Cara Membuat Kartu Prakerja Secara Online Lengkap dengan Syaratnya, Ketahui Alur Pendaftarannya

Selasa, 05 Oktober 2021 17:11 Penulis: Nurul Wahida
Cara Membuat Kartu Prakerja Secara Online Lengkap dengan Syaratnya, Ketahui Alur Pendaftarannya
Ilustrasi (credit: prakerja.go.id/)


Kapanlagi Plus - Kartu Prakerja menjadi program pemerintah yang diperuntukkan masyarakat Indonesia dengan syarat tertentu. Sementara cara membuat kartu Pra Kerja dapat dilakukan secara online melalui situs prakerja.go.id.

Melalui program kartu Prakerja setiap orang bisa mengembangkan potensi mereka dengan mengikuti pelatihan sesuai minat. Ada beberapa gelombang kartu Prakerja yang sudah berjalan sejak tahun 2020 lalu. Hingga saat ini program Kartu Prakerja diketahui telah memasuki gelombang ke-21 pada bulan September lalu.

Sedangkan rencananya, gelombang ke-23 kartu Prakerja akan dibuka pada bulan Oktober ini. Namun untuk membuat kartu Prakerja secara online ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi agar pengguna bisa berhasil lolos program ini.

Nah, jika kalian hendak membuat kartu Prakerja secara online, berikut ulasannya yang perlu diketahui. Selengkapnya tentang cara membuat kartu Prakerja telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Pengertian Kartu Prakerja

Sebelum mengetahui cara membuat kartu Prakerja, perlu diketahui juga pengertian program Kartu Prakerja. Melansir dari laman resminya, program Kartu Prakerja adalah program yang difasilitasi oleh pemerintah bekerjasama dengan swasta untuk masyarakat Indonesia dengan kriteria seorang pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK, pekerja atau buruh yang berminat meningkatkan keahliannya, ataupun pelaku usaha mikro dan kecil.

Sehingga dengan adanya program Kartu Prakerja diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kompetensinya mengikuti pelatihan tertentu. Beberapa manfaat dari program Kartu Prakerja juga dapat diperoleh seperti menghemat biaya untuk ikut pelatihan, meningkatkan kompetensi atau keahlian, meningkatkan daya beli masyarakat yang terdampak covid-19, mengurangi biaya mencari informasi pelatihan, dan seterusnya.

Nantinya penerima program Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif bulanan sebesar Rp 3.550.000,-. Sedangkan rinciannya yakni hanya dapat dicairkan sebesar Rp 600.000,- per bulan selama 4 bulan. Sehingga total yang dapat diterima sebesar Rp 2.400.000,-. Sebab insentif sebesar Rp 1.000.000,- digunakan untuk biaya pelatihan. Program Kartu Prakerja dibuka pada setiap gelombangnya di mulai sejak tahun 2020 lalu.

2. Syarat-Syarat Membuat Kartu Prakerja

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum membuat Kartu Prakerja. Pasalnya syarat membuat Kartu Prakerja ini dapat menentukan lolos tidaknya atau berhak tidaknya penerima menerima program Kartu Prakerja. Nah berikut syarat-syarat membuat Kartu Prakerja.

- Warga Negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas.

- Tidak sedang sekolah, kuliah ataupun tengah menempuh pendidikan formal.

- Ditunjukkan untuk pekerja/buruh terkena PHK, sedang mencari kerja, pekerja yang ingin meningkatkan kompetensi kerja, pelaku usaha mikro dan kecil, dan pekerja yang terdampak pandemi covid-19.

- Tidak menerima bantuan sosial pemerintah lainnya selama pandemi covid-19.

- Tidak berstatus sebagai pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa atau Perangkat Desa, Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

- Satu Kartu Keluarga (KK) hanya dapat mendaftarkan maksimal dua NIK saja.

3. Pahami Alur Program Kartu Prakerja

Sebelum membuat kartu Prakerja, ada beberapa alur yang perlu dipahami. Sebab, dengan memahami alur program Kartu Prakerja dapat membantumu mendaftar program Kartu Prakerja secara mudah beserta dengan persyaratan pendaftarannya. Berikut alur program Kartu Prakerja.

- Mendaftarkan diri melalui situs online prakerja.go.id menggunakan email, NIK, nomor KK, serta nomor HP aktif.

- Mengikuti seleksi yakni tes motivasi dan kemampuan dasar.

- Menentukan atau memilih pelatihan di Mitra Platform Digital sesuai keinginan kalian lalu membayar menggunakan kartu Prakerja.

- Menyelesaikan pelatihan hingga berhasil mendapatkan sertifikat.

- Memberikan rating dan ulasan untuk pelatihan yang kalian ikuti.

- Insentif dapat diperoleh setelah menyelesaikan semua alur sebelumnya. Di mana nantinya penerima akan mendapat insentif sebesar Rp 600.000,- per bulan selama 4 bulan sehingga totalnya sebesar Rp 2.400.000,-

- Setelah itu dapat mengisi insentif tiga survei evaluasi nantinya akan memperoleh insentif sebesar Rp 50.000,-/survey.

4. Cara Membuat Kartu Prakerja

Setelah mengetahui pengertian program Kartu Prakerja, syarat-syaratnya serta alur pendaftarannya, maka kalian bisa membuat kartu Prakerja secara mudah. Nah berikut cara membuat kartu Prakerja secara online dengan mudah dan praktis banget.

1. Cara membuat akun kartu Prakerja

- Pertama kunjungi situs https://www.prakerja.go.id/

- Selanjutnya masukkan email ataupun nomor ponsel aktif.

- Setelah itu klik Daftar.

- Pilih metode verifikasi.

- Lalu masukkan kode verifikasi yang dikirimkan sesuai dengan metode yang kalian pilih.

- Setelah itu akun sudah berhasil dibuat.

Setelah mengetahui cara membuat kartu Prakerja untuk tahapan pertama yakni akun, prosesnya tak berhenti di situ saja. Pasalnya penerima harus mengisi formulir untuk kartu Pra Kerja, adapun cara mengisi formulir akun Kartu Prakerja.

2. Cara Mengisi Formulir Kartu Prakerja

- Setelah memiliki akun, kalian bisa login terlebih dahulu.

- Klik Daftar Kartu Prakerja.

- Mengisi formulir pendaftaran lalu klik selanjutnya.

- Mengisi Tes Kemampuan Dasar.

- Jika sudah terisi penuh klik Selesai.

- Notifikasi dapat diterima setelah kalian menyelesaikan pendaftaran dan pengisian formulir.

- Nantinya pengguna akan diarahkan untuk langkah berikutnya hingga proses pelatihan.

Nah itulah cara membuat Kartu Prakerja secara online lengkap dengan syaratnya. Semoga dengan ulasan di atas dapat membantumu membuat akun kartu Prakerja secara mudah dan praktis.

(kpl/gen/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI