Cara Membuat Email Baru di HP yang Sudah Ada Emailnya, Android Maupun iPhone

Selasa, 16 November 2021 14:33 Penulis: Dhia Amira
Cara Membuat Email Baru di HP yang Sudah Ada Emailnya, Android Maupun iPhone
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Bagi kalian pengguna email, tentu bukan hanya digunakan di PC atau laptop saja, namun juga kalian gunakan di HP juga. Namun bagaimana ya bila kalian memiliki lebih dari satu akun email? Apalagi bila kalian orang yang sibuk, tentu tidak bisa menjadikan 1 akun email untuk berbagai urusan. Namun tenang saja KLovers, ada kok cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya.

Jadi kalian bisa memiliki beberapa akun email dalam 1 HP. Kalian juga tidak perlu mencampurkan akun pribadi dan akun bisnis. Cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya juga bisa dilakukan dengan mudah kok, terutama bagi kalian para pemula. Jadi jangan khawatir, bahkan pengguna iPhone juga bisa loh melakukan cara ini tentu dengan cara yang mudah dan praktis.

Nah, untuk KLovers yang penasaran bagaimana cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya. Maka berikut ini beberapa cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya baik di HP android maupun di iPhone. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Kelebihan Memiliki Akun Email

Sebelum mengetahui cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya. Tentu kalian perlu tahu kelebihan apa saja bila memiliki akun email. Bukan hanya bisa mengirimkan pesan kapanpun dan di mana pun, kalian juga bisa memiliki kelebihan lainnya. Nah, untuk itu berikut ini beberapa kelebihan yang bisa kalian dapatkan bila memiliki akun email:

1. Tidak Terbatas Waktu dan Jangkauan

Kelebihan email yang pertama adalah karena sarana komunikasi berbasis teknologi ini tidak terbatas untuk diakses baik batasan waktu ataupun jangkauan. Sebab saat berkirim pesan melalui email, pesan kalian bisa langsung sampai pada pengguna tanpa batasan waktu dan jangkauan. Sehingga pesan kalian cepat diakses bahkan dalam hitungan detik.

2. Lebih Terjangkau

Kelebihan email selanjutnya adalah lebih terjangkau bahkan murah. Ya, dari segi biaya email memang cenderung lebih murah dibandingkan dengan pengiriman pesan melalui media konvensional. Sebab hanya bermodalkan jaringan internet, kalian bisa mengirimkan email tanpa batas waktu dan jangkauan.

3. Praktis Digunakan

Kelebihan email ketiga adalah dari sisi kepraktisannya. Di mana email lebih praktis digunakan dibanding dengan media konvensional lainnya. Misalnya saja saat mengirimkan email, kalian bisa menyertakan langsung dengan foto atau file pendukung lainnya tanpa harus mencetak. Bukan hanya itu saja, hanya dari rumah bermodalkan jaringan internet, kalian dengan mudah mengirimkan pesan.

4. Bisa Menyimpan Data

Ini dapat memudahkan kalian untuk mengakses kembali data-data penting tanpa membutuhkan ruang penyimpanan yang banyak. Misalnya saja pada cara konvensional, seringkali untuk menyimpan data membutuhkan arsip ataupun rak penyimpanan.

5. Lebih Aman

Dalam penggunaan email biasanya memerlukan kata sandi yang dibuat pengguna. Ini dapat mencegah kemungkinan pesan kalian dicuri ataupun diambil alih orang lain. Selain itu email hanya akan terbaca oleh tujuan alamat yang kalian kirimi.

6. Kirim Pesan ke Banyak Orang

Selain tak terbatas waktu, jangkauan, ruang kelebihan email juga dapat dirasakan pengguna karena bisa berkirim pesan ke banyak orang. Sebab email memiliki fasilitas kirim ke banyak orang dengan cara mudah dan praktis dipakai.

2. Kekurangan Memiliki Akun Email

Tidak hanya kelebihan saja, nyatanya email juga memiliki beberapa kekurangan yang mungkin bisa menjadi pembelajaran untuk kalian. Hal ini agar ketika kalian menggunakan email tidak terlalu banyak melakukan kesalahan. Nah, berikut ini beberapa kekurangan yang bisa kalian temui bila menggunakan email:

1. Bergantung Koneksi Internet

Kekurangan email yang pertama adalah bergantung pada koneksi internet. Seperti diketahui ketika koneksi internet tidak stabil, maka email mungkin juga tidak dapat digunakan dengan lancar. Sehingga diperlukan koneksi yang baik untuk berkirim pesan melalui email.

2. Berpengaruh Pada Emosional

Hal ini karena, sejumlah email yang dikirim mungkin dapat memicu rasa kesal ataupun kemarahan. Terlebih saat kondisi penting, namun pesan tidak segera dibalas atau bahkan ditarik kembali, ini akan berpengaruh pada kondisi emosional seseorang.

3. Memicu Kesalahpahaman

Selain bisa memicu emosional, penyebab lainnya yaitu bisa memicu kesalahpahaman. Sebab penggunaan email menyebabkan setiap penggunanya mungkin mengalami salah kirim ataupun salah ketik yang akhirnya menyebabkan kesalahan dalam interpretasi pesan. Akhirnya kondisi tersebut bisa memicu kesalahpahaman.

4. Rentan Terkena Virus

Penggunaan internet tentunya berisiko rentan terkena virus. Apabila virus terdapat pada perangkat kalian, ini juga bisa menyebabkan gangguan pada email. Dampak buruknya virus mungkin bisa memindai email kalian.

5. Penipuan

Dan kekurangan email terakhir yaitu rentan terhadap penipuan. Sebab sejumlah email mungkin mengatasnamakan sebuah perusahaan sah untuk menipu pengguna. Misalnya saja jika kalian memberikan informasi pribadi pada mereka, ini dapat menyebabkan kebocoran data pribadi yang rentan disalahgunakan. Sehingga kalian benar-benar perlu berhati-hati dalam menggunakannya.

3. Cara Pertama Lewat Pengaturan

Nah, cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya yang pertama yaitu dengan menggunakan pengaturan. Cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya ini digunakan untuk kalian pengguna HP android ya KLovers. Berikut ini beberapa cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya lewat pengaturan:

1. Cara pertama yang bisa kalian lakukan yaitu, kalian bisa buka Pengaturan atau Settings pada ponsel kalian.

2. Kemudian kalian bisa cari dan pilih Menu Google.

3. Kemudian kalian bisa tekan tanda panah pada bagian pojok kanan laman. Lalu kalian bisa tekan "Tambah Akun Lain".

4. Pada tahap ini kalian akan diminta scan sidik jari atau masukan PIN yang digunakan untuk masuk ke Hp kalian demi keamanan akun email.

5. Pada Halaman Login Gmail, pilih Buat Akun. Dan akan muncul opsi pilihan, "Untuk Diri Sendiri" dan "Mengelola Bisnis". Kalian bisa pilih sesuai kebutuhan.

6. Setelah itu masukkan Nama Depan dan Nama Belakang kalian. Masukkan Informasi Dasar yang berupa Tanggal lahir dan Gender

7. Selanjutnya pilih Buat Alamat Gmail kalian, lalu masukkan alamat Email yang ingin dibuat.

8. Lalu kalian juga akan buat Sandi baru untuk akun email tersebut dan masukkan nomor telephone.

9. Lalu tekan "Berikutnya", dan kalian akan masuk ke halaman Privasi dan Persyaratan, Scroll ke bawah dan tekan "Saya Setuju".

10. Selesai. Secara otomatis akan terlihat alamat Email yang kita buat tadi. Email akan tertaut ke dalam HP Android kalian.

4. Cara Kedua Lewat Aplikasi Gmail

Selanjutnya yaitu ada cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya melalui aplikasi Gmail. Yup! Tidak sama seperti cara sebelumnya, cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya ini bisa kalian lakukan di HP android maupun iPhone. Berikut ini beberapa cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya lewat aplikasi Gmail:

1. Cara pertama kalian bisa buka Aplikasi Gmail

2. Kemudian tekan Menu Akun yang berada pada bagian pojok kanan atas halaman.

3. Selanjutnya tekan Tambahkan Akun Lainnya. Kalian bisa pilih Google, Yahoo atau Outlook, silahkan pilih yang ingin kalian gunakan. (Sebagai contoh Google)

4. Pada tahap ini kalian akan diminta scan sidik jari atau masukan PIN yang digunakan untuk masuk ke Hp kalian demi keamanan akun email.

5. Pada Halaman Login Gmail, pilih Buat Akun. Dan akan muncul opsi pilihan, "Untuk Diri Sendiri" dan "Mengelola Bisnis". Kalian bisa pilih sesuai kebutuhan.

6. Setelah itu masukkan Nama Depan dan Nama Belakang kalian. Masukkan Informasi Dasar yang berupa Tanggal lahir dan Gender

7. Selanjutnya pilih Buat Alamat Gmail kalian, lalu masukkan alamat Email yang ingin dibuat.

8. Lalu kalian juga akan buat Sandi baru untuk akun email tersebut dan masukkan nomor telephone.

9. Lalu tekan "Berikutnya", dan kalian akan masuk ke halaman Privasi dan Persyaratan, Scroll ke bawah dan tekan "Saya Setuju".

10. Selesai. Secara otomatis akan terlihat alamat Email yang kita buat tadi. Email akan tertaut ke dalam HP Android kalian.

5. Cara Membuat Email di iPhone Lewat Setting

Dan yang terakhir yaitu ada cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya di HP iPhone lewat setting. Cara ini bisa menjadi solusi bagi kalian pengguna iPhone. Berikut beberapa cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya di HP iPhone lewat setting:

1. Pertama bukalah aplikasi Gmail milik kalian di iPhone, kemudian klik Google. Atau kalian juga bisa diakses melalui web pencarian www.gmail.com

2. Selanjutnya akan muncul halaman baru klik More Option.

3. Kemudian klik Creat Account, isikanlah nama depan dan nama belakang kalian, lalu tekan Next.

4. Masukkan tanggal lahir dan jenis kelamin kalian, lalu klik Next.

5. Masukkan password yang kalian buat sendiri.

6. Jika muncul That username is taken. Try another itu berarti alamat email tersebut sudah ada yang menggunakannya. Cobalah kalian tambahkan angka atau salah satu inisial nama kalian.

7. Selanjutnya masukkan nomor Handphone kalian pada menu Add Phone number.

8. Setelah itu akan muncul di halaman Persyaratan klik Agree.

9. Selesai, akun Google baru kalian sudah siap. Bila sudah kalian bisa masukkan alamat email dan password yang tadi kalian buat lalu klik Next.

10. Guna mengsinkronkan Gmail milik kalian dengan Iphone, dan bukalah pengaturan serta klik menu Sandi dan Akun yang berada di bawah dengan lambang kunci.

11. Kemudian klik Tambah Akun, lalu pilih Google.

12. Masukkan alamat email dan password kalian, lalu klik Berikutnya.

13. Tunggu sampai ada verifikasi dalam inbox atau kotak masuk Gmail kalian. Dan akun Google milik kalian bisa langsung digunakan.

Itulah beberapa cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya yang bisa kalian lakukan. Cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya bisa dilakukan oleh mereka pengguna android maupun iPhone. Selamat mencoba KLovers.

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI