Cara Membuat Soal di Google Form dan Kunci Jawaban, Ketahui Juga Langkah-Langkah Mengirimkannya

Rabu, 06 Oktober 2021 11:22
Cara Membuat Soal di Google Form dan Kunci Jawaban, Ketahui Juga Langkah-Langkah Mengirimkannya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Sejak pandemi virus corona covid-19 melanda, segala bentuk kegiatan belajar mengajar di sekolah dialihkan ke sistem online. Alhasil, guru-guru harus beradaptasi dengan menggunakan berbagai aplikasi penunjang, salah satunya google form yang dipakai untuk melakukan ulangan secara virtual. Oleh sebab itu, penting bagi para guru untuk tahu cara membuat soal di google form.

Sebelum maraknya pembelajaran online, google form sudah banyak dimanfaatkan untuk membuat kuisioner. Baik itu untuk kepentingan penelitian atau sekadar survei, yang jelas pemanfaatan google form memang sangatlah membantu karena praktis dan mudah. Cara membuat soal di google form, sebenarnya tak jauh beda dengan membuat kuisioner. Namun tentunya, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara membuat soal di google form yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.

1. Cara Membuat Soal di Google Form

Dengan google form, guru bisa membuat soal dengan lebih praktis dan cepat. Selain itu, tampilan google form yang sederhana juga akan membantu siswa menjadi lebih fokus dan lebih mudah memahami soal. Berikut langkah-langkah dalam cara membuat soal di google form.

1) Pertama, masuk ke akun google kalian, lalu akses situs docs.google.com/forms.

2) Setelah masuk ke tampilan utama situs google form, kalian bisa tentukan layanan yang akan digunakan, apakah akan menggunakan layanan pribadi dan bisnis.

3) Selanjutnya, klik tanda (+) untuk membuat formulir baru untuk dibuatsoal ujian.

4) Kalian bisa menuliskan judul ujian pada kolom paling atas, dengan cara klik lalu hapus "untitled form", kemudian ketik judul soal di kolom tersebut.

5) Langkah berikutnya, kalian bisa mulai masukkan soal dengan opsi pilihan ganda. Sebelumnya, pastikan kalian sudah mengatur settingan google form dalam format multiple choice dengan memperhatikan pengaturannya.

6) Kalian bisa menambahkan soal selanjutnya hanya dengan klik ikon (+) yang ada di samping kanan form pertanyaan. Lakukan terus hingga soal sudah masuk ke google form semua.

7) Jika semua soal sudah dimasukkan, kalian bisa mengatur konfigurasi tampilan dengan cara, klik setting di pojok kanan atas.

8) Setelah itu akan muncul sebuah kotak pop-up berisi halaman setting yaitu General, Presentation, dan Quizzes. Kalian bisa mengabaikannya atau mengaturnya sesuai kehendak.

9) Jika soal dirasa sudah lengkap dan settingan sudah sesuai, kalian bisa klik save untuk menyimpan google form berisi soal yang telah dibuat.

2. Cara Mengirimkan Soal dari Google Form

Setelah mengetahui cara membuat soal di google form, yang tak kalah penting adalah mengetahui cara mengirimkan soal tersebut langsung ke email siswa. Dengan begitu, siswa bisa langsung mengerjakan, sehingga tentunya akan lebih menghemat waktu. Berikut cara mengirimkan soal dari google form ke email siswa.

1) Pertama, perhatikan pada bagian kanan atas tampilan google form, lalu klik Kirim.

2) Berikutnya, kalian bisa memilih cara untuk mengirim soal. Jika akan mengirimkannya lewat email, kalian bisa klik "Email", lalu masukkan alamat email.

3) Namun, jika kalian lebih memilih mengirimkan soal dalam bentuk link, kalian bisa klik "Link". Kalian juga bisa mempersingkat URL.

4) Setelah itu, kalian tinggal klik "Salin", lalu bagikan link tersebut pada setiap responden (dalam hal ini siswa).

5) Apabila kalian memilih soal dalam tampilan situs, kalian bisa klik "Sematkan". Selanjutnya, klik "Salin", lalu tempelkan HTML ke situs yang kalian kehendaki.

6) Pilihan lainnya, kalian juga bisa mengirimkannya melalui media sosial. Caranya sangat mudah, kalian cukup klik salah satu ikon media sosial untuk membagikan link soal.

3. Cara Membuat Kunci Jawaban di Google Form

Keunggulan google form bukan saja cara pemakaiannya yang mudah dan praktis. Produk dari google ini juga bisa disetting untuk membuat soal sekaligus kunci jawaban secara otomatis. Sehingga, guru tidak perlu repot-repot mencocokkan hasil pekerjaan siswa satu persatu.

Oleh karena itu, selain cara membuat soal di google form, langkah-langkah membuat kunci jawaban tersebut juga tak kalah penting untuk diketahui. Berikut langkah-langkah dalam cara membuat kunci jawaban di google form.

1) Pertama, untuk menambahkan pertanyaan, kalian bisa klik pilihan "tambahkan pertanyaan".

2) Selanjutnya, langsung isikan pertanyaan dan jawaban.

3) Klik kunci jawaban pada bagian kiri bawah pertanyaan.

4) Pilih jawaban yang benar.

5) Pilih berapa poin nilai pertanyaan tersebut, di bagian kanan atas pertanyaan.

6) Kemudian, tambahkan masukan jawaban.

Itulah di antaranya cara membuat soal di google form beserta kunci jawaban dan cara mengirimkannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI