6 Cara Cek Kartu Keluarga Online di Situs Web dan Media Sosial Dukcapil dengan Mudah dan Cepat

Kamis, 23 September 2021 18:11 Penulis: Anik Setiyaningrum
6 Cara Cek Kartu Keluarga Online di Situs Web dan Media Sosial Dukcapil dengan Mudah dan Cepat
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Nomor KK merupakan hal sering dibutuhkan dalam berbagai urusan administrasi. Namun sayangnya, bentuk kartu keluarga tidak efisien untuk sering dibawa. Oleh karena itu, kalian perlu mengetahui cara cek kartu keluarga online.

Dengan mengetahui cara cek kartu keluarga online, kalian tak lagi perlu bersusah payah lagi menghafal nomor sebanyak 16 digit. Kalian juga tak perlu pulang dan menempuh jarak yang jauh hanya untuk mendapatkan nomor KK yang disimpan. Perkembangan teknologi telah memudahkan banyak urusan di kehidupan manusia.

Meski situs web Dukcapil sudah ada sejak lama, ternyata masih banyak orang yang belum tahu mengenai tata cara cek kartu keluarga online. Oleh karena itu, berikut ini terdapat informasi tentang beberapa cara mudah yang bisa kalian terapkan untuk mendapatkan informasi mengenai kartu keluarga kalian.

1. Cara Cek Kartu Keluarga Online di Situs Web Dukcapil

Setiap kartu keluarga punya nomor seri yang akan tetap berlaku selama tak terjadi perubahan kepala keluarga. Oleh karena itu, jika ada perubahan susunan keluarga, kalian wajib melaporkan hal tersebut ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat.

Hal tersebut perlu dilakukan agar data kalian valid jika akan digunakan sewaktu-waktu. Nah, saat membutuhkannya di waktu mendesak, kalian bisa menerapkan tata cara cek kartu keluarga online berikut ini. Hal yang perlu kalian siapkan untuk melakukannya adalah NIK di KTP.

- Buka browser kalian dan kunjungi Situs Dukcapil Kementerian Dalam Negeri di alamat website https://dukcapil.kemendagri.go.if

- Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) kalian pada kolom yang tersedia.

- Jika NIK kalian valid atau sudah terdaftar, data kalian akan muncul termasuk nomor kartu keluarga yang kalian cari.

2. Cara Cek Kartu Keluarga Online di Situs Dukcapil Domisili

Cara cek kartu keluarga online lewat berbagai situs di bawah ini sebenarnya sama dengan cara sebelumnya. Situs ini merupakan pengembangan yang dilakukan oleh kota/kabupaten sebagai alternatif jika terjadi gangguan di pusat. Berikut ini daftar situs resmi yang bisa kalian kunjungi.

- Batam: https://disdukcapilbisa.batam.go.id/periksa/nokk

- Bandung: https://disdukcapil.bandung.go.id/cari-biodata

- Kalimantan Barat: https://dukcapil.kalbarprov.go.id/cek-kk

- Tangerang: https://disdukcapil.tangerangkota.go.id/ceknik/

- Sragen: http://dukcapil.sragenkab.go.id/informasi/cek_kk

- Tegal: https://disdukcapil.tegalkab.go.id/informasi/cek_kk

- Kendal: https://dispendukcapil.kendalkab.go.id/ceknik

- Grobogan: https://www.dispendukcapil.grobogan.go.id/ceknik

- Surakarta: htpp://dispendukcapil.surakarta.go.id/pelayanan-kami/pelayanan-online/

- Medan: https://sibisa.pemkomedan.go.id/app

- Kota Bogor: http://disdukcapil.kotabogor.go.id/sikancil/

3. Cara Cek Kartu Keluarga Online di Situs Alternatif

Kartu Keluarga merupakan hal yang penting karena sering dibutuhkan dalam urusan administrasi. Kartu tersebut merupakan bukti yang sah dan kuat atas status identitas keluarga dan anggota keluarga.

Kartu keluarga adalah dasar bagi pembuatan KTP/eKTP maka data identitas kalian di e-KTP mengacu pada data identitas kalian di KK, meliputi NIK, alamat domisili, dan lain - lain. Oleh karena itu, jika kalian membutuhkan informasi mengenai nomor KK, kalian bisa mendapatkannya dengan cara cek kartu keluarga online seperti berikut ini.

- Buka situs https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id/

- Jika sudah terdaftar masukkan nomor ponsel, password, dan captcha yang diminta.

- Jika belum terdaftar, buat akun terlebih dahulu dengan mengisi segala data yang diminta.

- Setelah masuk dengan akun pribadi maka situs akan menampilkan informasi kartu keluarga yang terdaftar.

4. Cara Cek Kartu Keluarga Online Melalui Media Sosial

4. Facebook dan Twitter

Selain melalui berbagai situs di atas, tata cara cek kartu keluarga online bisa kalian lakukan melalui media sosial. Kalian bisa menghubungi media sosial resmi Facebook atau Twitter.

Akun resmi Facebook bisa kalian temukan dengan mengetik nama Ditjen Dukcapil dan @ccdukcapil untuk Twitter. Untuk menghindari penyalahgunaan atau peluang seseorang melancarkan aksi penipuan, sebaiknya kalian menghubungi lewat direct message (DM).

Setelah itu, kalian bisa mengirimkan NIK yang tertera pada KTP untuk dilakukan pengecekan oleh petugas Dukcapil.

5. Email

Selain lewat Facebook dan Twitter, kalian juga bisa meminta informasi mengenai No KK lewat email atau surat elektronik. Untuk mendapatkan jawaban, kalian perlu mengirimkan email berisi NIK KTP, data diri, seperti nama lengkap, serta tujuan permintaan No KK di bodi email.

Setelah itu kirim pesan tersebut ke callcenter.dukcapil@gmail.com. Cara cek kartu keluarga online ini cukup memakan waktu karena kalian perlu menunggu hingga 1x24 untuk mendapat jawaban.

6. WA atau SMS

Cara cek kartu keluarga online dengan cara mengirim pesan juga bisa kalian lakukan lewat WA atau SMS. Kalian hanya perlu menulis pesan berisi nama lengkap, NIK, nomor telepon, dan maksud tujuan kalian, kemudian kirimkan ke nomor +628118005373. Selanjutnya, kalian tinggal menunggu balasan dari pihak dukcapil yang akan menginformasikan nomor KK kalian.

Nah, itulah beberapa cara cek kartu keluarga online yang bisa kalian terapkan saat kalian berada dalam situasi mendesak. Cara ini jelas lebih mudah dibandingkan dengan menghafal atau terpaksa pulang untuk mengambilnya.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI