Itu Milik Siapa dengan Mudah, Bisa Pakai Nomor HP
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Instagram atau ig menjadi media sosial yang populer. Terbukti setiap harinya, pengguna instagram terus bertambah. Bahkan tak jarang, seorang pengguna instagram mempunyai lebih dari satu akun. Akun kedua ketiga dan seterusnya inilah yang kemudian sering disebut akun fake. Pasalnya, akun-akun tersebut biasa dipakai secara anonim. Saat ini, penting untuk tahu cara mengetahui akun fake ig itu milik siapa.

Ya, keberadaan akun fake memang bisa meresahkan. Sebab, biasanya akun fake dibuat seseorang secara khusus untuk memata-matai akun orang lain. Bahkan ada kalanya, seseorang yang tak bertanggung jawab memakai akun fake untuk menebar kebencian, fitnah, hingga teror. Itulah sebabnya kita perlu waspada, salah satunya dengan cara mengetahui akun fake ig itu milik siapa.

Sayangnya, akun fake yang sengaja dibuat anonim terkadang terasa sulit dilacak siapa pemiliknya. Tapi jangan khawatir, sebab ternyata ada beberapa cara mengetahui akun fake ig itu milik siapa, yang bisa dilakukan. Untuk tahu caranya, langsung saja simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Cara Mengetahui Akun Fake IG Lewat Profil

Salah satu cara mengetahui akun fake ig itu milik siapa bisa dilakukan dengan mudah melalui profil akun tersebut. Namun cara ini hanya bisa dilakukan apabila akun fake tersebut tidak diprivat. Sebab jika akun diprivat, kalian tentu tidak akan bisa mengakses profil tersebut. Berikut langkah-langkah untuk mengetahui akun fake ig itu milik siapa melalui profil.

- Buka aplikasi instagram kalian, kemudian temukan akun fake ig tersebut di kolom pencarian. Jika akun fake tersebut mengikuti kalian, kalian bisa menemukannya di daftar followers.

- Setelah ketemu, buka bagian profil akun tersebut.

- Lalu, klik tanda titik tiga yang ada di bagian kanan atas.

- Selanjutnya, gulir ke bawah lalu klik opsi "tentang akun ini".

- Setelah itu, secara otomatis instagram akan memunculkan berbagai informasi mengenai akun fake ig tersebut. Dari informasi tersebut, kalian juga bisa mengetahui sejak kapan akun tersebut dibuat dan aktif.

- Kalian juga bisa mengecek riwayat pergantian nama akun tersebut, dengan klik opsi "former username".

- Setelah klik "former username", secara otomatis ig akan menampilkan riwayat pergantian nama. Bahkan bisa jadi di antaranya adalah nama asli pemilik akun yang mungkin juga kalian kenali.

 

2. Cara Mengetahui Akun Fake IG Lewat IP Address

Cara mengetahui akun fake ig itu milik siapa juga bisa dilakukan melacak IP. Dibandingkan cara yang sebelumnya, mungkin memang sedikit lebih ribet. Namun, cara mengecek akun fake ini tak ada salahnya untuk dicoba. Berikut langkah-langkah dalam cara mengetahui akun fake ig itu milik siapa dengan melacak IP.

- Pertama, buka aplikasi instagram kalian. Lalu, pastikan kalian login di akun kalian yang di-mata-matai akun fake.

- Setelah itu temukan akun fake ig tersebut. Jika akun tersebut mem-follow kalian, kalian bisa menemukannya di daftar pengikut. Namun apabila tidak, kalian bisa mencari dari kolom pencarian.

- Jika sudah menemukan akun tersebut, langsung klik untuk masuk ke profil akun fake ig itu.

- Kemudian, klik ikon gambar titik tiga yang ada di bagian kanan atas profil akun fake ig.

- Berikutnya, pilih opsi "salin URL".

- Selanjutnya buka tab baru, kemudian buka browser.

- Kemudian, kalian bisa mulai lakukan pelacakan IP dengan "Grabify IP" Logger atau "IP Logger".

- Setelah ketemu, kalian bisa buka situs tersebut kemudian paste link URL pada kolom yang tersedia di situs tersebut. Lalu, klik "create URL".

- Kirimkan URL tersebut pada akun fake ig tersebut. Jika akun fake ig tersebut melakukan klik link URL tersebut, kalian bisa langsung salin IP address.

- Selanjutnya, silakan buka situs IP Tracker lalu klik opsi "IP Tracker Option".

- Selesai, selanjutnya akan muncul informasi terkait IP address tersebut.

3. Cara Mengetahui Akun Fake IG Lewat Nomor HP

Ketiga, kalian juga bisa mencoba cara mengetahui akun fake ig melalui nomor hp. Sama seperti cara sebelumnya, cara ini mungkin terbilang tidak akurat. Sebab tergantung apakah pemilik akun tersebut mendaftarkan nomornya atau tidak. Namun, tak ada salahnya cara yang satu ini tetap kalian coba. Berikut cara mengetahui akun fake ig lewat nomor hp.

- Langkah pertama, silakan buka akun instagram kalian.

- Kemudian, masuk ke halaman profil lalu tekan ikon garis tiga di bagian kanan atas.

- Selanjutnya, kalian bisa pilih opsi "Temukan orang".

- Lalu, pilih opsi "connect contact".

- Berikutnya, kalian bisa klik "mulai" untuk menyambungkan nomor hp, kontak di hp, dan akun instagram.

- Secara otomatis, instagram akan menampilkan berbagai akun ig yang juga terhubung dengan kontak. Nah, apabila pemilik akun fake ig juga mendaftarkan nomornya, maka bisa jadi kalian akan menemukan pemilik akun di daftar tersebut.

Itulah di antaranya beberapa ulasan cara mengetahui akun fake ig itu milik siapa. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI