Cara Membuat Abstrak yang Benar dan Mudah, Pahami Unsur - Format dan Strukturnya

Jum'at, 27 Agustus 2021 15:11
Cara Membuat Abstrak yang Benar dan Mudah, Pahami Unsur - Format dan Strukturnya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Abstrak merupakan salah satu bagian penting dalam karya ilmiah, seperti skripsi, tesis, desertasi, jurnal, dan sejenisnya. Sesuai dengan namanya, abstrak berisi abstraksi atau ringkasan singkat tentang keseluruhan bagian dari karya ilmiah. Itulah sebabnya, abstrak juga jadi salah satu bagian dari karya ilmiah yang relatif susah dibuat. Tak heran, banyak orang yang mencari panduan cara membuat abstrak di internet.

Salah satu hal yang susah dari membuat abstrak adalah meringkas keseluruhan dari bagian-bagian pada karya ilmiah dalam 1-2 halaman saja. Padahal, karya ilmiah bisa saja terdiri atas puluhan hingga ratusan halaman. Karenanya, butuh ketelitian serta kecermatan dalam menyusun bagian abstrak. Selain itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun abstrak. Apa sajakah itu?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang cara membuat abstrak yang praktis dan mudah dipahami.

 

1. Memahami Apa Itu Abstrak

Sebelum mulai membuat, penting untuk kalian memahami terlebih dahulu apa itu abstrak. Dilansir dari liputan6.com, International Standart Organisation (ISO) menyebut abstrak sebagai uraian singkat yang akurat yang mewakili isi atau inti suatu dokumen tanpa adanya tambahan interpretasi atau kritikan dan tanpa melihat siapa yang membuat sari karangan tersebut.

Selain disajikan secara ringkas, akurat, dan jelas, abstrak juga harus dibuat dengan mengikuti beberapa ketentuan atau standar yang telah ditetapkan. Adapun ketentuan dan standar tersebut meliputi unsur-unsur dalam isi beserta format penulisan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

 

2. Unsur-Unsur dalam Abstrak

Abstrak dibuat sebagai intisari yang menunjukkan keseluruhan bagian karya ilmiah secara singkat. Maka, abstrak yang baik harus dibuat secara jelas agar mudah dipahami. Sehingga kemudian membuat pembaca makin tertarik untuk mendalami materi yang diteliti. Untuk itu, beberapa unsur dalam abstrak harus terpenuhi. Adapun cara membuat abstrak yang benar sebaiknya dapat memenuhi beberapa unsur berikut ini.

1) Unsur penulisan yang sederhana, singkat, padat, jelas, sehingga mudah dipahami.

2) Unsur argumentasi yang disusun secara logis diimbangi dengan observasi guna memecahkan permasalahan yang diangkat.

3) Unsur metode atau pendekatan yang digunakan dalam upaya memecahkan permasalahan yang diteliti.

4) Unsur hasil yang dicapai disertai dengan kesimpulan yang dapat diambil dari karya ilmiah tersebut.

 

3. Memahami Format dan Struktur Penulisan Abstrak

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, abstrak tak bisa ditulis dengan asal-asalan. Abstrak dibuat untuk kepentingan ilmiah, sehingga harus disusun dengan mengikuti format dan struktur yang telah ditentukan. Oleh karena itu, memahami format dan struktur penulisan abstrak menjadi bagian penting dalam cara membuat abstrak.

Abstrak biasa ditulis dalam dua bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris. Untuk font, abstrak biasa menggunakan font times new roman dengan spasi berjarak 1. Selain itu, masih ada beberapa format dan struktur dalam penulisan abstrak. Beberapa format dan struktur tersebut antara lain sebagai berikut.

1) Format dan struktur penulisan judul penelitian diketik dengan menggunakan capital font dan size 14, dengan position center text dicetak bold.

2) Format dan struktur sub judul sama dengan judul hanya saja size diubah menjadi 12.

3) Format dan struktur penulisan nama peneliti ditulis tanpa menggunakan gelar, disertai nomor urut dengan superscript posisi center dengan font size 12 dicetak bold.

4) Format dan struktur penulisan nama jurusan, program studi, dan alamat institusi berada pada posisi center dengan font size 12 dicetak bold.

5) Format dan struktur penulisan email ketua peneliti dicantumkan posisi center dengan font size 12.

6) Format dan struktur penulisan judul "ABSTRAK" ditulis dengan huruf kapital dengan posisi center dicetak bold.

7) Format dan struktur penulisan isi abstrak ditulis dengan posisi rata kanan kiri, dengan jumlah kata maksimal 250 kata, menggunakan huruf dengan font size 12.

8) Format dan struktur penulisan kata kunci dibuat dengan rata kanan-kiri.

 

4. Cara Membuat Abstrak

Setelah memahami unsur-unsur, format, dan strukturnya, kini kalian bisa membuat abstrak yang benar. Berikut tips dan cara membuat abstrak berikut.

1) Jelaskan latar belakang masalah dalam penelitian secara ringkas dengan mengambil bagian-bagian dirasa perlu untuk dipaparkan.

2) Uraikan secara singkat metode yang digunakan pada penelitian, beserta instrumen-instrumen yang digunakan.

3) Uraikan hasil penelitian secara umum saja, agar tetap singkat sampaikan hasil tersebut dalam beberapa baris kalimat.

4) Sertakan uraian kesimpulan yang dalam beberapa baris kalimat, namun dapat mewakili keseluruhan hasil penelitian.

5) Masukkan kata kunci pada bagian akhir paragraf, agar memudahkan pencarian secara daring atau online.

6) Pastikan abstrak yang dibuat telah memenuhi unsur-unsur, format, dan strukturnya.

Itulah di antaranya ulasan mengenai cara membuat abstrak yang benar. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan!

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI