Cara Membuat Efek di Instagram Sendiri, Ketahui Tips dan Langkah Mudahnya

Kamis, 23 Desember 2021 15:33 Penulis: Nurul Wahida
Cara Membuat Efek di Instagram Sendiri, Ketahui Tips dan Langkah Mudahnya
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Cara membuat efek di Instagram sendiri rupanya cukup praktis. Hanya saja pengguna perlu tahu langkah-langkahnya serta fungsi fitur untuk cara membuat efek di Instagram sendiri pakai aplikasi.

Ada beragam efek di Instagram yang bisa digunakan secara free alias gratis. Salah satunya yakni efek filter IG yang banyak dipakai pengguna untuk bikin Instastory ataupun posting foto. Nah, selain bisa pakai efek yang sudah disediakan di IG, kalian juga bisa membuat sendiri.

Apalagi ada cara membuat efek di Instagram dengan aplikasi yang mudah banget diakses. Namun perlu diketahui dulu bagaimana fungsi fitur yang ada di IG untuk bikin efek. Karena itulah, di bawah ini ulasan lengkapnya tentang cara membuat efek di Instagram.

Adapun cara membuat efek di Instagram sendiri telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber. Langsung saja simak referensi mudahnya cara membuat efek di Instagram sendiri.

1. Mengenal Efek di Instagram

Salah satu fitur paling menarik di Instagram adalah adanya efek atau filter. Pengguna Instagram dapat menggunakan efek di Instagram secara mudah dan praktis melalui instastory ataupun saat akan mengunggah foto ke akun Instagram.

Ada beragam jenis efek di Instagram yang bisa digunakan secara free. Apalagi dengan efek Instagram bisa membuat tampilan foto semakin maksimal dan indah. Karena itulah, efek di Instagram bisa dibilang dapat mempercantik tampilan foto. Apalagi beberapa efek di Instagram dibuat menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang bisa membuat tampilan wajah makin menarik. Misalnya saja efek make up wajah, bentuk wajah, dan seterusnya.

Selain bisa menggunakan efek yang sudah disediakan oleh Instagram, pengguna juga dapat membuat sendiri efek di Instagram. Setelah membuat sendiri efek Instagram, nantinya pengguna bisa mengunggah efek tersebut di Instagram yang juga dapat digunakan oleh pengguna lain.

2. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Efek di Instagram

Sebelum tahu cara membuat efek di Instagram sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan penggunanya ketika ingin bikin efek IG. Karena itulah di bawah ini ada beberapa poin penting terkait hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat efek di Instagram sendiri. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan dapat kalian simak sebagai berikut.

- Mengunduh aplikasi untuk membuat efek di Instagram.

- Ketahui fungsi fitur pada aplikasi yang akan digunakan.

- Cari referensi efek di Instagram yang sudah diunggah oleh pengguna lain.

- Rancang rencana konsep untuk bikin efek Instagram.

- Menyiapkan objek yang akan digunakan untuk bikin filter.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat efek di Instagram. Sehingga memudahkan kalian untuk segera bikin efek sendiri di IG.

3. Cara Membuat Efek di Instagram Sendiri

Selanjutnya kita masuk ke pembahasan bagaimana cara membuat efek di Instagram. Cara membuat efek di Instagram sebenernya tak terlalu sulit. Apalagi jika kalian sudah mengetahui apa saja fungsi fitur di aplikasi yang akan digunakan untuk cara membuat efek di Instagram, maka akan lebih mudah.

Adapun langkah cara membuat efek di Instagram sendiri dapat kalian simak sebagai berikut. Ini cara membuat efek di Instagram sendiri dengan mudah dan praktis pakai aplikasi Spark AR Studio.

- Pertama unduh dan instal aplikasi Spark AR Studio di laptop kalian.

- Lalu pilih Create Project.

- Setelah itu tambahkan objek dengan klik Add Asset di menu Assets. Klik Animation Sequence, tambahkan nama layer. Pilih file objek yang akan kalian gunakan.

- Kalian juga bisa menggunakan sample efek yang sudah tersedia di aplikasi tersebut lalu menyuntingnya menggunakan objek yang sudah kalian siapkan.

- Setelah selesai menambahkan objek dan menyunting filter, kalian dapat preview atau uji coba lebih dahulu efek yang sudah dibuat.

- Caranya dengan membuka webcam lalu uji coba dengan efek yang sudah kalian buat.

- Apabila sudah yakin dengan efek yang sudah dibuat, ekspor dengan pilih file lalu Export dan pilih penyimpanannya.

- Selanjutnya kalian bisa mengunggah file efek IG melalui facebook.com/sparkarhub dan klik Upload Effect.

- Klik Instagram dan masukkan nama efek kalian.

- Pilih Next.

- Lalu masukkan gambar pada menu Effect Icon untuk foto sampul efek IG kalian.

- Lalu centang Legal Agreement.

- Klik Upload and Continue.

- Kalian bisa pilih Preview in App untuk mencoba efeknya atau klik Get a Preview Link untuk share ke pengguna lain.

Itulah beberapa cara membuat efek di Instagram dengan aplikasi. Sehingga memudahkan kalian bikin efek sendiri di Instagram secara ekslusif.

4. Cara Mencoba Efek di Instagram Buatan Sendiri

Setelah tahu cara membuat efek di Instagram pada ulasan sebelumnya, ketahui juga bagaimana cara mencoba efek di Instagram. Cara mencoba efek di Instagram buatan sendiri sangatlah mudah dan praktis. Adapun langkah cara mencoba efek di Instagram buatan sendiri dapat kalian simak sebagai berikut.

- Pertama buka aplikasi Instagram kalian.

- Login ke akun Instagram.

- Lalu masuk ke menu instastory.

- Cari efek Instagram yang sudah kalian buat dengan klik ikon pencarian.

- Lalu gunakan efek tersebut untuk mencobanya secara mudah.

Itulah beberapa cara membuat efek di Instagram sendiri dengan mudah dan praktis. Sehingga dapat membantu kalian bikin efek Instagram sendiri yang lebih ekslusif atau beda dari yang lain.

(kpl/gen/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI