Cara Membuat Email Baru di HP dan Laptop, Ketahui Pula Manfaatnya

Kamis, 23 September 2021 20:11 Penulis: Anik Setiyaningrum
Cara Membuat Email Baru di HP dan Laptop, Ketahui Pula Manfaatnya
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Dahulu, kalian harus pergi ke kantor pos untuk mengirim surat atau dokumen tertentu. Pada zaman sekarang, ketika teknologi sudah berkembang pesat, kalian hanya membutuhkan email untuk mengirimkan surat lewat HP atau komputer. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk mengetahui cara membuat email baru di HP.

Email adalah singkatan dari electronik mail atau surat elektronik. Karena pengirim dan penerima harus sama-sama memiliki akun maka sudah sewajarnya kalian tahu cara membuat email baru di HP. Tak hanya untuk kebutuhan praktis seperti mengirim surat, kalian juga membutuhkan email untuk dicantumkan sebagai identitas pribadi.

Dengan tahu cara membuat email baru di HP, kalian bisa juga mengajari orang di sekitar agar lebih melek teknologi dan bisa menikmati kemudahan yang ditawarkan. Nah, untuk mempermudah kalian dalam membuatnya, silakan simak langkah-langkah beserta tahapannya berikut ini.

1. Cara Membuat Email Baru di HP

Bagi kalian yang ingin mempelajari hal ini, silakan ikuti tata cara membuat email baru di HP seperti berikut ini.

- Cari menu setting atau pengaturan di HP.

- Selanjutnya, pilih menu account atau akun.

- Klik add account atau tambah akun.

- Cari ikon Google, lalu akan muncul pilihan 'sign in' dan 'create a new account'

- Untuk membuat akun baru, kalian pilih 'create a new account".

- Sesuai dengan kolom yang ditampilkan, kalian harus mengisi nama depan dan nama belakang, lalu klik lanjutkan atau next.

- Setelah itu, kalian juga perlu mengisi tanggal lahir dan jenis kelamin, lalu klik lanjutkan atau next.

- Pilih nama sebagai username kalian, lalu lanjutkan.

- Jika ternyata terdapat tulisan "That username is taken. Try another." itu tandanya orang lain telah memakai username yang kalian pilih. Kalian bisa mengakalinya dengan menambah angka. Jika sudah, klik next.

- Selanjutnya adalah menentukan password. Minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa! Samakan isian kolom atas dengan bawah. Jika sudah, klik next.

- Kemudian, akan muncul kotak Privacy and Terms, lalu klik pada tombol 'I Agree'.

- Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password. Klik Next.

- Aplikasi akan memproses. Setelah itu akan ada pemberitahuan yang mengatakan bahwa kalian telah memiliki akun Gmail baru.

2. Cara Membuat Email Baru di Laptop

Selain cara membuat email baru di HP, kalian bisa membuatnya di laptop. Untuk mengetahui lebih detail, silakan simak langkah-langkah berikut ini.

- Buka browser dan masukkan alamat www.gmail.com.

- Kemudian, klik create an account, sebuah kotak akan terbuka.

- Isi data diri dengan lengkap. Pada isian setelah nama, kalian bisa memilih nama untuk username.

- Jika ternyata terdapat tulisan "That username is taken. Try another." itu tandanya orang lain telah memakai username yang kalian pilih. Kalian bisa mengakalinya dengan menambah angka.

- Lalu, isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar.

- Setelah itu, klik "Next Step", akan muncul agreement, atau kotak persyaratan, klik pada "I Agree".

- Kalian telah memiliki akun Gmail sekarang.

3. Manfaat Membuat Email

- Media Komunikasi

Fungsi ini bisa dibilang sebagai fungsi pertama email. Sebagai media komunikasi, email memungkinkan penggunanya untuk saling berkirim dan membalas pesan dengan waktu yang cepat, bahkan hanya hitungan detik saja.

Pada awal kemunculannya, tentu ini menjadi penemuan yang luar biasa. Seseorang tak perlu ke kantor pos lagi, tapi bisa dengan cepat mengirim pesan berkat koneksi internet yang tersedia. Tak hanya surat, email juga memungkinkan kalian untuk mengirim berbagai dokumen. Entah itu foto, video, teks, dan seterusnya bisa kalian kirim dalam bentuk attachment (lampiran) di email.

- Identitas Diri

Identitas diri adalah segala sesuatu yang menunjukkan diri seseorang. Identitas diri biasanya dibutuhkan untuk mengisi formulir tertentu untuk pendaftaran atau pendataan anggota sebuah organisasi.

Apa kalian sering melihat kolom 'email' di sebuah formulir? Nah, itulah salah satu manfaat email, bisa menjadi kontak yang bisa diakses ketika suatu organisasi ingin menghubungi kalian secara resmi. Oleh karena itu, kalian perlu segera menerapkan cara membuat email baru di HP agar punya kontak yang mudah dihubungi.

- Membuat Akun Media Sosial

Masih berkaitan dengan manfaat email sebagai identitas diri, kalian biasanya diminta untuk mencantumkan email saat proses membuat akun media sosial. Apalagi, sebagian besar media sosial atau situs web membutuhkan alamat email untuk mengakses dan melakukan aktivitas di dalam.

Tak hanya media sosial, alamat email biasanya juga dibutuhkan untuk belanja online di e-commerce, memainkan game online, atau berinteraksi di situs forum. Tak menutup kemungkinan pula seluruh kegiatan di internet yang kalian lakukan membutuhkan alamat email untuk mengaksesnya.

- Media Pemasaran

Jika kalian punya bisnis, tak ada salahnya untuk mencoba email sebagai media pemasaran. Hal itu sering dilakukan para pelaku bisnis untuk promosi secara online untuk meningkatkan penjualan.

Meski email termasuk media pemasaran online yang paling tua, efeknya masih bisa dirasakan sampai sekarang. Selain itu, pemasaran lewat email pun terhitung masih efektif hingga kini, lho, KLovers!

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI