Cara Membuat Website Gratis di Google dengan Mudah dan Praktis, Ketahui Juga Tips untuk Mengembangkannya

Selasa, 14 Juni 2022 14:22
Cara Membuat Website Gratis di Google dengan Mudah dan Praktis, Ketahui Juga Tips untuk Mengembangkannya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Di era internet seperti sekarang ini, situs atau website jadi salah satu media untuk menyebarkan informasi. Dengan website, arus informasi dan komunikasi bisa jadi lancar. Sebab, di website kita bisa memasang informasi secara masif disertai berbagai fitur yang dapat memudahkan komunikasi dan koordinasi. Tak heran jika kini cara membuat website gratis di google cukup banyak dicari.

Ya, untuk membuat website ternyata tidak membutuhkan biaya yang mahal. Bahkan, website bisa dibuat secara gratis melalui google. Walaupun gratis, website yang dibuat di google juga bisa dibikin jadi lebih menarik. Selain itu yang paling terpenting, dengan biaya yang minim bahkan gratis kita bisa mempunyai website yang berfungsi sebagaimana mestinya.

Bagaimana, tertarik mencoba cara membuat website gratis di google? Jika iya, langsung saja simak ulasan dan langkah-langkahnya berikut ini.

 

1. Cara Membuat Website Gratis di Google Site

Google merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar saat ini. Seperti yang kita tahu, google mempunyai berbagai fitur khusus untuk menjawab kebutuhan masyarakat luas pengguna teknologi. Termasuk untuk membuat website secara gratis, google menyediakan fitur bernama google site.

Cara membuat website gratis di google site sangatlah mudah. Untuk melakukannya, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pertama, buka browser kemudian akses situs atau website sites.google.com

2. Setelah berhasil masuk ke situs tersebut, silakan login dengan akun google dengan memasukkan alamat email gmail dan kata sandi pada kolom yang tersedia.

3. Selanjutnya, klik menu New Google Sites yang ada di bagian kiri.

4. Setelah itu, lanjutkan cara membuat website gratis di google dengan klik opsi New atau klik tombol lingkaran merah dengan tanda plus (+) yang ada kanan bawah.

5. Secara otomatis, kalian akan diarahkan masuk ke halaman website baru.

6. Jika sudah, masukkan judul halaman utama pada kolom Your Page Title. Kalian bisa memasukkan judul atau nama yang sesuai keinginan.

7. Berikutnya, klik kolom Enter Sites Name yang berada di pojok kiri atas. Disarankan untuk memilih nama yang unik atau yang berbeda dan yang belum digunakan oleh orang lain. Selain itu, tetap sesuaikan juga dengan topik atau tema dari website yang akan kalian buat.

8. Kemudian, unggah foto sampul dengan menambahkan foto terlebih dahulu di bagian atas halaman utama. Untuk melakukannya, silakan klik Change Image.

9. Setelah klik Change Image.

10. Selanjutnya pilih berkas atau file file foto yang ingin digunakan, lalu klik tombol Open. Kalian akan di bawa masuk ke halaman eksplor temukan foto yang akan digunakan, klik Upload

11. Terakhir, klik tombol opsi Publish atau tombol ungu yang ada di bagian kanan atas. Selesai, website kalian di google site berhasil dibuat sesuai dengan nama dan alamat yang telah kalian pilih sebelumnya.

 

2. Cara Mengedit Website Gratis di Google Site

Setelah berhasil melakukan cara membuat website gratis di google, tentu kalian bisa langsung menggunakannya untuk menyampaikan informasi. Namun, ada baiknya sebelum digunakan sebagaimana mestinya, kalian edit terlebih dahulu agar tampilan website yang kalian buat lebih cantik dan menarik. Berikut beberapa langkah dasar mengedit website di google site.

1. Pertama, langsung saja buka browser kemudian akses bagian dasbord situs atau website yang baru saja kalian buat.

2. Setelah itu, login dengan menggunakan username dan password.

3. Selanjutnya, silakan klik tombol Edit atau ikon gambar pensil yang terletak di bagian kanan bawah halaman.

4. Jika sudah, maka secara otomatis akan muncul jendela editing untuk website google site bikinan kalian.

5. Perhatikan isi kanan halaman jendela edit tersebut, akan tersedia beberapa menu pilihan. Lewat berbagai menu pilihan tersebut, kalian bisa melakukan editing mendasar untuk cara membuat website gratis di google. Berikut beberapa di antaranya:

1) Menu Insert merupakan menu yang dapat digunakan untuk menambah kotak teks atau foto. Menu insert juga bisa dipakai untuk memasang dokumen atau video dari yang diperoleh dari situs atau website lain.

2) Menu Pages yaitu menu yang dapat digunakan untuk menambah halaman atau menu baru pada situs, misalkan menu profile, kontak, dan sebagainya.

3) Menu Themes adalah menu yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan tema pada tampilan situs. Dengan menu Themes kalian bisa mengatur tampilan warna latar belakang hingga tata letak situs.

6. Setelah melakukan editing di beberapa menu tersebut, pastikan untuk melakukan pratinjau terlebih dahulu sebelum menyimpan perubahan. Caranya cukup mudah, hanya dengan klik tombol Preview atau ikon gambar mata yang ada di bagian atas.

7. Setelah merasa yakin dan puas dengan hasil editing, kalian bisa simpan perubahan dengan klik tombol opsi Save.

 

3. Tips Mengembangkan Website

Setelah tahu cara membuat website gratis di google, yang tak kalah penting adalah tahu bagaimana cara untuk mengembangkannya. Ya, ternyata ada beberapa tips atau cara yang bisa dilakukan agar suatu website baru bisa berkembang pesat. Apa sajakah itu? Berikut beberapa tipsnya.

1. Pelajari Sistem Kerja SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Sistem ini merupakan analisis untuk membuat efektif performa suatu website, berdasarkan indikator konten yang menjawab kebutuhan.

2. Lakukan Promosi

Agar website kalian semakin berkembang pesat, lakukan promosi secara gencar. Promosikan setiap konten website kalian di berbagai platform seperti media sosial.

3. Konsisten dalam Membuat Konten

Berbagai upaya untuk mengembangkan website tak akan berguna jika kalian tidak konsisten dalam menghasilkan konten. Sebab banyaknya konten dan keberlanjutannya akan meningkatkan kepercayaan pembaca.

Itulah di antaranya ulasan tentang cara membuat website gratis di google. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI