Cara Membuat Daftar Isi di Word Secara Manual dan Otomatis, Praktis Mudah Dilakukan

Kamis, 26 Agustus 2021 13:22 Penulis: Puput Saputro
Cara Membuat Daftar Isi di Word Secara Manual dan Otomatis, Praktis Mudah Dilakukan
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Daftar isi jadi salah satu bagian penting dalam penulisan karya ilmiah ataupun buku. Pasalnya, daftar isi nantinya bisa menjadi petunjuk bagi pembaca untuk menemukan halaman atau materi tertentu yang sedang dicari. Karenanya, pembuatan daftar isi harus dibuat dengan seksama. Sayangnya, masih banyak orang yang tak mengetahui cara membuat daftar isi yang benar.

Padahal ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat daftar isi dengan menggunakan Ms Word. Pertama, kalian bisa membuatnya secara manual. Selain itu, kalian juga bisa membuatnya secara otomatis sehingga relatif lebih praktis. Penasaran bagaimana cara membuatnya?

Tak perlu berlama-lama, silakan langsung saja kalian simak beberapa cara membuat daftar isi yang mudah untuk dilakukan dirangkum dari liputan6.com berikut ini.

1. Cara Membuat Daftar Isi di Word Secara Manual

Seperti yang disinggung sebelumnya, salah satu cara membuat daftar isi bisa dilakukan secara manual. Cara ini terbilang mudah untuk dilakukan, terlebih apabila karya ilmiah atau buku tersebut tak terdapat banyak subbab.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat daftar isi di Ms Word secara manual.

1) Mengatur Right Tab

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat daftar isi secara manual ialah mengatur right tab atau margin untuk rata kanan. Cara ini penting untuk dilakukan agar daftar isi yang dibuat punya tampilan yang rapi dan mudah dipahami.

Untuk caranya, terlebih dahulu tampilkan ikon right tab dengan memunculkan gambar ruler pada tab view. Setelah itu, perhatikan ikon tab yang berada di pojok kiri atas. Klik ikon tersebut hingga menjadi right tab. Jika sudah, kalian tinggal mengatur posisi right tab dengan menggunakan ruler.

2) Membuat Titik-Titik Secara Otomatis

Setelah mengatur right tab, langkah kedua yaitu membuat titik-titik yang menghubungkan judul bab atau subbab dengan nomor halaman. Titik-titik ini sebaiknya tetap dibuat secara otomatis agar lebih rapi. Caranya mudah, lakukan klik dua kali pada righ tab, hingga muncul menu pop-up. Dalam menu tersebut, kalian bisa mengatur format titik-titik yang akan digunakan.

3) Memasukkan Daftar Bab, Subbab, dan Nomor Halaman

Berikutnya, kalian tinggal perlu menuliskan daftar judul bab dan subbab satu persatu. Tiap kali selesai menuliskan judul bab atau subbab, kalian bisa menekan tombol tab pada keyboard. Setelah itu, secara otomatis titik-titik akan muncul hingga di ujung baris. Terakhir, kalian tinggal memasukkan nomor angka halaman di bagian ujung titik-titik tersebut.

2. Cara Membuat Daftar Isi di Ms. Word secara Otomatis

Cara membuat daftar isi yang kedua yaitu bisa dilakukan secara otomatis. Dibandingkan cara sebelumnya, cara ini mungkin terkesan ribet karena lebih banyak langkah-langkah yang harus dilakukan. Namun, di lain sisi cara ini juga dinilai praktis karena dapat memudahkan pengerjaan selama penyusunan karya tulis atau buku. Selain itu, cara ini juga dapat mengurangi risiko salah memasukkan nomor halaman.

Berikut langkah-langkah cara membuat daftar isi secara otomatis.

1) Mengatur Heading

Untuk membuat daftar isi secara otomatis, pertama-tama kalian harus mengatur penggunaan heading. Dengan pengaturan ini, judul bab dan subbab akan lebih mudah terdeteksi oleh Ms Word. Adapun cara mengatur heading sebagai berikut.

- Blok bagian judul bab atau subbab yang akan dijadikan heading dan masukkan dalam daftar isi.

- Selanjutnya, atur heading dengan menggunakan fitur Styles yang terdapat pada bagian tab Home.

- Atur Heading 1 sebagai bagian utama dan Heading 2 sebagai sub bagian. Lakukan terus secara berulang di setiap bab dan subbab.

2) Mengisi Daftar yang akan Dibuat

Setelah mengatur heading, langkah berikutnya ialah mengisi daftar isi, berikut adalah langkah-langkahnya.

- Masuk ke tab References, kemudian pilih Table of Contents.

- Terdapat pilihan untuk membuat daftar isi secara otomatis atau manual. Beberapa pilihan opsi yang tersedia antara lain opsi pertama dan kedua adalah Tabel Otomatis (Automatic Table 1 dan Automatic Table 2), sedangkan opsi ketiga merupakan Tabel Manual (Manual Table).

- Pilih salah satu opsi yang akan digunakan, kemudian daftar isi akan langsung jadi dengan rapi.

3) Memperbarui Daftar

Seperti yang disinggung sebelumnya, pembuatan daftar isi secara otomatis berguna juga untuk mengurangi risiko kesalahan dalam memasukkan angka nomor halaman. Apabila terjadi perubahan dalam dalam dokumen yang mempengaruhi urutan daftar isi, kalian tak perlu panik. Kalian cukup melakukan pembaruan daftar isi dengan cara mengklik Update Table di bagian pojok kiri atas.

3. Membuat Page Number atau Nomor Halaman

Setelah mengetahui cara membuat daftar isi otomatis dan manual, penting juga untuk tahu cara membuat nomor halaman atau page number. Sebab bagaimanapun, daftar isi nantinya berkaitan erat dengan nomor halaman.

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk membuat nomor halaman adalah sebagai berikut.

1) Pertama pilih menu insert.

2) Kemudian, pilih page number.

3) Atur lokasi peletakan nomor halaman. Setelah dilakukan pengaturan, nomor halaman akan muncul sesuai pada lokasi yang ditentukan.

4) Terakhir, kalian tinggal tutup header dan footer, caranya cukup dengan melakukan klik sebanyak dua kali di luar area header dan footer.

Itulah di antaranya ringkasan terkait cara membuat daftar isi manual dan otomatis, berikut memberikan nomor halaman. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI