Cara Membuat Instagram Bisnis untuk Pemula, Beserta Fitur dan Penjelasannya

Kamis, 17 Februari 2022 10:22 Penulis: Dhia Amira
Cara Membuat Instagram Bisnis untuk Pemula, Beserta Fitur dan Penjelasannya
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan sebagai bentuk hiburan. Namun, selain menjadi sebuah media sosial, saat ini Instagram juga bisa menjadi akun untuk mereka yang memiliki bisnis loh KLovers. Ya, bagi kalian yang ingin membuat akun bisnis ada kok cara membuat Instagram bisnis untuk pemula.

Ya, semakin berkembang, Instagram memberikan sebuah fitur pelayanan untuk mereka yang akan melakukan bisnis secara online. Bahkan fitur canggih ini bisa sekaligus memasarkan produk kalian secara lengkap loh KLovers. Memiliki akun bisnis di Instagram juga bisa membuat toko kita terlihat lebih terpercaya dan juga profesional loh.

Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat Instagram bisnis? Maka berikut ini dilansir dari berbagai sumber, inilah cara membuat Instagram bisnis bagi kalian para pemula beserta fitur di Instagram bisnis dan penjelasannya.

1. Fitur yang Ada Instagram Bisnis

Sebelum KLovers mengetahui bagaimana cara membuat Instagram bisnis, maka KLovers perlu tahu dulu nih fitur apa saja yang ada di Instagram bisnis. Dan berikut ini beberapa fitur utama yang ada dalam Instagram bisnis tersebut:

1. Kategori Bisnis

Fitur Instagram pada kategori bisnis pertama yaitu, ada fitur bisnis itu sendiri. Pada tipe akun bisnis dapat kalian gunakan untuk memberitahukan siapa pun yang berkunjung pada akun Instagram kalian, bahwa akun tersebut berada pada suatu industri bisnis tertentu.

2. Insights

Pada fitur insights, kalian dapat melihat semua informasi yang perlu kalian ketahui mengenai bisnis kalian. Dari informasi mengenai konten yang kalian buat, bagaimana aktivitas dan perkembangan akun kalian, hingga informasi mengenai followers yang akun bisnis kalian miliki.

3. Ads

Fitur Instagram bisnis berikutnya adalah Ads. Dengan bantuan Ads, kesempatan kalian untuk menjangkau lebih banyak audiens bisa semakin besar. Kalian bisa menargetkan audiens secara lebih spesifik berdasarkan usia, demografi, interest, behavior dan sebagainya.

4. Ad Tools

Seperti namanya, Ad tools berfungsi untuk mengatur iklan yang akan kalian tayangkan. Pada bagian ini terdapat 2 bagian, yang satu jika kalian baru ingin mulai melakukan iklan dan satu lagi untuk mengatur iklan yang sudah kalian buat.

5. Add Shop

Jika bisnis kalian memiliki beberapa produk atau bahkan banyak produk, maka fitur satu ini sangat tepat untuk kalian gunakan. Add shop akan membantu memudahkan followers dan audience untuk melihat produk-produk yang kalian miliki, sekaligus deskripsi dan harga dari produk tersebut. Namun sebelum kalian dapat memasukkan foto-foto produk pada katalog toko, akun kalian harus terlebih dahulu terhubung dengan akun Facebook yang kalian miliki.

6. Call to Action

Seperti pada jenis pemasaran yang lainnya, kehadiran call to action sangat penting dan Instagram sadar akan hal tersebut. Oleh karena itu ada pilihan call to action yang bisa kalian gunakan untuk melengkapi keperluan bisnis kalian.

2. Cara Membuat Instagram Bisnis

Nah, setelah mengetahui fitur yang ada di Instagram bisnis, maka kalian bisa mengetahui bagaimana cara membuat Instagram bisnis terutama untuk pemula. Dan berikut ini beberapa cara membuat Instagram bisnis yang lengkap bagi kalian para pemula:

1. Masuk pada Aplikasi Instagram kalian. Jika sebelumnya kalian telah memiliki akun Instagram untuk bisnis kalian yang belum di konversikan ke Akun Bisnis, kalian dapat menggunakannya dan mengonversikannya.

Namun jika belum memiliki akun instagram kalian cukup membuat akun baru. Pilih nama pengguna yang secara jelas mewakili bisnis kalian, seperti nama bisnis kalian.

2. Ubah ke profil bisnis. Setelah masuk pada akun instagram kalian, Masuk ke bagian Profil. Dari profil kalian, ketuk ikon roda gigi di sudut kanan atas dan pilihlah lalu ketuk untuk beralih ke profil bisnis.

3. Karena Instagram terintegrasi dengan Facebook maka Akun Bisnis kalian harus memiliki Halaman Facebook untuk beralih ke profil bisnis.

Kalian bisa terlebih dahulu membuat halaman Facebook di akun Facebook kalian. Namun jika kalian sudah punya halaman Facebook untuk bisnis kalian, maka kalian hanya perlu menyambungkannya untuk beralih ke Instagram bisnis.

4. Akun Instagram kalian telah berhasil terkonversi sebagai Akun Bisnis.

5. Buat Profil Informatif dan Menarik. Tambahkan foto profil, biografi, dan tautan ke situs web kalian.

6. Kalian bisa menggunakan hashtag untuk mempromosikan produk kalian, cara ini cukup ampuh untuk menjaring para audiens. Selain itu buat konten postingan semenarik mungkin.

Bisa dengan mengunggah foto yang instagramable atau unggahan dengan desain menarik. Dengan begitu para audiens akan tertarik mengunjungi akun kalian.

Itulah beberapa cara membuat Instagram bisnis yang bisa kalian lakukan dengan mudah untuk kalian para pemula. Bukan hanya cara membuat Instagram bisnis saja, kalian juga bisa mengetahui fitur yang ada di Instagram bisnis, beserta artinya. Selamat mencoba.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI